Cara Tetap Bugar dan Semangat Selama Bulan Puasa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selama bulan Ramadhan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Dengan aktifitas yang sama seperti sebelum berpuasa, dapatkah kita tetap bugar dan bersemangat saat menjalankan aktivitas selama berpuasa? Tetap bisa, tipsnya ada di artikel ini. Yuk mari kita simak bersama!

Ramadhan adalan bulan penuh berkah. Di bulan ini segala amalan dilipat gandakan. Oleh karena itu, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan beribadah. Dengan aktivitas yang tetap padat selama bulan Ramadhan, agar bisa menyeimbangkan beribadah dan bekerja dibutuhkan tubuh yang tetap bugar.

Untuk memperoleh tubuh yang tetap bugar selama berpuasa, ada beberapa hal yang wajib kita lakukan, yaitu:

Jangan melewatkan waktu sahur

Terdapat keberkahan saat sahur, selain sahur ini disunahkan, ternyata memang waktu sahur ini memiliki banyak manfaat. Sahur diperlukan untuk tubuh kita sebagai pengisi “bahan bakar” selama seharian berpuasa. Perhatikan jenis makanan yang kita makan saat sahur, hindari makanan asin dan tinggi gula saat sahur karena akan menyebabkan rasa haus saat berpuasa.

Konsumsi air putih dengan pola 2+4+2

Walau berpuasa, konsumsi air putih tetap harus 8 gelas per hari. Caranya agar kita tetap dapat mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari adalah dengan pola 2+4+2 , yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur/ setelah solat tarawih. Dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari kita akan terhindar dari keadaan dehidrasi.

Perhatikan keseimbangan porsi dan jenis makanan anda

You are what you eat!” ungkapan ini benar adanya, apa yang kita makan akan berefek pada tubuh kita dan mencerminkan bagaimana kita. Selalu perhatikan makanan yang kita makan, seimbangkan porsi, pilihlah yang memiliki kandungan gizi tinggi. Perbanyak serat baik dari sayur, buah, maupun kavang-kacangan. Serat memiliki efek mengenyangkan dan mencegah sembelit!

Berolahraga sesaat sebelum waktu berbuka

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa adalah saat sebelum berbuka, yaitu pada pukul 4-5 sore. Olahraga saat jam ini menghindari tubuh dari keadaan dehidrasi karena kita melakukan olahraga sesaat sebelum waktu berbuka. Pilih olahraga ringan, seperti lari jarak pendek, bersepeda santai, jalan, dsb.

Tidur cukup

Tidur 7-8 jam per hari dapat mengembalikan tenaga anda. Sedapat mungkin dan sesibuk apa pun anda, usahakanlan untuk tetap tidur malam 7-8 jam/ hari.

Berpikir positif

Pikiran yang positif akan membuahkan hasil yang positif. Tetap jaga pikiran kita positif agar segala kegiatan dapat kita lakukan dengan semangat dan senyum cerah di wajah.

Selalu dekat dengan Allah

Hal yang terpenting adalah selalu dekat dengan Allah dengan memperbanyak ibadah kepada-Nya. Dengan dekat kepada-Nya hati akan menjadi tenang.

**

Menjalankan ibadah puasa tidak berarti anda berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun dengan harapan energi tubuh dapat dihemat. Terapkan 7 tips di atas agar anda senantiasa sehat selama puasa dan tetap dapat beraktivitas seperti biasanya. Semoga bermanfaat!

(Foto: Women Agenda)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *