Pilihan Teh yang Tepat Untuk Kesehatan Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Semua tahu khasiat alami yang diberikan secangkir teh untuk kesehatan tubuh kita. Ternyata, selain berkhasiat menyembuhkan dari dalam, teh juga mampu menyembuhkan segala masalah kulit. Mulai dari exzema sampai dengan jerawat, atau masalah kulit lainnya bisa disembuhkan dengan teh.

Teh begitu kaya akan polifenol. Zat antioksidan ini mampu membuat kulit Anda tetap segar alami. Selain itu, kandungan polifenol tersebut juga mampu mengurangi efek buruk dari paparan sinar UV serta mengatasi iritasi pada kulit. Jadi, Anda bisa mulai mengambil manfaat daun teh bukan saat diseduh saja.

Menggunakan produk-produk dengan ekstrak daun teh pada kulit juga sangat bermanfaat. Seperti apa saja manfaatnya? Situs berita womenshealthmag.com memaparkan empat jenis daun teh yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Teh Hijau

Paparan sinar matahari yang berlebih sangat berbahaya bagi kulit. Selain bisa merusak, sinar matahari juga mempercepat proses penuaan pada kulit. Beberapa riset telah membuktikan bahwa konsumsi teh hijau bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah tumbuhnya penyakit kanker pada tubuh kita, termasuk kanker kulit. Walau tetap untuk lebih efektifnya Anda harus tetap rajin menggunakan tabir surya SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan.

Seorang dematologis dan juga pendiri kosmetik merek W3LL PEOPLE Renee Snyder menyatakan zat catechins – antioksidan yang banyak terkandung pada teh hijau – dapat mengurangi kemungkinan radang atau iritasi pada kulit. Dengan khasiat ini, teh hijau bisa melindungi kulit dari penuaan dini.

Selain itu, yang paling penting adalah kulit bisa terhindar dari kemungkinan efek buruk terbakar sinar matahari atau bahkan rusak karena efek sinar UV. Radikal bebas yang berkembang saat kulit kita terpapar sinar UV berlebihan akan merusak sel-sel kulit.

Menurut Adina Grigore, pengarang buku berjudul The Skin Cleanse, polifenol yang terkandung dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk meregenerasi DNA sehingga mencegah mutasi sel kulit yang bisa berujung pada kanker.  Kini, ada banyak produk berbahan dasar teh hijau yang bisa menjadi pilihan Anda. Biasanya berupa lotion yang mengandung ekstrak teh hijau.

Yerba Maté

Teh ini terbuat dari dedaunan kering yerba maté. Cocok untuk Anda yang menginginkan kulit mulus awet muda. Konsumsi teh yang kaya antioksidan ini akan membantu Anda mencegah atau memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh partikel radikal bebas.Minuman khas daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini juga terkenal kaya kafein.

Renee Snyder menyatakan konsumsi teh ini akan menjadi obat yang cocok untuk kelelahan, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan juga masalah nafsu makan. “Di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, termasuk vitamin B, vitamin C, potasium, zat besi,” katanya. Jadi, tak perlu ragu lagi menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak daun kering yang satu ini.

Chamomile

Bahan ini memang sudah terkenal sangat bagus untuk mengatasi masalah pada kulit. Biasanya chamomile menjadi obat ampuh untuk mengurangi kulit yang kering dan bahwa mengatasi masalah kulit berjerawat. “Chamomile biasanya dapat digunakan untuk mengobati kulit kemerahan (rash) atau kondisi iritasi kulit lainnya,” kata Snyder.

Rooibos

The juga dikenal dengan nama red tea atau teh merah. Rooibos terbuat dari dedauan berwarna merah yang tumbuh di Afrika Selatan. Tidak seperti the umumnya, teh ini tidak mengandung kafein. Cocok untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi konsumsi kafein.

Selain itu, teh ini memiliki dua senjata ampuh yang bisa melawan masalah iritasi yaitu aspalathin dan nothofagin. “Kandungan bahan ini sangat cocok untuk mengatasi masalah iritasi kulit dan juga jerawat,” kata Snyder.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *