Tips Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bibir merupakan salah satu bagian tubuh penting pada manusia yang unik. Apabila kulit wajah lainnya terdiri dari 16 lapisan yang opaque (tidak meneruskan cahaya), bibir terdiri dari 3 lapisan translucent (meneruskan sebagian cahaya). Bibir  mendapatkan warnanya dari lapisannya yang terluar, lapisan mukus.

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling ekspresif. Gerakan-gerakan kecil pada bibir anda mampu mengekspresikan perasaan anda yang terdalam. Bibir yang tertarik ke atas pada kedua sisinya menunjukkan senyuman dan sebaliknya jika tertarik ke bawah menunjukkan kesedihan atau kekecewaan.

Bibir juga merupakan organ yang sedikit sensitif. Pada daerah dengan udara kering, bibir akan dengan mudah menjadi kering dan terpecah-pecah, mengelupaskan kulitnya. Di Indonesia pun hal ini sering terjadi pada kita. Bagaimanakah cara mencegah bibir yang kering dan pecah-pecah ini?

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ada beberapa hal yang sering anda lakukan tanpa disadari yang merupakan penyebab bibir anda pecah-pecah. Salah satu kebiasaan buruk itu adalah menggigit-gigit bibir anda. Terutama bila sedang tegang, manusia biasa menggigit bibirnya sendiri. Hal ini dapat merusak lapisan pada bibir anda dan membuatnya pecah-pecah.

Salah satu kebiasaan buruk lainnya yang sering kita lakukan tanpa disadari adalah menjilat bibir sendiri. Saat bibir kita terasa kering, sering kali tanpa sadar kita menjilat bibir kita sendiri. Logika kita mengatakan bahwa dengan menjilat bibir kita, bibir itu tidak akan menjadi kering lain. Dan betul, memang bibir itu tidak kering lagi, akan tetapi hanya untuk beberapa saat.

Air liur yang terdapat pada lidah anda mengandung enzim-enzim yang secara alami berfungsi untuk memecah makanan yang anda santap, dan karena itu dapat juga melakukan reaksi sama pada bibir anda. Air liur anda mudah menguap, dan setelah menjilat bibir anda, air liur itu akan menguap dengan cepat membawa zat-zat lain yang bertindak seperti pelumas alami bagi bibir anda. Sehingga, menjilat bibir anda tidak akan membuat bibir anda lembab, justru akan membuatnya lebih kering dari sebelumnya.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Selain 2 kebiasaan buruk diatas, hal yang sering tidak kita lakukan dan berdampak pada bibir kering dan pecah-pecah adalah minum yang cukup. Air merupakan komposisi utama pada tubuh kita, dan secara umum tubuh kita memerlukan sekitar 2 Liter air salam sehari, kurang lebih setara dengan minum 8 gelas air setiap harinya.

Jika kebutuhan air ini tidak tercukupi, bibir anda lebih mudah menjadi kering dan pecah-pecah. Biasakanlah minum air secara rutin, dan biasakan juga minum setiap 2-3 jam setiap harinya.

Jika bibir anda masih terasa kering meski anda sudah minum dengan cukup dan tidak melakukan 2 kebiasaan buruk di atas, maka anda membutuhkan perawatan khusus.

Yang paling mudah adalah gunakan lipbalm. Lip balm secara alami akan membuat bibir lembab. Carilah lip balm dengan vitamin E dan minimal SPF 15. Gunakan secara rutin untuk hasil optimal. Hindari lipstik atau hal lain pada bibir yang mengandung alkohol, karena mampu membuat bibir lebih kering.

Jangan biasakan bernafas menggunakan mulut anda, dan hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan pedas. Makanan asam seperti jeruk juga dapat membuat bibir anda lebih kering. Jangan biasakan mencabut lapisan bibir anda yang tampak lepas.

Dan terakhir, gunakan petroleum jelly seperti lipbalm pada bibir anda untuk kelembaban optimal. Petroleum jelly merek vaselin dapat dibeli di banyak apotek di Indonesia.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *