Perawatan Rambut bagi Muslimah Berhijab

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut merupakan mahkota wanita, ini bukan hanya sekedar slogan, kenyataannya wanita memang sangat memperhatikan keindahan rambutnya, segala jenis perawatan rambut dicoba agar mahkota mereka tetap terjaga. Eits, tapi ada yang berbeda lho perawatannya untuk rambut yang berhijab. Apa saja yang berbeda? Simak tips berikut ini.

Masalah yang sering timbul pada rambut wanita berhijab adalah berminyak, berketombe, dan mudah rontok. Hal ini dikarenakan rambut tertutup oleh hijab sehingga mudah lembap yang kemudian menyebabkan kuman betah untuk tinggal di rambut dan kulit kepala. Oleh karena rambut yang terlalu sering diikat saat berhijab dapat menyebabkan rambut rapuh sehingga mudah rontok.

Untuk mengantisipasi masalah rambut yang sering terjadi pada wanita berhijab, terapkan perawatan rambut yang diulas berikut ini:

Jangan terlalu sering mencuci rambut

Mencuci rambut yang benar yaitu selang waktu 2-3 hari sekali tergantung aktivitas dan lamanya kita berhijab. Mencuci rambut setiap hari dapat mengurangi kelembapan alami yang dimiliki rambut dan menjadikan rambut dan kulit kepala lebih kering.

Gunakan konditioner setelah keramas

Banyak wanita yang sering melewatkan perawatan rambut yang satu ini padahal ini penting dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Penggunaan konditioner setelah keramas bertujuan untuk melembabkan dan menjadikan rambut anda lebih mudah diatur.

Jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok dengan handuk

Mengeringkan rambut dengan cara digosok dengan handuk dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang dan rontok. Untuk megeringkan rambut sehabis keramas, cukup tepuk-tepukkan handuk ke rambut saja, jangan sampai digosok!

Sisir rambut ketika keadaan rambut sudah kering

Kebanyakan dari kita, ketika selesai keramas akan langsung menyisir rambut yang masih basah. Hal ini ternyata salah, menyisir rambut saat dalam keadaan basah dapat menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan rontok.

Bila perlu gunakan pelembap rambut khusus

Bila tipe rambut anda cenderung kering, perawatan rambut yang satu ini hukumnya wajib. Gunakanlah pelembap rambut khusus yang digunakan pada saat rambut setengah kering dan tanpa dibilas. Sesuaikan jenisnya dengan rambut anda.

Tidak menggunakan jilbab saat rambut masih dalam kondisi basah

Sebisa mungkin, bila rambut masih dalam kondisi basah, keringkanlah terlebih dahulu. Jangan langsung memakai jilbab saat rambut masih dalam kondisi basah atau lembab. Rambut dan kulit kepala yang basah dan tertutup akan menyebabkan ketombe.

Ketika sedang di rumah rambut dibiarkan bebas tidak diikat

Rambut anda juga butuh istirahat, jadi ketika anda di rumah sebisa mungkin meminimalkan intervensi pada rambut, baik dengan cara mengikat atau menggulungnya. Biarkanlah rambut anda terurai dan bernapas bebas.

Nah, demikianlah tips merawat rambut bagi muslimah berhijab. Menutup kepala dengan hijab bukan berarti mengabaikan perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan menerapkan tips-tips di atas, anda akan mendapatkan rambut sehat dan tetap indah. Semoga bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *