9 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Kurma Selama Ramadhan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebelum memasuki bulan Ramadhan, sudah begitu banyak jenis kurma yang dijajalkan di toko atau supermarket. Yah, kurma adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Timur Tengah yang juga identik dengan bulan Ramadhan. Buah yang berwarna cokelat tua dengan bentuk seperti pala ini memiliki rasa manis saat dimakan. Selama bulan suci Ramadhan, kurma menjadi salah satu menu berbuka puasa yang wajib ada di meja.

Bukan hanya sebagai menu sekedar menu, buah kurma ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Kurma menyediakan semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita yang terpakai selama berpuasa. Kurma kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, fruktosa dan lainnya.

Karbohidrat yang ada pada kurma bermanfaat sebagai cadangan energi dan membantu menjaga rasa lapar hingga berbuka nanti. Selain beberapa manfaat tersebut, masih banyak manfaat dari buah kurma untuk tubuh Anda. Simak infonya.

1. Kurma, Penambah Energi

Kurma menyediakan energi untuk tubuh Anda yang diperlukan saat berpuasa. Kurma kaya akan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi untuk beraktifitas seharian.

2. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Selama berpuasa, tubuh berada dalam proses pengeluaran racun. Kurma membantu proses detoksifikasi. Kurma mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh Anda dan dengan demikian menjaga hati dan otak tetap sehat.

3. Mencegah Infeksi

Beberapa jenis kurma bermanfaat membunuh infeksi yang disebabkan bakteri dalam tubuh karena bertindak sebagai antibiotik yang kuat. Kurma telah terbukti dalam penelitian bahwa 50% sama efektifnya dengan antibiotik penisilin.

4. Mengatasi Sembelit

Kurma kaya akan serat sehingga membantu dalam memperlancar buang air besar. Mengkonsumsi kurma membantu mencegah sembelit dan juga meningkatkan gerakan peristaltik dari usus yang penting untuk buang air besar.

5. Mencegah Kanker Dan Penuaan

Antioksidan dalam kurma membantu menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh. Kurma mendetoksifikasi sel-sel kanker dan juga mencegah penuaan dini.

6. Anemia

Kurma kaya akan zat besi. Mengkonsumsi kurma secara teratur membantu dalam pembentukan hemoglobin yang merupakan bagian penting dari peningkatan sel darah merah yang membawa oksigen ke sleuruh sel-sel tubuh.

7. Mencegah Stroke Dan Serangan Jantung.

Kurma kaya akan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kurma mencegah terjadinya penyumbatan arteri dan melancarkan aliran darah. Mengkonsumsi kurma membuat jantung Anda lebih sehat dan mencegah dari serangan jantung

8. Baik Untuk Kehamilan

Mengkonsumsi kurma selama masa kehamilan bermanfaat mencegah masalah anemia, tekanan darah tinggi dan membuat tulang menjadi lebih sehat. Selain itu juga membantu dalam proses persalinan.

9. Mengurangi Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi, sangat baik untuk mengkonsumsi kurma. Kurma kaya akan kalium dan magnesium yang membantu dalam regulasi tekanan darah tetap berada dalam keadaan normal. Selain itu juga mengurangi penyumbatan arteri dan meningkatkan aliran darah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *