13 Tips Merapikan Rambut Keriting

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut yang keriting yang tidak dirawat dapat menjadi masalah kompleks, karena pada dasarnya rambut terdiri dari tiga lapisan dan ribuan sel. Tapi alasan rambut menjadi sulit diatur cukup sederhana. Ketika rambut Anda halus dan teratur, herpes zoster pada bagian rambut Anda tertata rapi.

Tapi ketika Anda menyisirnya terlalu kasar atau keadaan rambut Anda terlalu kering, dan rambut Anda terlihat keriting tak beraturan, herpes zoster terangkat dan membuat rambut keriting pada permukaan rambut Anda semakin terangkat ke atas.

1. Gunakan detangler semprot anak untuk menyisir lebih mudah

Detangler semprot untuk anak tidak berminyak seperti produk lainnya dan akan membantu Anda mengatasi rambut keriting yang kusut dengan sisir. Anda juga dapat membuat semprotan detangler Anda sendiri dengan mengisi botol semprot dengan kondisioner rambut dan air.

2. Tata rambut Anda menjadi sanggul atau simpul atas

Jika Anda hanya memiliki 5 menit untuk mencoba merapikan rambut keriting Anda di pagi hari, mungkin solusi terbaik adalah dengan hanya menata rambut Anda dengan satu simpul ke atas. Gaya sederhana ini adalah pilihan yang bagus untuk rambut keriting karena tidak akan berantakan, dan Anda tetap memiliki tampilan kasual.

3. Beli sampo ringan dengan pelembab

Anda sebaiknya menghindari shampo dengan produk yang keras karena dapat mengeringkan rambut Anda lebih lanjut. Biasakan menggunakan kondisioner rambut setelah Anda keramas.

Seberapa sering Anda menggunakan sampo dan kondisioner akan tergantung pada apakah Anda memiliki kulit kepala berminyak atau kering, rambut yang diwarnai, dan kualitas air di kamar mandi Anda. Lakukan tes rambut atau survei online untuk menentukan seberapa sering Anda harus keramas dan penggunaan kondisioner rambut Anda.

4. Carilah kondisioner yang kaya protein

Kondisioner ini akan membantu untuk menata keriting dan membuatnya tertata rapi dan bersinar sehat. Jika Anda ingin memiliki rambut halus, Anda harus menggunakan kondisioner dan membiarkannya di selama 5 menit sebelum dibilas.

5. Hindari produk rambut yang mengandung alkohol

Alkohol dapat mengeringkan rambut Anda, membuat rambut keriting Anda sulit diatur. Beralihlah ke shampo, kondisioner, dan hairspray yang tidak mengandung alkohol.

6. Oleskan air berkarbonasi

Ini adalah metode yang paling sederhana dan paling mudah untuk merawat rambut keriting. Tingkat pH rendah dalam air berkarbonasi membantu mengurangi rambut kusut Anda. Cuci rambut Anda dengan sampo dan kondisioner. Kemudian, berikan bilasan akhir dengan beberapa gelas air berkarbonasi.

7. Gunakan cuka sari apel

Keasaman dalam cuka sari apel dapat digunakan untuk merapikan rambut keriting, dan menjadikan rambut Anda bersinar sehat. Setelah keramas dan benar-benar membilas shampo yang tertinggal, tuangkan cuka sari apel ke rambut Anda, dari akar hingga ke ujung.

Biarkan selama sekitar 30 detik dan kemudian bilas dengan air dingin. Lanjutkan ke kondisioner rambut Anda seperti biasa. Ulangi perawatan ini seminggu sekali. Jika bau cuka mengganggu Anda, jangan ragu untuk mencairkan dengan air.

8. Membuat masker alpukat dan minyak zaitun untuk rambut Anda

Bahan-bahan ini akan bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda, baik alpukat dan minyak zaitun memiliki manfaat melembabkan dengan sangat baik. Alpukat juga memiliki asam lemak baik, serta Vitamin E, untuk membantu rambut keriting Anda mudah diatur.

Haluskan sebuah alpukat dalam mangkuk dan kemudian tambahkan percikan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Campur dua bahan bersama-sama. Setelah keramas, oleskan masker alpukat, pastikan untuk sepenuhnya menutupi semua rambut Anda. Biarkan masker selama 30 menit sampai satu jam, dan kemudian bilas secara menyeluruh.

Anda juga dapat menambahkan mayones ke dalam campuran alpukat karena kandungan lemak di mayones akan membantu untuk menciptakan masker dengan pelembab. Gunakan masker rambut ini sekali atau dua kali seminggu untuk mencegah rambut kering.

9. Gunakan telur mentah untuk melembabkan rambut

Telur mengandung asam amino alami yang sangat bermanfaat untuk merevitalisasi folikel rambut Anda dan merapikan rambut keriting. Telur juga mengandung enzim yang membunuh bakteri dan menyingkirkan minyak yang tidak diinginkan pada kulit kepala Anda.

Ambil telur dan pisahkan kuning telur dari putihnya. Masukkan putih telur dalam mangkuk. Campur putih telur dengan minyak zaitun dan lemon. Tinggalkan masker selama 30 menit sehingga bahan larut. Oleskan ke rambut Anda, pastikan untuk menutup semua bagian rambut Anda dan diamkan selama 20 menit. Bilas dan lanjutkan dengan proses keramas biasa.

10. Terapkan minyak alami seperti kelapa dan minyak zaitun sampai ke ujung rambut

Minyak kelapa sangat melembabkan dan baunya tidak mengganggu. Tuangkan sedikit minyak kelapa pada jari-jari Anda dan oleskan melalui rambut Anda ketika rambut Anda terasa kering.

Gosokkan minyak pada ujung rambut Anda, karena untuk menghindari kulit kepala Anda terlalu berminyak. Anda juga dapat menerapkan minyak zaitun dengan cara yang sama. Beri beberapa tetes di tangan Anda dan oleskan melalui ujung rambut basah Anda untuk mengunci kelembaban.

11. Coba pijat minyak hangat

Selalu pastikan minyak berada pada suhu nyaman untuk kulit kepala Anda. Anda dapat membuat sendiri perawatan minyak hangat ini menggunakan minyak zaitun extra virgin, minyak kelapa, minyak kastor, minyak almond, atau minyak rosemary.

Tuang minyak yang Anda pilih dalam panci dan hangatkan di atas kompor selama 2-4 menit. Biarkan dingin hingga suhu kamar atau suhu yang ditoleransi kulit kepala Anda. Jangan ragu untuk menambahkan 2 sendok makan madu, madu hangat akan membantu untuk merapikan serat di rambut Anda.

Oleskan minyak pada kulit kepala Anda, dengan lembut pijat dari akar ke ujung. Gunakan handuk hangat dan bungkus kepala Anda. Biarkan tetap tertutup selama 1 jam, dan kemudian keramas dengan sampo dan berikan kondisioner rambut Anda untuk menghilangkan minyak.

12. Hanya blow dry akar rambut Anda

Dengan cara ini, Anda masih dapat menata rambut Anda tanpa mengeringkan batang rambut Anda. Carilah pengering dengan diffuser, karena hal ini dapat membatasi jumlah panas yang dihasilkan untuk rambut Anda.

13. Diskusikan pilihan perawatan dengan penata rambut Anda

Penata rambut Anda mungkin memiliki banyak tips dan trik yang dapat dibagi dengan Anda yang berurusan dengan rambut keriting dan kusut dan dapat memberikan saran pada setiap produk yang sedang Anda gunakan untuk merapikan rambut keriting Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *