Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin anda atau orang di sekitar anda sedang mengalami masalah dengan kulit, kulit kering atau bersisik misalnya. Sangat tidak menyenangkan bukan, jika kulit anda yang seharusnya lembab dan sehat berubah menjadi kulit kering dan berisisik. Nah berikut kami akan berbagi tips menarik untuk anda, bagaimana cara mengatasi kulit yang bersisik, disimak ya.

Penyebab Kulit Bersisik

Sebelum kita membahas mengenai pengobatan kulit bersisik ada baiknya anda mengetahui apa penyebab dari kulit bersisik ini sehingga anda dapat menghindari sebelum mengalaminya.

1. kulit kering, kulit kering ini dapat terjadi pada bagian tubuh anda dimana saja, tetapi biasanya terjadi pada bagian telapak kaki, betis, lutut, lengan dan paha.
2. Suhu lingkungan yang telalu dingin
3. Faktor usia dan Faktor keturunan
4. Terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat dan pemakaian sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit
5. Kurang mengkonsumsi air putih, sayur dan buah-buahan
6. Penggunaan obat tertentu yang mengandung asam nikotinat, cimetidine, dan clofazimine

Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Setelah mengetahui penyebab dari kulit bersisik maka berikut adalah beberapa tips dari kami yang semoga dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit bersisik yang sedang anda alami.

1. Konsumsi minuman dan makanan bersizi yang mengandung serat, vitamin C dan Vitamin E yang sangat baik untu menjaga kelembaban kulit seperti air putih, jus buah, buah-buahan dan sayuran segar.
2. Konsumsi juga makanan yang mengandung kolagen yang dapat membantu melembabkan kulit dari dalam tubuh seperti ikan salmon dan kacang-kacangan.
3. Gunakan krim atau lotion yang mengandung pH seimbang untuk tubuh anda dan berfungsi menutrisi kulit agar tetap terjaga kelembabannya.
4. Hindari terlalulu lama menggunakan sabun saat mandi, gunakanlah sabun yang sesuai untuk jenis kulit anda dan usahakan yang mengandung pelembab agar tidak membuat kulit anda kering.
5. Jangan menggunakan detergen terlalu banyak jika anda sering mencuci pakaian dengan tangan, sebaiknya anda memilih detergen yang tidak panas di tangan dan ramah lingkungan.
6. Gunakan bahan alami untuk merawat kulit bersisik misalnya dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak jojoba pada daerah kulit yang bersisik, kemudian pijatlah dengan lembut agar minyak tersebut meresap hingga ke pori-pori kulit. Lakukan secara rutin agar kulit anda lembab kembali.
7. Cobalah sekali-kali anda melakukan mandi susu, susu dapat melembabkan kulit dan membuatnya menjadi kenyal dan halus.
8. Hindarilah agar kulit anda tidak terkena cahaya matahari langsung karena selain dapat menjadikan kulit kering dan bersisik dapat pula membuat kulit anda terbakar. Gunakan sunblock jika anda termasuk orang yang memiliki kegiatan outdoor yang menjadikan anda dapat terhindar dari sengatan matahari langsung.
9. Hindarilah stress karena stress dapat merusak kesehatan kulit anda, menjadikan kulit anda berkerut, tampak kusam dan dapat pula kering dan bersisik.
10. Gunakan krim kortison, lotion, salep atau pelumas pada kulit anda yang bersisik dalam keadaan lembab sehabis mandi atau bisa juga dalam keadaan basah jika memang menurut anda kondisi kulit bersisik anda sudah parah dan harus segera diobati.
11. Jika anda telah mencoba semua resep kami di atas akan tetapi kulit anda tetap bersisik bahkan meradang ada baiknya anda segera mendatangi dokter kulit sehingga kulit anda dapat ditangani lebih tepat dan intensif.

**

Demikianlah info dari kami mengenai penyebab kulit bersisik dan bagaimana cara mengatasinya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *