Tips dan Cara Mengobati Jerawat Yang Membandel

wajah cantik berjerawatJerawat adalah kondisi kulit yang terjadi karena produksi minyak berlebihan oleh kelenjar minyak kulit. Hal ini sering menyebabkan peradangan dalam kulit. Kondisi kulit berjerawat biasanya terjadi selama masa remaja.

Mengatasi jerawat terkadang sangat sulit meskipun telah menggunakan berbagai cara. Hal ini biasanya disebabkan karena cara pengobatan yang digunakan tidak sesuai dengan faktor penyebab yang menimbulkan jerawat tersebut muncul. Akhirnya muncullah istilah jerawat membandel.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips dan cara alami untuk menyembuhkan jerawat yang membandel yang mungkin selama ini tidak mempan dengan pengobatan medis, antara lain:

Cara Mengobati Jerawat Yang Membandel

  • Mengkonsumsi banyak air memiliki efek yang baik terhadap pengobatan jerawat. Tubuh kita terjaga dari dehidrasi ketika tidur karena itu, sebaiknya mengkonsumsi air sebelum tidur di malam hari.
  • Jus buah dan teh hijau yang mengandung antioksidan dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang membandel.
  • Sayuran berdaun hijau dan buah- buahan yang banyak mengandung vitamin E dan beberapa vitamin lainnya dapat dikonsumsi untuk  membantu menyembuhkan jerawat dan beberapa penyakit kulit lainnya.

6 Perlakuan Khusus Untuk Jerawat Membandel

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman diatas, jerawat yang membandel juga dapat diatasi dengan sejumlah perlakuan khusus, antara lain:

  1. Jangan tusukan, gosok, atau tekan jerawat pada saat masih dalam keadaan aktif karena hal ini akan membuat peningkatan produksi sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit) pada kulit anda. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan infeksi dan memicu pertumbuhan jerawat baru. Hindari menggosok, menekan jerawat ataupun memecahkan jerawat karena bisa beresiko meninggalkan bekas luka di wajah anda.
  2. Cuci wajah dengan air dan sabun berbahan dasar herbal, sabun khusus jerawat atau sabun yang mengandung bahan kimia yang ringan. Gunakan sabun yang mengandung benzoil peroksida. Selain itu, hindari kuas atau spons wajah. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena hanya akan merangsang kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak sebum yang akhirnya meningkatkan pertumbuhan jerawat.
  3. Periksa alergi makanan. Ada orang yang menderita jerawat karena alergi makanan. Jerawat terkadang tumbuh karena disebabkan oleh makanan yang manis, berminyak dan asin. Kurangilah konsumsi susu, mentega, dan kacang-kacangan selama anda masih berjerawat. Sebaliknya konsumsi jus buah dan sayuran yang mengandung unsur seng  agar dapat membatasi pertumbuhan jerawat.
  4. Hindari mengenakan makeup terlalu tebal dan hindari make up berbahan kimia yang menyebabkan  reaksi alergi. Malah sebaiknya tidak memakai make up selama tahap penyembuhan jerawat. Jika terpaksa harus menggunakan make up, saat menjelang tidur pastikan make up telah bersih dari wajah.
  5. Hindari pomades rambut dan produk berminyak lainnya.
  6. Olahraga secara rutin adalah pengobatan jerawat paling efektif karena akan merangsang sirkulasi darah untuk membantu menyingkirkan jerawat secara alami.

Sebagai tambahan cara mengobati jerawat yang membandel dapat digunakan resep tradisional seperti pemanfaatan kunyit dan asam yang dapat memberantas bakteri P. Acnes yang bertanggung jawab sebagai penyebab jerawat.

Selain itu, ramuan kunyit dan asam juga mampu menetralisir kehadiran bakteri lainnya serta mengontrol produksi sebum yang berlebihan. Mengkonsumsi jamu kunyit asam sebagai resep tradisional sangat praktis di gunakan agar jerawat membandel dapat d0 tuntaskan secara alami.

Pemanfaatan ramuan daun sirih dengan cara menghaluskan lalu mengoleskannya pada jerawat juga bisa dilakukan. Daun sirih ini merupakan antiseptik alami yang dipercaya mampu mengeringkan jerawat yang membandel.

Informasi selengkapnya seputar resep dan obat-obatan alami untuk mengatasi jerawat bisa anda baca di sini. Jangan pula lewatkan artikel kami tentang tips mencegah datangnya jerawat dalam artikel ini. Selamat membaca!

Untuk menyembuhkan jerawat membandel sebaiknya gunakan resep alami atau obat-obat jerawat tradisional saja. Selain dapat mencegah timbulnya jerawat baru, resep alami juga akan menjaga kulit kita dari infeksi dan peradangan.

INFORMASI TERBARU

Jika Anda masih bermasalah dengan jerawat membandel, jerawat batu atau bahkan jerawat bernanah sekalipun, kini telah hadir solusi paling efektif dan telah terbukti sangat manjur mengatasinya, yaitu dengan menggunakan obat anti jerawat herbal alami. Kunjungi website www.obatantijerawat.com untuk informasi selengkapnya!