Tips dan Cara Ampuh Merawat Rambut Berminyak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut manusia berbeda-beda jenisnya. Ada yang lurus, keriting, tipis, tebal, dan macam-macam. Seiring dengan hidup dan produk yang kita gunakan pada rambut kita, rambut kita dapat memberi respon yang berbeda-beda. Misalkan setelah di warnai, rambut cenderung menjadi lebih kering.

Ada tipe-tipe orang yang dapat keramas setiap 2/3 hari sekali. Tetapi saya pribadi perlu mencuci rambut saya setiap harinya minimal 1 kali. Tipe rambut yang perlu dicuci setiap hari seperti ini dikenal sebagai tipe rambut berminyak. Tentu saja, bukan rambutnya sendiri yang berminyak.

Para pekerja di salon biasa menyebutnya sebagai kulit kepala berminyak, karena kulit kepala ini mengeluarkan lebih banyak minyak yang mengenai rambut dan dibawa hingga ke ujung rambut, rambut jadi terkesan sangat berminyak. Jika tidak dikeramas setiap harinya, tipe rambut seperti ini akan terlihat lepek dan anda akan tampak seperti tidak mandi berhari-hari.

Tidak percaya diri karena rambut anda berminyak? Jangan khawatir, kami akan membagikan solusi perawatan rambut berminyak.

Keramas setiap hari

Pertama-tama seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis rambut berminyak perlu dikeramasi setiap harinya. Jika tidak keramas, tidak heran jika wanita dengan tipe rambut ini akan langsung merasa tidak percaya diri.

Shampo yang sesuai

Selain keramas setiap harinya, cari lah juga shampoo yang sesuai dengan rambut anda. Tidak semua shampoo sama, ada yang dibuat untuk rambut kering, dan lain-lain, maka pastikan anda menggunakan shampoo yang tepat. Carilah shampoo yang kaya akan kandungan Sodium lauryl Sulfate dan kandungan kondisionernya (seperti lanolin) sedikit. Jangan gunakan shampoo-shampoo 3 in 1 yang merupakan gabungan shampoo dan kondisioner.

Meskipun rambut berminyak anda tidak berketombe, tetapi ada baiknya jika anda menggunakan shampoo untuk membasmi ketombe. Karena kandungan dalam shampoo anti ketombe biasanya ber-efek membuat rambut anda menjadi lebih kering.

Keramas dua kali berturut-turut

Selain berkeramas setiap harinya, untuk hasil optimal berkeramaslah 2 kali berturut-turut setiap kali anda berkeramas. Setiap kali setelah menggunakan shampoo pada rambut anda, diamkan sejenak untuk beberapa menit sebelum dibilas bersih. Hal ini akan membuat kulit kepala anda benar-benar menyerap shampoo yang anda gunakan itu dan memberikan hasil optimal.

Pada saat berkeramas kedua kalinya, juga diamkan shampoo itu selama beberapa menit sebelum dibilas. Hal ini akan memberikan hasil optimal pada rambut anda, dan jika shampoo yang anda gunakan benar, rambut anda akan terlihat tidak terlalu berminyak.

Ramuan herbal alami

Jika rambut anda sangat sangat berminyak hingga anda sangat tidak percaya diri setiap harinya, ada beberapa ramuan herbal alami yang dapat anda terapkan pada rambut anda untuk memberikan hasil yang baik.

Coba menggunakan rosemary tea pada rambut anda. Untuk membuatnya, cukup tuangkan 1 cup air mendidih pada 2 sendok makan rosemary kering seperti menyeduh teh. Diamkan selama 20 menit, kemudian tiriskan, dinginkan, dan simpan larutan pada botol di kamar mandi anda. Setiap setelah berkeramas, tuangkan larutan ini pada kepala anda. Jika anda menyukai wanginya, tidak perlu membilas larutan ini setelah digunakan.

Selain larutan ini anda juga dapat menggunakan larutan lemon dan cuka. Untuk membuat larutan lemon, campurkan 2 cup air lemon dengan 2 cup air putih. Tuangkan larutan pada kulit kepala anda setelah berkeramas, biarkan selama 5 menit, kemudian bilas. Untuk membuat larutan cuka, cukup campurkan 1 cup cuka dan 1 cup air putih, gunakan larutan ini untuk membilas rambut anda setelah keramas dan jangan dibilas. Dan tenang saja, bau dari cuka ini akan cepat pudar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *