6 Hal Penting Untuk Mendapatkan Kulit Wajah yang Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyaknya kegiatan atau kesibukan dalam pekerjaan sehari-hari terkadang membuat kita lupa untuk menjaga serta merawat kesehatan diri terlebih kulit.

Kulit ternyata juga membutuhkan istirahat dan vitamin agar membuatnya senantiasa sehat dan terjaga kelembabannya. Merawat kulit tubuh ataupun wajah tentu harus dilakukan secara rutin dan teratur. Hal ini tidak bisa dilakukan hanya sesekali saja karena hasil yang didapatkan tentu tidak akan maksimal.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang sehat tetapi tidak memiliki waktu untuk pergi dan berlama-lama di salon kecantikan, ada beberapa tips dan cara sederhana yang patut Anda lakukan sehari-hari agar terhindar dari berbagai masalah kulit wajah yang tentu saja akan sangat sulit untuk dibasmi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

1. Minum air yang cukup

Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan air bisa membuat kulit menjadi kering dan terlihat kusam. Oleh karena itu, biasakanlah minum air setidaknya delapan gelas sehari agar kulit bisa terjaga kelembabannya.

2. Makan makanan yang bergizi

Selain mendapat asupan air yang cukup, makan makanan yang bergizi dan seimbang bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sehat. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan cepat saji atau pun makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak.

Anda sedang menjalankan diet dan harus mengurangi porsi makanan? Hal ini tidak berarti Anda memangkas semua asupan vitamin, karohidrat, atau pun protein yang masuk ke dalam tubuh. Jaga keseimbangan kalori makanan agar tubuh bisa mendapat asupan yang cukup.

3. Tidur yang cukup

Terlalu sering bergadang atau kurang mendapat jam istirahat yang cukup dapat membuat kulit menjadi cepat kusam. Pada saat tidur, kulit pun ikut beristirahat dan melakukan regenerasi sel-sel kulit mati. Usahakan Anda tidur setidaknya delapan jam sehari sehingga kulit juga mendapat waktu istirahat yang cukup.

4. Cuci wajah dengan bersih

Cuci wajah Anda menggunakan pembersih atau sabun khusus wajah hingga bersih. Terlebih setelah Anda menggunakan make up atau bepergian keluar rumah. Sisa kotoran yang menempel pada wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan minyak pada kulit wajah.

Gunakan handuk yang bersih saat mengeringkan wajah dan jangan digosok cukup ditepuk pelan hingga kering. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya agar kulit wajah Anda tetap terjaga kelembabannya.

5. Memilih produk sesuai jenis kulit

Jika Anda sudah memiliki produk kecantikan sendiri yang cocok dan sesuai dengan kulit wajah Anda, maka jangan mencoba untuk beralih atau mengganti ke produk yang lain.

Hal ini dilakukan agar kulit wajah Anda terhindar dari kemungkinan iritasi atau alergi karena produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, pilihlah berbagai produk khusus untuk kulit berminyak.

6. Olahraga dan hindari stress

Stress yang berlebih bisa membuat kulit wajah Anda terlihat kusam. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan sampai Anda mengalami stress yang berat. Untuk menghilangkan stress, mungkin Anda bisa berolahraga ringan seperti jogging.

Selain membantu mengurangi stress, keringat yang keluar saat olahraga juga membantu racun yang ada dalam tubuh keluar sehingga kulit Anda bisa menjadi lebih sehat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *