Lulur Tradisional untuk Memutihkan dan Mempercantik Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Untuk perempuan, pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan lulur? Salah satu ramuan untuk mempercantik kulit secara alami. Bukan hanya mempercantik saja, tetapi lulur juga dapat membuat kulit menjadi lebih putih, halus  serta mencerahkan kulit juga. Bagi yang memiliki flek-flek hitam atau noda, mungkin lulur dapat dijadikan salah satu solusinya.

Lulur ini sudah menjadi salah satu rahasia kecantikan putri keraton sejak zaman dahulu kala lho. Dan kita juga bisa menjadi cantik seperti putri keraton tanpa harus merogoh kocek yang banyak, karena lulur ini sudah bisa dibuat sendiri di rumah.

Lulur memanfaatkan berbagai ramuan alami yang telah dihaluskan untuk diaplikasikan langsung pada kulit. Lulur juga mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan nutrisi pada kulit agar dapat terserap ke dalam sel kulit.

Indonesia memiliki beberapa jenis lulur tradisional yang juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda berdasarkan daerah. Berikut ada beberapa jenis lulur yang mungkin bisa kalian coba sendiri di rumah demi mempercantik kulit.

1. Lulur Kuning Pandan Jawa

Lulur ini terbuat dari campuran tepung beras, kunyit, kencur, temu giring dan daun pandan. Kemudian tambahkan beberapa tetes air mawar. Ramuan ini berfungsi sebagai penghilang sel kulit mati, menyejukan serta membuat kulit menjadi lebih cerah.

2.  Lulur Boreh Bali

Bali memiliki lulur sendiri yang diberi nama boreh. Lulur ini terbuat dari sampuran beras, kencur, jahe, kunyit, cengkeh, biji pala, kayu cendana, kemiri dan kelapa parut. Bahan-bahan ini dipercaya dapat mengangkat sisa kotoran, membersihkan kulit dari bakteri, serta dapat menghangatkan tubuh juga lho karena memiliki unsur stimulan alami.

3. Lulur Kalimantan

Semua jenis lulur yang berasal dari daerah Kalimantan adalah terbuat dari susu yang dicampurkan dengan bahan baku yang terbuat dari rempah-rempah alami berbentuk serbuk yang sangat halus. Ramuan ini merupakan warisan yang telah turun-temurun dari suku Dayak.

Lulur ini dapat mengangkat kotoran yang menempel di tubuh dengan maksimal sehingga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah. Selain dari bahan susu dan rempah-rempah, juga ada lulur yang terbuat dari coklat, kopi, teh hijau dan masih banyak lagi.

4. Lulur Scrub

Lulur scrub memiliki dua jenis, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran. Pada lulur tradisional, granule itu terbuat dari bahan alam yang biasanya memiliki butir-butiran yang lebih keras dan kasar daripada body scrub. Karena itu maka scrub sangat tidak disarankan untuk digunakan di bagian wajah yang jauh lebih sensitif.

5. Lulur Kopi

Lulur kopi memang terkenal dengan khasiatnya yang dapat memutihkan kulit. Jenis lulur ini juga sudah digunakan sejak zaman dahulu kala oleh para putri-putri raja lho. Maka dari itu, saat ini banyak sekali salon yang memasukan lulur kopi sebagai salah satu perawatan yang mereka tawarkan.

Kopi itu sendiri memiliki kandungan zat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, melembabkan, menghaluskan, serta meriklekskan kulit.

Namun kalian tidak perlu susah-susah ke salon untuk membuat ramuan lulur kopi ini. Karena caranya yang cukup mudah, maka kalian bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Kalian hanya perlu menggiling kopi hingga halus dan campurkan dengan body scrub sehingga dapat dijadikan sebagai lulur badan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *