Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bicara tentang bengkoang, tampaknya buah ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ya, buah yang mempunyai nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini terkenal dengan sejuta manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Selain itu, rasanya yang cenderung manis, renyah, dan segar membuat bengkoang banyak digemari oleh banyak orang.

Buah bengkoang sendiri merupakan buah golongan umbi-umbian yang berasal dari Amerika tropis. Kandungan di dalam umbi bengkoang sebagian besar terdiri dari air (86% – 90), mineral (kalsium, fosfor), pati,dan gula. Sedangkan daging buahnya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kandungan tersebutlah yang membuat bengkoang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Di sisi lain, ekstrak bengkoang juga seringkali digunakan di dalam produk-produk kecantikan, seperti lulur, pelembab, sabun, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai manfaat bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan, langsung saja simak pemaparan di bawah ini:

Kandungan Farmakologis Bengkoang

Berdasarkan sumber di USDA Food and Nutrition Service, nutrisi yang terkandung di dalam buah bengkoang antara lain adalah energi, karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin (vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, niacin, riboflavin, pyridoxine, asam pantotenat, thiamin), elektrolit (natrium, kalium), dan mineral (kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, seng, dan karoten).

Khasiat Bengkoang Untuk Kesehatan

  • Mengobati Demam dan Menurunkan Kolesterol

Bengkoang dipercaya dapat menurunkan demam karena kandungan kadar air yang tinggi di dalam daging buahnya. Selain itu kandungan kimia di dalam bengkoang juga berkhasiat mendinginkan suhu tubuh yang tinggi.

Selain itu, kadar air yang tinggi pada bengkoang juga dapat melarutkan lemak-lemak di dalam tubuh, sehingga akan mengurangi kadar kolesterol.

  • Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan peradangan pada selaput lendir mulut yang biasanya ditandai dengan munculnya bercak kemerahan. Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya sariawan, beberapa diantaranya adalah kekurangan vitamin C dan zat besi.

Bengkoang kaya akan vitamin C serta mengandung zat besi, sehingga bengkoang dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan sariawan.

  • Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat di dalam bengkoang dapat membantu proses pencernaan. Apabila anda menderita wasir, maka konsumsilah bengkoang 2 kali sehari agar BAB menjadi lancar.

  • Kesehatan Tulang dan Gigi

Di dalam bengkoang terkandung mineral berupa fosfor dan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang dan pembentukan enamel gigi.

Khasiat Bengkoang Untuk Kecantikan

  • Memutihkan Kulit

Bengkoang mempunyai kandungan antioksidan berupa 40% vitamin C. Kandungan vitamin C ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang kusam, meregenerasi sel kulit, memutihkan kulit, serta mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, di dalam bengkoang juga terkandung zat fenolik yang dapat menghambat pembentukan melanin (pigmen kulit) akibat pengaruh sinar matahari dan hormon.

  • Mencegah Penuaan Dini

Seorang wanita yang telah menopause biasanya produksi hormon estrogennya semakin berkurang. Hal ini ditandai dengan timbulnya keriput, kulit kendur, dan tulang yang semakin rapuh.

Bengkoang merupakan buah yang mengandung estrogen alami (fitoestrogen). Kandungan estrogen ini dapat mengurangi tanda-tanda terjadinya penuaan dini, seperti kulit keriput dan tulang rapuh.

  • Menyamarkan Flek Hitam dan Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin B1 dan vitamin C di dalam bengkoang dapat menyamarkan flek hitam dan mengatasi jerawat pada kulit wajah. Selain itu vitamin C juga mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, dimana minyak berlebih merupakan faktor timbulnya jerawat.

***

Demikian beberapa manfaat dari bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Penggunaan masker bengkoang alami setiap hari akan mencerahkan dan menyegarkan kulit sehingga kulit wajah akan terlihat lebih sehat.

(photo: perlutahu.org)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *