16 Tips Mudah dan Ampuh Mengurangi Bau Ketiak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bau di bawah lengan Anda tidak disebabkan oleh keringat, yang sebagian besar terdiri dari air dan garam. Bau ketiak yang mengganggu itu disebabkan oleh bakteri yang tertarik ke tempat-tempat di mana Anda berkeringat paling banyak.

Jika Anda ingin tahu bagaimana untuk berhenti memiliki bau ketiak yang tidak menyenangkan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa tubuh Anda dan ketiak Anda berbau harum dan segar. Baca tips mudah dan ampuh mengurangi bau ketiak yang diulas secara lengkap berikut ini untuk mengetahui bagaimana melakukannya.

Hindari berbagai makanan

Jika Anda ingin menghentikan bau ketiak, satu trik mudah adalah dengan menghindari makanan pedas tertentu atau makanan yang dikenal untuk meningkatkan bau ketiak. Berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Ikan Kari
  • Paprika dan makanan pedas lainnya
  • Daging merah

Hindari alkohol dan minuman berkafein

Anda mungkin menyukai kopi di pagi hari atau menyukai beberapa gelas bir atau anggur sepanjang minggu, tetapi jika Anda ingin menghilangkan bau ketiak maka Anda harus mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman ini secepat mungkin.

Tetap terhidrasi

Minum banyak air membantu secara alami membersihkan tubuh Anda dan membuat tubuh Anda berbau segar. Minum setidaknya 8-10 gelas air sehari.

Terapkan deodoran kuat atau antiperspirant untuk ketiak

Meskipun tidak menghentikan berkeringat, deodoran dapat menutupi bau bakteri pada kulit Anda. Antiperspirant mengandung aluminium klorida, yang merupakan bahan kimia yang tidak hanya mengurangi keringat, dan yang juga mengandung deodoran.

Terapkan antiperspirant dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Jika Anda sudah mencoba anti-perspirant atau deodorant dan itu masih tidak bekerja, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan resep untuk antiperspirant yang lebih kuat.

Makan makanan yang meningkatkan bau segar

Beberapa makanan yang telah terbukti untuk meningkatkan bau badan Anda termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Makanan ini dapat membantu meningkatkan fungsi metabolisme tubuh Anda, membantu untuk bekerja lebih efisien.

Diet seimbang yang sehat juga akan membantu menurunkan tingkat stres tubuh Anda, yang dapat menurunkan jumlah keringat, dan pada akhirnya akan menurunkan jumlah bakteri yang tertarik untuk tubuh Anda.

Tambahkan suplemen gandum bersama dengan makanan Anda. Kunyah peterseli, alfalfa, atau sayuran hijau lainnya setelah makan untuk membantu menetralisir aroma yang kuat.

Makan makanan yang kaya klorofil

Makanan yang kaya akan klorofil, seperti kangkung dan bayam, telah direkomendasikan untuk membantu menetralisir bau makanan yang menyebabkan bau ketiak.

Tambahkan magnesium dan zinc dalam diet

Anda dapat menambahkan magnesium dan zinc untuk diet Anda melalui vitamin, atau dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin ini. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda coba:

  • Makanan kaya magnesium: kacang-kacangan dan biji-bijian, bayam, kacang, alpukat, pisang, dan buah ara
  • Makanan kaya zinc: labu sayur dan labu kuning, cokelat hitam, dan kacang

Mempertahankan diet yang lebih sehat

Studi menunjukkan bahwa jika Anda kelebihan berat badan, obesitas, atau bahkan hanya memiliki waktu makan yang tidak teratur, ini merupakan pemicu banyak tekanan pada tubuh dan akhirnya membuat anda lebih mudah berkeringat sehingga menarik bakteri yang dapat menjadi penyebab bau ketiak.

Jika Anda kelebihan berat badan, mungkin sudah saatnya untuk makan dengan diet yang lebih seimbang dan menghilangkan bau ketiak yang mengganggu.

Mandi setiap hari

Berusahalah untuk mandi setiap hari, tidak peduli seberapa lelah atau sibuknya Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa tubuh Anda segar dan bersih sepanjang hari. Anda tidak boleh lupa untuk mandi setelah bekerja, atau bau badan akan tercipta.

Gunakan sabun antibakteri untuk hasil terbaik. Setelah Anda mandi, pastikan untuk sepenuhnya mengeringkannya sehingga Anda tidak meninggalkan kelembaban yang mengundang bakteri pada tubuh Anda.

Kenakan pakaian serat alami

Mengenakan pakaian yang terbuat dari katun, wol, atau sutra akan membuat tubuh Anda cenderung berkeringat karena kenyamanan dan daya tahan dari bahan. Dan jika Anda bekerja di luar ruangan, gunakan kain dengan serat alami yang mampu menahan kelembaban dari tubuh Anda.

Ganti dan cuci pakaian Anda segera

Jika Anda memakai t-shirt selama tiga hari, maka ketiak Anda mungkin bau. Pastikan untuk selalu mencuci pakaian setelah Anda memakainya, dan hindari memakai pakaian untuk dua hari atau lebih secara berturut-turut, tidak peduli seberapa nyaman pakaian tersebut.

Berhati-hati dengan pakaian olahraga Anda, pakaian olahraga kotor dan lembab adalah tempat berkembang biak yang sangat baik bagi bakteri, sehingga Anda harus mencuci pakaian tersebut setelah latihan.

Cobalah beberapa teknik relaksasi

Orang sering berkeringat bukan karena kelebihan aktivitas, tapi karena pikiran mereka. Ambil langkah-langkah apa pun yang Anda bisa membuat Anda bersantai dan mengurangi stres. Cobalah melakukan yoga, meditasi, atau mengambil setidaknya tiga puluh menit sebelum Anda tidur.

Anda juga dapat bersantai dengan menghindari situasi yang Anda tahu akan menyebabkan Anda stres. Misalnya, jika Anda selalu menekankan pada pagi hari karena Anda pasti menjadi terlambat untuk bekerja atau sekolah, bangun 15 menit lebih awal untuk membuat hidup Anda jadi lebih mudah dan tidak buru-buru.

Mencukur ketiak

Mencukur ketiak akan membuat bakteri lebih sulit untuk menemukan tempat yang nyaman di ketiak untuk menetap. Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk menghentikan bau ketiak, cukurlah ketiak setiap kali Anda mandi, atau setidaknya sesering yang Anda bisa.

Gunakan larutan hidrogen peroksida buatan sendiri

Campurkan 1 sendok teh hidrogen peroksida dan 1 cangkir air. Basahi kain lap dengan campuran ini dan mengusapnya pada daerah yang bermasalah. Ini akan membunuh beberapa bakteri di bawah lengan Anda.

Terapkan witch hazel atau cuka putih ke ketiak

Gunakan kain lap untuk menyerap witch hazel atau cuka putih dan mengusapnya di bawah ketiak Anda. Ini akan mengubah pH kulit Anda sehingga bakteri tidak dapat tumbuh.

Gunakan batu tawas

Ketika selesai mandi, keringkan diri dengan baik menggunakan handuk. Gunakan tawas batu di bawah lengan Anda. Pastikan untuk menerapkannya dengan benar. Setelah selesai, oleskan lapisan minyak di atasnya seperti minyak kelapa, hanya untuk aroma.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *