5 Faktor Penyebab Munculnya Selulit

DOKTERCANTIK.COM – Pada umumnya selulit itu memang paling sering terjadi pada wanita. Selulit ini berupa ini gumpalan, garis-garis atau guratan kulit jeruk (makanya biasa disebut sindrom kulit jeruk), yang biasa muncul di area paha, pinggir paha, selangkangan, bokong, perut dan lipatan kulit belakang lutut. Walaupun selulit ini tidak menimbulkan rasa sakit tapi munculnya selulit akan sangat mengganggu penampilan. Apa lagi jika kalian sering mengenakan celana pendek atau rok mini.

Selulit berhubungan dengan kegemukan meskipun tidak semua orang gemuk berselulit. Pada umumnya selulit muncul pada wanita saat mengalami perubahan hormon seperti pada waktu pubertas, hamil, dan menopause. Tetapi sebenarnya kalian tau gak sih kenapa selulit itu bisa muncul? Dan apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya selulit?

Sebenarnya penyebab utama selulit sudah sangat jelas yaitu disebabkan oleh timbunan lemak. Tapi selain lemak, masih ada juga faktor lain sebagai penyebab selulit. Yuk kita simak ulasan tentang faktor penyebab munculnya selulit di bawah ini.

5 Faktor Penyebab Munculnya Selulit

1. Hormon

Selain faktor timbunan lemak di tubuh, hormon-hormon seperti hormon estrogen, insulin, noradrenalin, hormon tiroid, dan prolaktin memiliki pengaruh penting dalam menciptakan selulit. Kadar estrogen yang meningkat sesaat sebelum hamil juga bisa mempengaruhi timbulnya selulit.

2. Genetik

Faktor genetik juga memiliki peran penting dalam hal ini. Selulit cenderung menurun dalam keluarga. Jika memiliki Ibu yang berselulit, sangat besar kemungkinan anaknya juga akan mengalami selulit di tubuhnya. Meskipun demikian, jenis kelamin, ras, dan metabolisme tubuh pada setiap individu juga berperan.

3. Gaya hidup

Penerapan gaya hidup tidak sehat juga berkontribusi sebagai salah satu faktor penyebab munculnya selulit. Terlalu lama duduk atau berdiri dengan posisi sama dalam jangka waktu lama, kurang olahraga dan kurang minum air putih merupakan gaya hidup kurang sehat yang menyebabkan selulit. Selain itu, para perokok juga berpotensi memliki selulit di tubuhnya.

6 Tips Efektif Menyingkirkan Selulit secara Alami

4. Makanan

Apa yang kita konsumsi juga berpotensi menjadi penyebab selulit. Makanan yang terlalu banyak kandungan lemak, karbohidrat, garam dan hanya sedikit kandungan seratnya, juga makanan manis seperti kukis, coklat, cakes dan fast food. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah yang kaya akan kandungan serat untuk mengurangi selulit di tubuh.

5. Pakaian

Tak banyak orang yang tahu bahwa pakaian juga bisa mempengaruhi munculnya selulit pada tubuh. Pakaian dalam yang ketat dan elastis akan menekan kulit dan peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga meninggalkan bekas di kulit bokong berupa selulit. Disarankan untuk mengenakan pakaian dalam yang tidak ketat agar tidak meninggalkan bekas di tubuh.

**

Nah, demikian faktor-faktor pemicu munculnya selulit di tubuh. Selulit bukan hanya monopoli orang denga kelebihan berat badan saja, tetapi anda yang bertubuh mungil atau langsing pun bisa saja memiliki selulit jika tidak menerapkan gaya hidup sehat. Berjaga-jaga melalui makanan yang anda konsumsi, berolahraga, menghindari stres dan cukup minum air putih.

Semoga bermanfaat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *