Rahasia Tetap Cantik dan Bugar Selama Ramadhan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bulan Ramadhan sudah kita masuki. Puasa sebulan penuh seringkali membuat kita merasa terbebani, lemas, malas beraktivitas dan terlalu menjauhi segala hal yang bersifat duniawi. Memang benar, ibadah merupakan hal yang paling utama di bulan mulia ini, karena dibanjiri dengan berkah, rahmat dan ampunan, asalkan kita patuh pada perintahNya dan melakukan kebaikan sesedikit apapun.

Namun, bukan berarti dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan maka Anda hanya memperhatikan kebutuhan bathin, tanpa menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh Anda, melainkan harus ada keseimbangan antara keduanya. Caranya?

Berikut adalah rahasia tetap cantik dan bugar selama bulan Ramadhan, yang bisa anda terapkan. Simak ulasannya.

1. Mengkonsumsi nutrisi yang tepat saat sahur dan berbuka

Sebaiknya Anda lebih banyak makan makanan yang mengandung protein dan kaya serat, seperti kacang-kacangan, daging, ikan dan sayuran, karena protein akan tersimpan lebih lama dalam tubuh Anda. Hindari karbohidrat terlalu banyak, karena akan membuat Anda mengantuk dan lemas setelah beraktivitas.

2. Makan secara perlahan dan dalam porsi kecil

Cara makan yang terlalu cepat mengakibatkan makanan tidak tercerna sempurna. Kebanyakan orang makan sekaligus banyak dan cepat di saat sahur dan berbuka, padahal hal tersebut sangat merugikan. Makan sedikit namun beberapa kali akan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh Anda.

3. Tetap minum sekurang-kurangnya 8 gelas air

Anda bisa membaginya seperti: 2 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tarawih, 2 gelas sesudah tarawih, dan 2 gelas saat sahur. Air yang cukup akan menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi, terutama di siang hari. Anda juga bisa menambahkan cairan berupa jus buah atau kuah sayur. Dehidrasi bisa membuat kulit Anda kering dan kusam.

4. Hindari minuman dingin dan gorengan

Memang nikmat rasanya meminum es segar dan cemilan atau ta’jil berupa gorengan, namun jangan lupa, makanan dan minuman tersebut justru akan mengganggu pencernaan Anda, seperti meningkatnya asam lambung dan sakit tenggorokan. Jangan sampai puasa Anda terganggu oleh penyakit-penyakit tersebut.

5. Tetap beraktivitas

Jika olahraga berat akan menguras banyak energi Anda, maka olahraga ringan akan cukup membuat Anda tetap bugar. Berjalan kaki setelah sahur dan berbuka, berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat subuh dan sholat tarawih, pulang bersama keluarga dan kawan, tidak akan membuat Anda lelah, melainkan akan mempertahankan berat badan Anda.

6. Banyak tersenyum dan berpikir positif

Puasa memang mewajibkan kita untuk menahan marah, selain menahan makan dan minum, karena marah juga merupakan nafsu yang dimiliki manusia. Menebar senyum tidak hanya membuat Anda mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, tetapi juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Bersabar dan berpikir positif akan menjaga kestabilan emosi sehingga Anda terhindar dari stress, yang bisa mengganggu penampilan serta kesehatan tubuh Anda.

7. Tetap berdandan dengan make-up yang simple dan praktis

Mungkin waktu Anda di bulan Ramadhan ini lebih dipadatkan dengan kegiatan mengaji, sholat tarawih dan bakti sosial yang tidak biasanya Anda lakukan di bulan yang lain. Riasan wajah serta busana yang simple dan praktis akan tetap setia membantu Anda bersosialisasi dengan baik seraya mengumpulkan berkah sebanyak-banyaknya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan tubuh di pagi dan sore hari. Perawatan wajah dan tubuh secara alami tetap bermanfaat dan tidak akan membuang waktu Anda.

**

So, jangan bermalas-malasan di bulan puasa ini yah. Ingat, semakin Anda mempercantik diri dengan kesholihan, maka akan semakin terpancar kecantikan Anda yang sesungguhnya. Selamat berpuasa!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *