5 Hal yang Perlu Dihindari saat Manicure di Rumah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Manicure juga bisa dilakukan sendiri di rumah, namun ada yang perlu diperhatikan agar kesehatan kutikula kuku tetap terjaga. Jangan sampai kita hanya menginginkan kuku yang indah tapi mengesampingkan kesehatan kuku.

Cara Manicure di Rumah

Pertama-tama yang perlu anda ketahui adalah cara manicure di rumah. Di bawah ini akan dijelaskan dari tahap perawatan dan pewarnaan yang dilansir dari Intanjait.

Persiapkan baskom berisi air  hangat, sabun khusus manipedi, antiseptic, nail polish remover, smoother, scrub cream, hand cream cuticle, pusher cuticle, cuticle nipper, base coat, nail polish, top coat, drip dry, cuticle oil, dan hand lotion.

Jika semua alat dan perlengkapan sudah siap, yang selanjutnya anda lakukan adalah memakai antiseptic untuk membunuh kuman yang menempel pada tangan. Setelah itu  jika anda sedang menggunakan cat kuku bersihkan menggunakan nail polish remover. Minyak di kuku pun harus terlebih dulu dihilangkan menggunakan smoother. 

Isi baskom dengan air sabun, gunakan untuk mencuci tangan dan merendam kaki. Selanjutnya lakukan scrubbing sampai pergelagan tangan dan kaki untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada kuku. Jika scrubbing sudah dilakukan, bersihkan tangan dan kaki dengan air bersih agar tidak ada lagi kotoran dan sel kulit mati yang terkelupas.

Setelah proses di atas dilakukan, berikan hand cream cuticle treatment dan tunggu cream meresap selama 3-5 menit. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kutikula. Setelah cream meresap, bersihkan kutikula dengan pusher cuticle dan buang kutikula dengan nipper.

Tahap selanjutnya adalah pewarnaan, sebelum mengoleskan cat kuku sebaiknya kuku diberikan base coat untuk melapisi dan menguatkan kuku. Oleskan cat kuku sesuai yang anda inginkan, lalu lapisi cat kuku dengan top coat agar cat kuku terlihat mengkilap dan lebih tahan lama.

Setelah proses pewarnaan selesai maka keringkan kuku menggunakan drip dray yang mengandung minyak dan aloe vera. Terakhir gunakan cuticle oil yang mengandung vitamin agar kuku tetap sehat dan gunakan hand lotion yang mengandung moisturizer dan vitamin E.

***

Seperti yang dilansir dari Dailymakeover ada pun hal yang harus dihindari saat melakukan manicure agar kuku tetap sehat. Berikut yang perlu anda hindari :

1. Menggunakan nail polish remover berlebihan 

Nail polish remover membuat kutikula kering jika digunakan terlalu banyak. Oleh sebab itu sangat penting menggunakan cuticle oil atau heavy moisturizer setelah membersihkan cat kuku untuk mengembalikan kelembaban kuku dan menjaga kesehatan kuku.

2. Kuku terkena cairan dan produk pembersih

Setelah melakukan manicure seringkali kita lupa dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti misalnya mencuci piring. Kita tidak sadar saat kuku basah dan terkena cairan atau produk pembersih, manicure yang kita lakukan menjadi sia-sia dan membuat kutikula kering. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan sarung tangan karet saat sedang mencuci piring.

3. Jarang menggunakan pelembab dan cuticle oil 

Menggunakan pelembab dan cuticle oil sesering mungkin akan menjaga kulit dari dehidrasi dan mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Ini bukan hal yang sepele karena kulit pecah-pecah lebih rentan terhadap infeksi. Jadi jangan lupa jaga kesehatan kuku, tangan, dan kaki dengan pelembab dan cuticle oil.

4. Lupa mengoleskan top coat

Rutin mengoleskan top coat akan membuat manicure anda terlihat lebih segar dan mengkilap, karena cat kuku juga akan kehilangan kilaunya dari waktu ke waktu. Jadi penting untuk mengoleskan top coat dua hari sekali.

5. Tidak mensterilkan peralatan

Setelah melakukan manicure di rumah, sebaiknya bersihkan kembali peralatan dengan alkohol agar dapat digunakan kembali saat perawatan berikutnya. Ingat, kita perlu peralatan yang bersih dan higienis agar terhindar dari infeksi.

(Gambar : vayomassage.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *