Kandungan dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Wortel Untuk KesehatanWortel dengan nama ilmiah Daucus carota ini berwarna orange dan tumbuh liar di daerah subtropis di kawasan Asia tengah dan pertama kalinya ditemukan sejak 6.500 tahun lalu kemudian penyebarannya sampai di indonesia saat ini.

Wortel dapat dibudidayakan dengan menanam umbi dan akarnya dengan siklus hidup antara 1 hingga 2 tahun. Bentuk umbinya menyerupai tanduk dengan kandungan dan manfaat wortel yang mengandung lebih dari 80 nutrisi seperti beta karoten, vitamin A, B kompleks, Vitamin C , kalsium dan lain-lain.

Satu cangkir (122.00 gram) wortel mentah mengandung 52.46 kalori. Umbi wortel dapat dimanfaatkan sebagai  bahan kosmetika dan pengobatan serta sebagai bahan makanan sehari-hari.

Pemanfaatan Wortel Untuk Kosmetika

Dalam dunia kecantikan, pemanfaatan wortel sebagai bahan kosmetika hingga saat ini banyak kita temukan dalam berbagai produk. Kandungan beta karoten dan beberapa vitamin pada wortel dapat melembabkan kulit, mencegah penuaan dini serta dapat mencerahkan kulit secara alami.

Umbi wortel juga bisa dijadikan sebagai masker wajah dengan memanfaatkan hasil parutan umbi wortel dengan campuran kuning telur ayam kampung. Resep ini dioleskan hingga merata pada wajah maupun pada bagian kulit lainnya hingga kering sebelum dibilas hingga bersih.

Selain untuk kecantikan kulit, kandungan wortel juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat jaringan tempat tumbuhnya helai rambut kita. Wortel juga dapat digunakan sebagai hairtonic untuk menjaga kelembaban kulit kepala akibat kerusakan kolagen. Hairtonic ini disarankan untuk orang yang mengalami rambut kering dan rapuh dengan memanfaatkan air perasan umbi wortel lalu mengusapkannya ke kulit kepala.

Pemanfaatan Wortel Untuk Bahan Pengobatan

Beberapa jenis penyakit dapat disembuhkan dengan menggunakan wortel. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam umbi wortel sangat mendukung untuk mempercepat penyembuhan beberapa penyakit, antara lain:

  • Senyawa beta karoten yang terkandung dalam umbi wortel sangat manjur untuk mencegah dan memerangi penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks (kanker leher rahim), kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker prostat maupun kanker saluran kemih. Selain dapat mencegah dan mengobati kanker, wortel juga bermanfaat untuk menyamarkan flek-flek hitam pada kulit.
  • Senyawa yang terkandung pada wortel sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit rabun senja dan beberapa masalah lain yang berhubungan dengan penglihatan.
  • Manfaat wortel lainnya dalam dunia medis adalah mengatasi tukak  lambung, amandel, gangguan pada sistem pernapasan, mencegah sambelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan penyedia kalsium dalam proses pembentukan tulang.
  • Terakhir, zat-zat yang terdapat dalam wortel seperti paspirine bermanfaat untuk mengatasi kemandulan  dan menyuburkan sistem reproduksi.

Pemanfaatan Wortel Sebagai Bahan Makanan

Wortel mempunyai rasa renyah dan enak sehingga sangat cocok untuk segala campuran jenis bahan makanan lainnya. Bahan makanan yang sering kita jumpai saat ini seperti masakan sup, capcai, bistik, masakan kari dan beberapa makanan lainnya.

Dalam industri makanan, hasil pengolahan umbi wortel banyak kita jumpai dalam bentuk minuman dan makanan seperti jus wortel, manisan, snack  dan dapat pula dijadiakan sebagai bahan pewarna alami untuk berbagai jenis makanan dll.

Selain kandungan dari umbi wortel, biji wortel juga banyak mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaro, bisabol, dan meristin yang berkhasiat memberikan efek aprodisiak.

Daun wortel dapat dijadikan sayuran dan mengandung paspirine yang bermanfaat untuk  merangsang kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yaitu kelenjar berperan penting dalam memberikan pesan untuk pelepasan hormon seks sehingga dapat meningkatkan fungsi kerja kelenjar endoktrin dalam menjaga kesuburan sistem reproduksi.

*************

Jadi dengan melihat kandungan dan manfaat wortel diatas, kita disarankan untuk mengkonsumsi wortel setiap hari sebagai bahan makanan sekaligus sebagai obat alami.




  • omdoang

    dokternya sudah cantik dari sononya pantas cantiknya,kalau gua ya yg bisa bilang cakap dll ya saya sdrserta yg anggap saya cakep he he