5 Tips Mendapatkan Mata Indah yang Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Umur  seseorang mempengaruhi keindahan mata, semakin berumur maka fungsi dan kualitas pengelihatan akan menurun, kelopak mata bawah yang berkeriput,  mata lebih cekung, dan bagian putih mata berubah menjadi kekuningan. Padahal sebagai perempuan yang menjaga penampilan dan kesehatan diri, kita inginkan mata indah yang terlihat jernih dan putih alami.

Jika bukan karena masalah umur, saat ini pun kita sering dikesalkan dengan mata merah karena kelelahan, iritasi, atau terlalu lama berada di depan komputer. Kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa mendapatkan mata indah yang sehat?

Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan mata dan memperhatikan beberapa tips di bawah ini, yang dilansir dari Worldlifestyle dan Beautifulonraw :

1. Makan makanan bernutrisi

Jika ingin menjaga kesehatan mata, maka makanan yang kita makan juga harus diperhatikan. Konsumsi makanan seperti sayuran hijau, jagung, telur, jeruk, dan paprika kuning yang merupakan nutrisi penting untuk mata.

Tambahkan juga makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, pepaya, dan mangga. Mengkonsumsi biji bunga matahari, biji gandum, hazelnut, selai kacang dan almond yang mengandung vitamin E juga dapat menyehatkan mata.

Hal yang mudah diingat saat memilih makanan yang baik untuk mata, adalah dengan memilih buah dan sayuran berwarna kuning dan orange.

2. Istirahatkan mata

Mata juga butuh istirahat, jika kita terlalu lama di depan komputer atau menggunakan smartphone dan tablet maka akan terjadi ketegangan pada mata.

Ada sebuah penelitian yang juga meneliti hal ini, disaat seseorang menggunakan perangkat digital maka mereka akan berkedip lebih sedikit. Untuk itu biasakan setiap 20 menit menggunakan perangkat digital, istirahatkan mata selama 20 detik.

3. Periksa kesehatan mata

Kunjungi dokter mata untuk mengidentifikasi masalah pada mata, jika ada masalah serius maka beruntunglah karena dapat dideteksi sejak dini. Menghindari masalah serius pada mata dapat mencegah kebutaan.

4. Melatih mata

Terdapat otot-otot pada mata yang harus dilatih dan dibuat rileks untuk mengatasi mata merah. Caranya, duduk dengan nyaman dan tutup mata dengan erat sampai hitungan ke-5. Lalu buka mata dan hitung lagi sampai 5. Ulangi proses membuka dan menutup mata selama 5 detik setiap 5-7 kali.

Cara lainnya, rendam handuk dalam air panas, satu handuk lainnya dalam air dingin. Ambil handuk hangat dan letakan pada mata yang tertutup. Pijat lembut bagian alis, kelopak mata, dan daerah sekitar mata. Lepaskan haduk hangat dan letakan handuk dingin pada mata, pijat dengan cara yang sama. Lakukan bergantian setiap handuk dua kali dan diakhiri dengan handuk dingin.

5. Mencuci Mata

Mencuci mata dapat membuat mata lebih segar terutama bagi mata yang terkena iritasi, kelelahan, dan sering terkena polusi. Salah satu cara yang biasa kita gunakan untuk mencuci mata dengan obat penetes mata.

Namun cara yang lebih alami bisa menggunakan teh hijau, caranya dengan menyeduh 1 cangkir teh hijau. Pastikan tidak ada kontaminasi dari cangkir atau air yang digunakan. Selanjutnya dinginkan teh hijau dan letakan mata pada pinggiran cangkir lalu kedip-kedipkan mata saat mengenai air.

Daun sirih juga dapat digunakan untuk mencuci mata yang merah. Caranya, rebus 2 helai daun sirih dan setelah air berubah kehijauan, tiriskan pada cangkir, lalu lakukan cara yang sama dengan mengedipkan mata di pinggiran cangkir.

Mencuci mata dengan cara di atas tidak direkomendasikan untuk masalah mata yang serius, jadi jika masalah mata merah anda bukan karena iritasi, kelelahan, atau terkena polusi, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter mata.

(Gambar : beautystylo.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *