6 Jenis Makanan Untuk Menyegarkan Kulit Wajah Saat Bulan Ramadhan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Saat bulan puasa, tubuh akan kekurangan air yang bisa menyebabkan wajah dan kulit tidak segar dan bersemangat. Kulit kering dan pucat adalah masalah utama saat puasa tiba. Tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup selama berjam-jam lamanya, wajar jika kulit wajah menjadi tidak segar lagi.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membuat kulit wajah kembali bersinar meskipun sedang berpuasa. Makanan-makanan ini sebaiknya Anda konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa agar kelembaban kulit wajah anda tetap terjaga.

Konsumsi makanan sehat membuat kulit akan menemukan kelembaban alami yang tentunya berefek positif bagi penampilan Anda. Inilah 6 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menyegarkan kulit wajah.

1. Air putih dengan perasan lemon

Konsumsi air putih yang cukup saat bulan puasa sangat baik bagi kesehatan dan kelembaban kulit wajah. Wajah yang kusam dan kurang segar dapat diminimalisir dengan konsumsi air putih dengan jumlah minimal 2 liter pada saat buka dan sahur.

Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon pada air putih tersebut, gunanya untuk memberikan kesegaran lebih serta melembabakan kulit yang kering. Vitamin C yang terkandung pada perasan lemon terbukti dapat juga melancarkan pencernaan saat berpuasa.

2. Buah semangka

Buah semangka adalah buah yang sangat bagus dikonsumsi selama bulan puasa. Semangka mengandung banyak air yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa. Cairan tubuh yang hilang saat puasa dapat tergantikan oleh buah semangka yang mengandung lebih dai 90 % air.

Air inilah yang mampu memberikan kesegaran dan kelembaban pada kulit wajah. Semangka juga mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh seperti garam, kalsium, magnesium, posatium dan sodium.

3. Wortel

Meskipun berbentuk keras dan padat, rupanya wortel mengandung air berjumlah 90%. Inilah alasan mengapa wortel sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi kulit saat puasa. Wortel bisa dikonsumsi mentah dalam bentuk jus atau dibuat sup. Dengan konsumsi wortel secara teratur selama Ramadhan, kebutuhan air yang membuat wajah cerah akan tercukupi.

4. Yoghurt

Dehidrasi saat puasa juga dapat diantisipasi dengan knsumsi yoghurt. Yoghurt memiliki jumlah sodium dan potasium yang tinggi sehingga bisa menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. Wajah yang kering dan kusam pun bisa kembali segar hanya dengan mengkonsumsi yoghurt dalam jumlah yang cukup saat buka dan sahur.

5. Alpukat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alpukat memang baik dan berguna untuk kulit wajah. Bahkan alpukat digunakan sebagai masker wajah untuk menghindari kulit kering. Di samping dibuat masker, alpukat juga bisa dikonsumsi dari dalam untuk mencegah kulit wajah yang kusam dan kering.

Anda bisa mengkonsumsi alpukat secara utuh atau dibuat minuman seperti jus buah segar. Yang paling penting adalah memperhatikan konsistensi konsumsi alpukat yang tepat agar kulit wajah tetap segar selama berpuasa.

6. Air kelapa

Selain air putih, air kelapa asli juga bermanfaat untuk kesehatan dan kelembaban kulit wajah. Air kelapa mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk menyegarkan tubuh termasuk wajah. Anda bisa mengkonsumsi akir kelapa dalam bentuk es buah, es degan, atau es campur.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “6 Jenis Makanan Untuk Menyegarkan Kulit Wajah Saat Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *