7 Cara Menghentikan Keringat Berlebih

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Di musim kemarau seperti sekarang ini, satu yang menghambat pergerakan kita adalah keringat berlebih. Saat kita sudah tampil  maksimal dengan pakaian dan riasan terbaik, ada saja yang membuat kita tidak nyaman, dan hal tersebut berlanjut ke malam hari saat kita menginginkan tidur yang nyenyak tapi piyama terasa lengket oleh keringat.

Masalah keringat berlebih ini juga tidak selalu bisa diatasi dengan AC atau kipas angin, bagaimana jika kita berada di tempat yang tidak menyediakan AC atau kipas angin?

Oleh karena itu, perhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mengatasi keringat berlebih saat memasuki musim kemarau yang dibahas di bawah ini, seperti yang dilansir dari Bustle:

1. Kurangi makanan pedas

Makanan pedas akan menimbulkan keringat berlebih, ini dikarenakan bahan kimia dalam cabai mengirim signal ke otak yang membuat suhu tubuh lebih panas. Tubuh dengan refleks memberikan respson mendinginkan dengan memproduksi keringat sampai suhu tubuh kembali normal. Itu sebabnya mengkonsumsi makanan pedas, terutama di musim kemarau, akan membuat tubuh terus berkeringat.

2. Jangan minum caffeine

Minum minuman yang mengandung caffeine, terutama kopi panas ternyata menjadi pemicu munculnya keringat dan menyebabkan keringat berlebih. Hal ini dikarenakan caffeine merangsang sistem saraf pusat dan mengaktifkan kelenjar keringat. Jadi jika kita akan menghadiri acara penting, sebaiknya berhenti sejenak mengkonsumsi caffeine. Semakin banyak kita minum kopi, sebanyak itu juga keringat yang dihasilkan oleh tubuh.

3. Kurangi makanan asin

Selain berhenti makan makanan pedas, ternyata kita juga harus menahan diri untuk makan makanan asin yang mengandung banyak garam atau tinggi sodium. Jika kita tetap mengkonsumsi banyak garam, maka tubuh akan bereaksi untuk menyingkirkan kelebihan sodium dengan berkeringat.

4. Gunakan deodorant sepanjang hari

Kalau biasanya kita menggunakan deodorant di pagi hari dan saat sedang berkeringat. Saat ini biasakan menggunakan deodorant sepanjang hari, misalnya setelah makan siang dan sebelum melakukan aktivitas ke luar ruangan. Meskipun ketiak masih terasa kering, tidak ada salahnya kan menghentikan keringat berlebih sebelum keringat merusak penampilan kita?

5. Buat racikan dari Lemon

Deodorant sebagai antiperspirants yang biasa kita jumpai, tapi ada juga antiperspirant yang bisa kita buat sendiri, yaitu menggunakan lemon. Cara membuatnya ternyata mudah, hanya dengan memeras lemon ke dalam mangkuk dan diterapkan di ketiak sebelum tidur malam.

Kandungan lemon akan menyerap selama semalaman dan keesokan paginya akan membantu melawan keringat berlebih pada tubuh. Harum lemon juga lebih segar dan anda akan lebih menyukainya.

6. Bermeditasi

Jika situasi sedang menekan pikiran dan membuat kita cepat stress, ini akan menimbulkan keringat berlebih, jadi cobalah tenang. Melakukan meditasi salah satu cara untuk melatih pernafasan, menenangkan saraf, dan meminimalisir produksi keringat. Jika kita terbiasa melakukan meditasi maka keringat berlebih pun dapat kita atasi.

7. Bercukur

Ini cara terakhir untuk mengurangi keringat berlebih, karena faktanya keringat cenderung menumpuk di sekitar bagian tubuh yang berambut. Bukan saja bagian kepala, tapi ketiak, kaki, dan bagian pribadi. Selain menumpuk keringat, juga menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mulai lah menjaga kebersihan diri sendiri dengan rutin bercukur.

 (Gambar : medimanage.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *