Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Baking Soda

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki ketombe yang bersarang di rambut tentu tidaklah menyenangkan. Selain membuat rambut tidak sehat, ketombe juga dapat merusak penampilan Anda. Menghilangkan ketombe yang sudah terlanjur timbul di rambut memang tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan untuk menghilangkan ketombe yang menjengkelkan tersebut.

Jika Anda sudah mencoba berbagai shampo penghilang ketombe namun hasilnya tidak kunjung terlihat, mungkin Anda bisa menggunakan salah satu bahan yang biasa dicampurkan dalam adonan kue ini. Ya, ternyata baking soda dapat menghilangkan ketombe pada rambut. Seefektif apakah baking soda dalam menghilangkan ketombe? Di bawah ini adalah jawabannya.

Cara Baking Soda Bekerja

Baking soda membantu menghilangkan minyak berlebih pada rambut dan membersihkan serta melembutkan rambut. Baking soda menyerap produksi minyak berlebih pada ramubut dan berfungsi sebagai dry shampoo. Selain itu, baking soda juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe yang bersarang di rambut Anda.

Berlawanan dengan mitos yang tersebar di internet mengatakan bahwa baking soda bisa membuat rambut rontok, nyatanya baking soda akan menyerap segala kotoran dan debu yang ada pada rambut. Tidak jarang baking soda digunakan oleh mereka yang sering melakukan styling pada rambut untuk menghilangkan sisa-sisa obat styling yang mungkin tertinggal di rambut.

Keramas Menggunakan Baking Soda

Kebanyakan shampo yang dijual di pasaran menggunakan beberapa bahan kimia yang jika tidak cocok di kulit kepala Anda akan menimbulkan berbagai masalah pada rambut seperti ketombe dan juga rambut rontok. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk menggunakan shampo berbahan dasar alami yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Baking soda merupakan bahan yang sangat mudah untuk ditemui. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau untuk dibeli. pH tinggi yang terdapat pada baking soda berfungsi untuk menyerap kotoran termasuk ketombe pada rambut dan juga membantu menghilangkan rasa gatal akibat ketombe.

Baking Soda Sebagai Conditioner

Saat Anda keramas, shampo akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak pada rambut. Tetapi ketika Anda menggunakan conditioner, maka conditioner akan membantu mengembalikan minyak pada rambut yang membuat rambut tidak menjadi kering dan tetap lembab.

Jika Anda memiliki rambut berminyak tetapi tetap ingin menggunakan conditioner untuk menghaluskan rambut, maka Anda bisa mencoba menggunakan baking soda sebagai conditioner Anda. Selain menghilangkan ketombe, baking soda juga bisa menyerap minyak berlebih pada rambut.

Cara membuatnya juga mudah. Anda tinggal menambahkan dua hingga tiga sendok makan baking soda ke dalam air hangat dan diaduk hingga tercampur rata. Kemudian bisa langsung diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama dua hingga tiga menit dan bilas hingga bersih.

Anda juga bisa menambahkan baking soda ke shampo yang biasa Anda gunakan. Taruh shampo ke telapak tangan dan tambahkan satu sendok makan baking soda. Campur hingga merata dan bisa digunakan seperti menggunakan shampo biasa.

Jika Anda ingin sering menggunakan baking soda tetapi takut tidak sempat untuk membuatnya, Anda bisa mencampur baking soda dan air secukup yang Anda perlukan dan taruh dalam sebuah wadah atau botol shampo yang kosong. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan shampo baking soda sesering yang Anda perlukan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *