Mengenal Zona Munculnya Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat bisa saja muncul di seluruh bagian wajah, bahkan ke bagian tubuh lainnya seperti punggung. Sebenarnya ada penyebab timbulnya jerawat berdasarkan zona di wajah. Setelah kita mengenal zona munculnya jerawat di bawah ini, yang dilansir dari Blairblogs, maka kita akan mudah mengenali penyebabnya dan sebisa mungkin menghindari kemunculan jerawat di waktu berikutnya.

Karena kemunculan jerawat erat kaitannya dangan kesehatan dan pola hidup, jadi ada baiknya kita belajar hidup sehat untuk mencegah timbulnya jerawat. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

1. Area dahi

Area ini berkaitan dengan sistem pencernaan dan kandung kemih. Apabila anda sedang melakukan diet, coba perhatikan seberapa banyak atau seringnya jerawat yang muncul di dahi. Perbaiki pola makan dan perbanyak minum air putih, akan sangat membantu membersikan zona ini dari jerawat.

2. Area di antara alis

Hati sangat mempengaruhi area ini, sehingga mulai perhatikan pola makan yang sehat. Agar mendapatkan zona bebas jerawat maka kurangi mengkonsumsi alkohol, makan makanan ringan, dan pertimbangkan makanan yang akan dimakan, karena jika alergi terhadap suatu makanan area ini akan merespon dengan munculnya jerawat.

3. Area di luar mata

Area ini erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Jika jerawat membandel selalu muncul di area ini berarti anda harus sadari kebiasaan mengkonsumsi kopi, soda, dan minuman manis lainnya yang mempengaruhi munculnya jerawat di area luar mata. Kebiasaan tersebut harus mulai dikurangi dan anda akan melihat perubahan yang signifikan dengan berkurangnya jerawat di sekitar mata. Selain itu, jerawat di telinga juga berkaitan dengan ginjal.

4. Area hidung

Area ini juga berhubungan dengan hati yang berarti ada masalah dalam kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Untuk menghindari munculnya jerawat di area ini juga sekaligus mengembalikan kesehatan hati, maka kurangi konsumsi daging merah dan coba beralih pada makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan dan alpukat.

Berhati-hati juga dalam menggunakan make up karena hidung memiliki pori-pori yang sensitif. Jadi selalu periksa tanggal kadaluwarsa make up anda, jika sudah lewat tanggal kadaluwarsa sebaiknya tidak digunakan.

5. Area pipi

Area pipi berkaitan dengan sistem pernapasan. Biasanya jika muncul jerawat di area ini maka anda mengalami alergi atau memiliki kebiasaan merokok. Lebih baik mulai menghentikan kebiasaan merokok dan jaga suhu tubuh dalam keadaan normal. Pastikan juga benda yang menyentuh wajah seperti ponsel, sarung bantal, dan tangan selalu dalam keadaan bersih.

6. Area di sudut mulut

Hormon mempengaruhi area di sudut mulut. Zona ini sulit dipastikan bebas dari jerawat karena hormon di luar kendali kita. Namun ada cara untuk menguranginya dengan kebiasaan baik seperti mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, menjaga kulit tetap bersih dan lembab, dan melakukan diet seimbang. Pada umumnya, wanita mengalami ketidak seimbangan hormon. Oleh karena itu asupan vitamin juga diperlukan seperti maca dan magnesium.

7. Area dagu

Area ini berhubungan dengan perut, terutama bagi yang sedang melakukan diet. Perhatikan jumlah serat dalam diet dan perbanyak minum air putih. Selain itu detoksifikasi tubuh juga akan membantu membersihkan zona ini dari jerawat.

Jadi zona pada wajah di atas memang berkorelasi dengan organ lain di dalam tubuh. Jika kemunculan jerawat di area tersebut membuat kita lebih mengantisipasi kesehatan tubuh kita, maka mulai lah memperbaiki pola hidup dan menjadi lebih sehat.

(Gambar: webmd.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *