Lima Pantangan Setelah Mengecat Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setelah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk pewarnaan rambut, Anda pasti tak ingin usaha itu terbuang sia-sia belaka. Untuk itu, ada beberapa pantangan yang harus dilakoni agar warna rambut baru Anda terawat lebih baik dan lebih awet.

Setidaknya selama sepekan pertama Anda harus menjaga baik-baik hasil pewarnaan yang sudah dilakukan tenaga profesional itu. Dengan begitu, rambut Anda pun akan tetap segar dan bersinar. Situs berita newbeauty.com memamparkan ada sedikitnya lima pantangan setelah mengecat rambut tersebut, yaitu sebagai berikut.

Penggunaan produk penataan rambut

Ahli pewarnaan rambut Sharon Dorram menyatakan bahwa satu hal yang harus selalu diingat ketika seseorang selesai mengecat rambut adalah menjaganya dari terpaan bahan kimia.

“Segala bentuk bahan dari hairspray ataupun produk penataan rambut yang mengandung alkohol, serta tindakan blow-drying yang berlebihan dapat memudarkan cat rambut yang baru saja melekat di setiap helai rambut Anda,” katanya. Setiap bahan kimia dari produk penataan rambut tersebut akan membuka lapisan kutikula rambut. Inilah yang menyebabkan pemudaran warna cat.

Mencuci rambut

Menurut pengusaha salon asal Amerika Serikat, Tina Outen, kita harus menunggu setidaknya 48 jam terlebih dahulu setelah mewarnai rambut. Jadi tunggu dua hari setelah pengecatan rambut, Anda baru bisa keramas lagi.

Alasannya, cat rambut akan beroksidasi setelah melekat pada rambut. “Warna cat akan secara alami meresap menjadi warna natural rambut. Proses ini setidaknya membutuhkan waktu selama satu malam,” kata Tina.

Kemudian, pada hari kedua setelah diwarnai, warna rambut akan terlihat semakin alami setelah proses oksidasi yang membuat warna cat semakin stabil. “Itulah mengapa kita tidak bisa langsung keramas setelah mengecat rambut. Jika rambut langsung dibersihkan, cat warna yang baru saja dipakai akan luruh,” imbuhnya.

Terkena klorin

Kandungan klorin yang biasanya digunakan untuk menjernihkan air kolam renang tak baik untuk cat rambut. Jadi, sebaiknya tangguhkan dulu rencana untuk berenang saat Anda baru saja memiliki warnarambut baru. Selain itu, pastikan selalu agar rambut terlindungi dari sinar matahari. Bisa dengan menggunakan topi atau produk tabir surya khusus untuk rambut.

Perawatan dengan hair mask atau shampoo khusus

Bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan lagi jenis perawatan rambut seperti itu. Hanya saja, jangan langsung digunakan setelah warna rambut Anda baru saja kembali segar. Jenis shampoo perawatan seperti shampoo anti-ketombe misalnya bisa merusak cat rambut. Hal serupa juga berlaku untuk produk perawatan berbentuk masker rambut.

“Biasanya produk semacam itu bisa mengubah warna rambut Anda. Masker rambut biasanya bisa mengubah pigmen warna rambut Anda sehingga cat yang baru saja dipakai tidak lagi bersinar seindah sebelumnya,” kata Outen.

Terkena panas

Setiap alat penataan rambut yang mengeluarkan uap panas harus dihindari. Jadi cobalah untuk menghindari produk penataan rambut yang biasa digunakan untuk mengembangkan rambut atau mousse, hairspray, dan gel rambut yang biasanya berfungsi maksimal saat dipakai dengan tambahan aplikasi alat catok atau pengering rambut. Rambut yang sudah dicat biasanya menjadi cukup rapuh dan mudah rusak jika dipaksa ditata dengan alat dan produk semacam itu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *