8 Cara Mencerahkan Lutut dan Siku Secara Alami

Mencerahkan Lutut dan SikuWarna siku dan lutut yang gelap akan sangat mempengaruhi penampilan anda. Dengan warna yang gelap, maka secara langsung akan ada perbedaan warna kulit yang cukup mencolok.

Walaupun anda telah bekerja keras untuk menjaga kecantikan kulit anda secara menyeluruh, tetapi warna siku dan lutut yang gelap akan menghancurkan usaha anda tanpa belas kasihan.

Bagaimana tidak? Siku dan kulit gelap anda akan menarik perhatian banyak orang karena kulit anda yang mulus dan cerah tidak disempurnakan dengan warna siku dan lutut yang  sesuai.

Warna gelap pada siku dan lutu disebabkan karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk pada daerah siku dan lutut anda. Sel kulit mati yang bertumpuk tersebut akan menyebabkan kulit berwarna gelap bila disinari oleh sinar matahari secara terus menerus.

Hal lain yang dapat menyebabkan warna gelap tersebut adalah seringnya terjadi peregangan pada kedua deaerah tersebut karena aktivitas tangan dan kaki yang berlebihan. Seringkali bila kita meluruskan siku dan lutut kita makan kulit pada bagian tersebut akan mengkerut dan terasa kasar bila diraba.

Cara mencerahkan siku dan lutut sebenarnya tidak terlalu sulit bila anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan rutin. Di bawah adalah beberapa tips atau cara mudah dan simpel yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengembalikan kecerahan kulit anda:

1. Jus lemon
Oleskan jus lemon secara merata pada bagian yang berwarna gelap 3 kali sehari. Celupkan sebuah kapas pada jus lemon dan kemudian usapkan pada siku dan lutut anda ayng berwarna gelap. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunkan irisan kulit lemon untuk mengusapkannya secara langsung pada bagian yang gelap selama 4 sampai 5 menit. Tetapi, anda jangan melembabkan kulit siku dan lutut setelah atau sebelum mengusapkan lemon pada kulit anda.

2. Minyak kelapa
Oleskan minyak kelapa pada siku dan lutut anda sambil memijatnya selama 5 sampai 8 menit. Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mencampur minyak kelapa yang digunakan dengan sari jus lemon untuk menghasilkan kulit yang lebih putih dan cerah.

3. Yogurt
Pijat dan gosok siku dan lutut yang berwarna gelap dengan campuran yogurt dan lemon selama kurang lebih 10 menit dan kemudian bilas dengan air susu. Selain itu, campuran antara beberapa tetes cuka dan yogurt adalah salah satu ramuan alami yang telah terbukti dapat memutihkan siku dan lutut yang berwarna gelap.

4. Gula dan baking soda
Campurlah gula dan baking soda dengan takaran yang seimbang dan gosokkan campuran tersebut pada siku dan lutut yang gelap selama 3 sampai 4 menit. Diamkan bagian yang telah diusap selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas sampai bersih dan usapkan body lotion sampai rata.

5. Pengelupasan
Gunakan scrub yang memiliki tekstur halus untuk mengangkat serta mengelupas sel kulit mati pada siku dan lutut anda ketika mandi.

6. Mustard dan kelapa
Campuran minyak kelapa dan minyak mustard dapat membuat siku dan kulit anda yang berwarna gelap menjadi lebih putih secara alami.

7. Almond
Ramuan minyak kelapa atau almond dengan madu dan gula dapat mencerahkan kulit anda bila anda mengoleskannya pada bagian yang berwarna gelap dan membiarkannya selama 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

8. Tabir surya
Oleskan tabir surya secara merata pada lutut dan siku anda sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik. Anda juga bisa menggunakan body lotion sebelum tidur di malam hari untuk membantu menghaluskan dan melembabkan kulit.

Selamat mencoba!