Pilihan Makanan yang Tepat Untuk Gigi Lebih Putih

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kebersihan gigi memang selalu menjadi syarat utama untuk tampilan senyum menawan. Agar gigi tampak putih berseri, kita harus rajin membersihkannya. Baik dengan sikat gigi maupun dengan benang gigi. Obat kumur juga sangat membantu agar kesehatan mulut dan gigi terjaga lebih baik karena cukup ampuh menangkal perkembangan bakteri.

Gigi yang bersih terawat bakal terhindar dari pertumbuhan plak. Dan ini akan menjadi modal yang baik untuk memiliki senyum menawan. Anda juga bisa memiliki gigi putih cemerlang dengan konsumsi makanan yang tepat.

Ada beberapa makanan yang harus dipilih, dan beberapa jenis makanan lainnya harus dihindari. Situs berita cleo.com.au memilih panduan pilihan makanan yang tepat untuk senyum berseri Anda.

Makanan Yang Harus Dimakan

Keju
Keju sangat baik untuk menjaga warna putih gigi Anda. Mengapa? Kandungan kalsium dan phosphorus yang terdapat dalam salah satu hasil olahan susu ini akan melindungi gigi Anda dari zat asam yang kerap menggerus warna putih di gigi.

Apel
Buah segar ini sangat membantu mempertahankan kecemerlangan warna gigi Anda. Cukup dengan mengunyah daging apel, Anda akan menarik khasiat luar biasa tersebut. Saat mengunyah apel, mulut akan memproduksi air liur untuk menstimulasi kesehatan area mulut, termasuk gigi. Jadi, rajin-rajinlah memakan apel langsung. Jangan memilih mengonsumsi jus apel karena tidak akan memberikan khasiat yang sama pada mulut Anda.

Kacang-kacangan
Permukaan kasar pada kacang-kacangan dipercaya sangat ampuh meluruhkan plak yang melekat pada gigi. Plak inilah yang selalu mengganggu kesehatan gigi sekaligus memudarkan kecerahkan permukaan gigi Anda.

Jamur
Jamur shiitake sudah sangat dikenal sebagai senjata ampuh penangkal pertumbuhan bakteri dalam mulut. Kehadiran bakteri ini yang biasanya menimbulkan plak yang mengganggu. Jadi, konsumsi jamur yang satu ini sangat membantu Anda menjaga kebersihan sekaligus kecerahan permukaan gigi.

Makanan  Yang Harus Dihindari

Kopi
Jika Anda sudah begitu candu dengan minuman yang satu ini, sudah pasti Anda akan lebih sulit memiliki gigi putih cemerlang. Kopi sangat ampuh menyegarkan Anda ketika sedang mengantuk. Sayangnya, konsumsi kopi berlebihan bakal mengganggu kesehatan gigi. Kopi sudah pasti akan meninggalkan jejak pada permukaan luar gigi.

Sama seperti noda yang biasa melekat pada cangkir kopi yang Anda gunakan, noda itu juga lambat laun bakal melekat pada gigi Anda. Jadi, cobalah untuk mencari sumber kafein lainnya. Salah satu pilihan terbaik Anda adalah teh hijau.

Minuman Anggur Merah
Konsumsi minuman Shiraz beberapa gelas saja sudah pasti membuat gigi tampak berwarna ungu. Inilah satu pertanda bahwa minuman tersebut sangat mungkin menjadi penyebab melekatnya noda di permukaan gigi Anda. Selain membuat gigi bernoda, kandungan asam pada anggur merah maupun putih juga bersifat mengikis gigi. Ini akan lebih memudahkan proses pelekatan noda pada gigi.

Jika tetap ingin mengonsumsi minuman anggur, selalu siapkan segelas air putih di samping minuman tersebut. Seteguk anggur harus langsung dibarengi dengan seteguk air putih. Dengan cara ini, asam yang ddiciptakan wine bisa tereduksi.

Kecap Asin
Ini menjadi peringatan untuk para penggemar sushi. Kecap asin yang disantap bersamaan dengan sushi memang memberikan cita rasa lebih nikmat. Sayangnya, kecap asin ini bisa meninggalkan noda di gigi Anda. Jadi, cobalah untuk berkumur dengan air putih segera setelah konsumsi kecap asin.

Minuman berkarbonasi
Minuman jenis ini sangat bersifat asam. Hal itu akan membuat lapisan enamel gigi terkikis lebih mudah, apalagi saat minuman ini sangat sering dikonsumsi. Jadi, sudah saatnya Anda mencoba mereduksi konsumsi minuman bersoda ini jika tak ingin merusak gigi Anda.

Buah-buah Beri
Buah seperti blueberries, raspberries, cranberries, dan cherries akan merusak gigi Anda. Bagaimana bisa? Buah tersebut memang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi. Sayangnya, ada pigmen warna dari buah tersebut yang bisa melekat pada permukaan gigi. Jika Anda pecinta jenis buah-buahan yang satu ini, cobalah untuk setia pada stroberi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *