6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mencuci Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mencuci wajah adalah salah satu cara membuat kulit tetap bersih dan cerah. Akan tetapi tahukah anda bahwa mencuci wajah yang salah malah akan memicu masalah pada kulit, seperti kering, berminyak serta iritasi. Meskipun terlihat sepele, ternyata mencuci wajah juga harus dilakukan dengan teknik yang benar.

Kesalahan dalam mencuci wajah yang dilakukan secara berulang dikhawatirkan akan merusak kulit wajah dan rentang menimbulkan masalah pada wajah misalnya komedo atau jerawat yang susah diatasi. Lalu apa saja sih kesalahan saat mencuci wajah yang harus dihindari? Ini dia ulasannya.

1. Tidak mencuci tangan

Kesalahan yang paling sering terjadi ketika mencuci wajah yaitu tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Perlu anda tahu bahwa mencuci wajah ke tangan yang kotor dan mengusapnya ke wajah tidak akan membuat wajah anda bersih.

Sabun facial wash tersebut akan secara otomatis bercampur dengan kotoran dan bakteri yang tersisa pada tangan dan berpindah ke wajah. Untuk itulah biasakan mencuci tangan sebelum anda mencuci wajah ya

2. Salah memilih facial wash

Facial wash yang baik tentunya mampu menghilangkan kotoran serta bekas make up tanpa mengurangi kelembaban serta menjaga sel kulit yang masih sehat. Akan tetapi tidak jarang wanita salah memilih facial wash yang membuat kulit malah menjadi kering dan iritasi. Untuk itulah sebaiknya pilihlah facial wash yang cocok dengan jenis kulit.

Jika anda memiliki wajah kering, maka anda bisa memilih facial wash dengan bentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara itu, jika anda memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya gunakan facial wash berbentuk gel dan mengandung busa. Hindari juga facial wash yang wangi karena bisa jadi produk tersebut mengandung pengharum buatan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Membilas kurang bersih

Ternyata masih banyak loh wanita yang mencuci wajah tanpa membilasnya dengan bersih. Padahal bekas sabun yang tertinggal di kulit wajah akan memicu kulit kering dan iritasi pada waah. Selain itu, sisa sabun juga akan menyumbat pori-pori kulit yang memicu jerawat.

4. Mencuci wajah terlalu sering

Mungkin anda berpikir kalau sering mencuci wajah akan membuat kulit bersih dan cerah. Padahal sering mencuci wajah ini malah tidak baik bagi kesehatan kulit karena akan memicu kulit kering dan iritasi.

Bahkan jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak maka kulit akan semakin banyak memproduksi minyak. Untuk itulah sebaiknya cuci wajah dua kali sehari ketika pagi dan malam hari saja dan sekali sehari bagi anda yang memiliki jenis kulit kering

5. Tidak langsung menggunakan pelembab

Usai mencuci wajah, anda kerap lupa memakai pelembab wajah. hal inilah yang memicu kulit kering pada wajah. nah jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda bisa mengaplikasikan pelembab pada wajah secara langsung usai wajah dicuci dan dikeringkan.

Menggunakan pelembab usai mencuci wajah akan membantu pelembab menyerap dengan optimal sehingga dapat menjaga kelembaban pada kulit dan wajah pun terhindar dari masalah kulit kering.

6. Buru-buru membilas

Sesudah mengusapkan facial wash pada wajah, hindarilah terburu-buru membilasnya dengan air. Sebaiknya diamkan sebentar agar sabun pembersih wajah benar-benar mengangkat seluruh kotoran serta bakteri pada wajah. Anda bisa mendiamkannya selama 1 menit dan kemudian bilas dengan air bersih

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *