Cream Pemutih Wajah Yashodara

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B1

Vitamin B1Vitamin B1 adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi manusia yang termasuk dalam golongan vitamin B kompleks. Vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta fungsi jantung bagi tubuh.

Thiamine atau vitamin B1, termasuk dalam keluarga B kompleks dan merupakan vitamin yang mudah larut dalam air, memiliki peran penting dalam membantu mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa yang sangat penting untuk digunakan sebagai bahan produksi energi untuk segala aktivitas tubuh sehari-hari.

Vitamin B1 juga dibutuhkan untuk memecah lemak dan protein. Sebagai tambahan, vitamin ini juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dalam segala bentuk stress yang karena itu sering juga disebut sebagai vitamin anti stress.

Sumber Vitamin B1

Berikut ini adalah sumber makanan dan manfaat dari mengkonsumsi vitamin B1.

Hati dan ragi adalah sumber makanan yang sagat kaya akan vitamin B1. Babi, gandum, ragi dan kacang merah juga merupakan sumber vitamin B1 yang baik, termasuk juga asparagus, jamur, bayam, tuna, kacang hijau, biji bunga matahari dan tomat.

Terong dan brussel bisa dimasukkan dalam konsumsi makanan sehari-hari dan sangat berkhasiat untuk menjaga asupan thiamin anda. Anda harus ingat, bila makanan-makanan tersebut dimasaa terlalu matang atau terlalu lama disimpan dalam lemari es, maka akan merusak kandungan vitamin B1 di dalamnya.

Kekurangan Vitamin B1

Tanda awal bila anda kekurangan asupan B1 adalah kegelisahan, mudah marah, gampang untuk melupakan sesuatu, sulit tidur dan makan, berat badan berkurang, pencernaan terganggu serta otot betis yang terlampau lembek.

Jika tidak segera dirawat atau diberi asupan Thiamin, maka gejala awal tersebut akan bertambah berat dan jamak dikenal sebagai penyakit beri-beri dengan sifat utama gangguan utama pada sistem kerja syaraf, jantung dan otak.

Dalam beberapa kasus, gejala tersebut dapat berbeda-beda dan memiliki beberapa varian seperti: penyakit ber-beri kering (sering ditandai dengan gangguan syaraf kaki terutama pada malam hari), beri-beri basah (jantung yang berdetak terlalu keras daa sering menyebabkan kematian mendadak, gangguan pada fungsi otak, serta penyakit beri-beri pada anak kecil yang disebabkan si ibu yang menyusui sedang terkena beri-beri pula.

Manfaat Vitamin B1

Thiamin atau vitamin B1 merupakan vitamin yang sangat berguna untuk menjaga segala bentuk fungsi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat lain dari vitamin B1:

  1. Terlibat dalam produksi energi
    gula adalah sumber energi utama bagi tubuh yang baru bisa digunakan bila telah dikonversi dengan bantuan vitamin B1. Thiamain sangat dibutuhkan dalam sistem kerja enzim tubuh agar enzim tersebut dapat melepaskan energi yang  berguna bagi aktivitas tubuh
  2. Membantu dalam perkembangan myelin sheaths
    Thiamin atau vitamin B1 sangat membantu dalam perkembangan myelin sheaths dalam sistem syaraf. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan pengurangan pembentukan dalam myelin sheaths yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan sistem syaraf menjadi mati dan rusak.
  3. Memastikan fungsi kerja jantung
    Thiami juga merupakan vitamin yang membantu memproduksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaian pesan antara sistem syaraf dan otot untuk memastikan sistem kerja jantung yang sempurna. Kekurangan vitamin B1 dalam hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan pada jantung. Dalam sebuah riset menunjukkan, orang dengan sistem kerja jantung yang terganggu dapat meningkatkan kerja jantungnya setelah diberikan tambahan nutrisi vitamin B1 selama 7 hari. Dengan demikian, dapat disimpulkan pula bahwa Thiamin atau vitamin B1 dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung.