Mengenal Ciri-Ciri Make Up Yang Sudah Kadaluarsa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi perempuan modern, pemakaian make-up sudah menjadi kewajiban dan menjadi cara efektif untuk mempercantik diri dalam waktu singkat. Hampir setiap saat kita dituntut tampil sempurna, lengkap dengan tampilan wajah segar yang menawan. Maka, tak heran make up sudah menjadi kebutuhan yang selalu tersedia di dalam tas.

 Tapi, kayaknya nggak asyik yah kalau make-up yang harusnya membuat wajah cantik malah membuat wajah kita jadi alergi lantaran masa kadaluarsanya yang sudah lewat.  Nggak mau kan? Kulit wajah kita malah jadi penuh noda, jerawat bermunculan dan timbul iritasi karena kita tidak teliti dalam memilih produk yang kita gunakan?

Memang, pada kenyataannya masih banyak yang nekat menggunakan kosmetik yang telah lewat masa kadaluarsanya dengan alasan tidak ada efek apapun yang dirasakan, untuk lebih berhemat, isinya masih banyak dan lain sebagainya. Padahal, produk kecantikan yang lewat masa kadaluarsa bisa saja kandungannya akan berubah menjadi bersifat toxic yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan tubuh.

Ketelitian menjadi faktor penting dalam menggunakan produk make up untuk mempercantik diri. Seperti halnya makanan, make up pun memiliki masa kadaluarsa dalam artian produk tersebut sudah tidak layak dipakai lagi karena berpotensi untuk menimbulkan masalah pada kulit.

Selain berpatokan pada tanggal kadaluarsa, kita juga bisa mengamati beberapa ciri-ciri yang menjadi penanda bahwa make up sudah kadaluarsa, jadi nantinya kita terhindar dari alergi lantaran penggunaan make up kadaluarsa.

1. Berubah warna

Setiap bahan make up memiliki warna khas. Sebaiknya perhatikan warna make up yang anda beli. Ketika berubah warna, berhati-hatilah karena bisa jadi make up itu sudah lewat masa kadaluarsanya. Sebagai contoh, jika tadinya produk kosmetik anda warnanya coklat muda dakn kemudian berubah warna menjadi coklat tua atau berwarna makin gelap, segera singkirkan kosmetik tersebut.

2. Berbau

Jelas, semua barang kadaluarsa akan mengeluarkan bau khas yang tidak enak. Jadi, kalau anda mencium bau tidak enak atau bau tengik karena kontaminasi bakteri pada alat make up anda, sebaiknya teliti lagi sebelum memakainya.

3. Berubah bentuk

Jika bahan make up anda yang cair berubah padat, menggumpal atau berbutir-butir atau kosmetik dengan bahan padat berubah menjadi cair, sebaiknya anda berhati-hati. Bisa jadi, make up tersebut sudah kadaluarsa.

**

Selain masa kadaluarsa, ada beberapa hal yang bisa membuat make up berubah bentuk antara lain karena terpapar sinar matahari, terlalu lembab, terkena bahan lain, dan sebagainya. Karena itu, sebagai pengguna make up, sebaiknya anda mulai memperhatikan dan merawat produk kecantikan yang anda miliki dengan benar.

Make up harus selalu dalam keadaan tertutup rapat setelah digunakan untuk menghindari kontaminasi dan simpanlah di tempat yang sejuk. Paparan sinar matahari akan merusak kualitas produk kecantikan anda. Selain itu, ada baiknya anda menyiapkan wadah tersendiri yang berbeda dengan wadah lain untuk diletakkan di dalam tas.

So, be careful with  your make up, girls.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *