5 Hal Penting Saat Memilih Tabir Surya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah Anda sering melakukan kegiatan atau aktivitas di luar ruangan? Atau apakah Anda sedang berencana untuk berlibur ke pantai? Jika iya, maka pastikan Anda membawa tabir surya (sunscreen). Entah cuaca sedang panas atau berawan, selalu gunakan tabir surya saat Anda berada di luar ruangan.

Kulit yang terkena paparan sinar matahari atau sinar UV dapat membuatnya terlihat kusam, berubah warna atau menjadi belang, rentan mengalami penuaan dini, dan bahkan berpotensi menyebabkan resiko kanker kulit.

Anda sudah memiliki tabir surya dan selalu menggunakannya. Tapi apakah Anda yakin bahwa tabir surya tersebut memiliki manfaat yang Anda butuhkan? Sebelum memilih tabir surya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar tabir surya yang Anda pilih dan gunakan bisa memberikan perlindungan yang maksimal terhadap kulit Anda.

Tidak memiliki bahan berbahaya

Hal pertama yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Baik itu memilih kosmetik atau pun tabir surya, pastikan bahan yang terkandung di dalamnya aman dan tidak berbahaya jika digunakan.

Perhatikan pula apakah tabir surya tersebut memiliki kandungan Titanium Dioxide atau Zinc Oxide atau tidak? Kedua bahan ini dipercaya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan cenderung tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit saat digunakan.

Tabir surya berbentuk krim

Ada banyak pilihan tabir surya yang ditawarkan, mulai dari yang berbentuk krim, spray, dan powder (bubuk). Pilihlan tabir surya yang berbentuk krim. Ini dikarenakan biasanya tabir surya yang berbentuk spray dan powder berbahan dasar mineral dan mengandung partikel nano yang dapat menyerap ke dalam darah sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Namun jika Anda ingin tetap memilih tabir surya berbentuk spray, maka jangan menghirup aromanya ketika disemprotkan ke kulit. Tabir surya berbentuk spray ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki tubuh dengan bulu (rambut) yang lebat pada kulit atau tidak memiliki bulu sama sekali (botak).

Mengandung SPF 30

Mungkin Anda akan sedikit kebingungan saat memilih tabir surya dengan berbagai kandungan SPF yang ada. Tabir surya dengan SPF 15 sebenarnya memiliki kandungan yang normal dan sudah dapat digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Tapi, jika Anda menginginkan perlindungan yang lebih, maka pilihlah tabir surya dengan SPF 30 atau di atasnya. Produk ini dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap paparan sinar UV.

Water resistance

Pastikan tabir surya yang Anda pilih memiliki daya water resistance atau tahan terhadap air dan keringat. Jika Anda sedang berada di pantai lalu terkena air atau berolahraga dan berkeringat, maka tabir surya dengan daya water resistance sangat disarankan. Ini agar tabir surya tidak mudah hilang karena terkena air atau keringat di kulit.

Harga tidak menjamin kualitas

Hanya karena tabir surya yang Anda pilih memiliki harga yang mahal tidak menjamin tabir surya tersebut merupakan produk yang terbaik dan cocok untuk Anda gunakan. Pilihlah tabir surya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis kulit, apakah Anda berjerawat atau tidak? Pastikan tabir surya yang digunakan cocok untuk jenis kulit Anda dan tidak terasa panas atau pedih saat digunakan. Dan yang terpenting, perhatikan tanggal kadaluarsa tabir surya tersebut. Jika sudah melewati tanggal kadaluarsa, mungkin sudah saatnya Anda mengganti tabir surya Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *