Cara Mengurangi Bintik Penuaan Pada Wajah Tanpa Biaya Mahal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bintik-bintik penuaan berwarna coklat, hitam atau kuning datar dapat muncul di leher, tangan dan wajah. Hal ini terutama disebabkan oleh paparan sinar matahari, dan biasanya mulai muncul setelah orang berusia 40 tahun. Bintik penuaan ini tidak berbahaya, sehingga tidak ada alasan medis untuk menyingkirkannya. Namun, begitu banyak pria dan wanita ingin menghapusnya untuk alasan estetika.

Anda dapat menyingkirkan bintik-bintik penuaan menggunakan sejumlah metode yang berbeda. Biasanya metode laser dan peeling kulit yang berbiaya mahal menjadi pilihan mayoritas orang untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan ini, namun Anda dapat mencoba metode yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah secara bertahap.

Gunakan Retin-A

Retin-A adalah produk anti-penuaan pada perawatan kulit yang sangat baik digunakan untuk memerangi garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur kulit dan elastisitas dan memudar perubahan warna dan kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik-bintik penuaan.

Retin-A adalah vitamin A derivatif yang tersedia pada krim atau gel dalam berbagai kekuatan yang berbeda. Namun hanya tersedia dengan resep dokter, sehingga Anda akan perlu ke dokter sebelum Anda mulai menggunakannya. Produk ini membantu untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan dengan pengelupasan kulit mati, menghilangkan lapisan hiperpigmentasi luar dan menggantinya dengan kulit baru di bawahnya.

Gunakan produk yang mengandung asam glikolat

Asam glikolat adalah jenis alpha hydroxy acid yang umum digunakan dalam chemical peeling yang bekerja dengan pengelupasan kulit mati, mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik penuaan.

Asam glikolat dapat cukup keras pada kulit, kadang-kadang menyebabkan kemerahan dan ketidaknyamanan. Anda harus selalu melembabkan kulit Anda setelah menggunakan produk asam glikolat.

Gunakan tabir surya

Tabir surya tidak akan benar-benar membantu untuk mengurangi munculnya bintik-bintik usia yang ada, tetapi akan mencegah munculnya bintik bintik yang baru yang disebabkan terutama oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, tabir surya akan mencegah bintik-bintik yang ada menjadi lebih gelap atau lebih terlihat. Anda harus mengenakan tabir surya dengan SPF minimal 15, bahkan jika tidak panas atau cerah.

Gunakan jus lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat, yang dapat membantu untuk memutihkan bintik-bintik penuaan. Cukup oleskan sedikit air jeruk segar langsung ke sunspot dan biarkan duduk selama 30 menit sebelum dibilas. Lakukan ini dua kali sehari dan Anda akan mulai melihat hasilnya dalam satu atau dua bulan.

Jus lemon membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga jangan pernah menggunakan jus lemon pada kulit Anda jika Anda berada di luar. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, jus lemon mungkin tidak nyaman pada kulit Anda, jadi coba mencampurnya dengan setengah bagian air atau air mawar sebelum menggunakannya.

Gunakan buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat, yang bekerja sebagai pemutih kulit dengan cara yang sama seperti asam sitrat dalam jus lemon. Oleskan sedikit buttermilk langsung ke bintik-bintik penuaan Anda dan biarkan selama 15 menit sampai setengah jam sebelum dibilas. Lakukan ini dua kali sehari.

Jika Anda cenderung memiliki kulit sangat berminyak, adalah ide yang baik untuk membuat campuran buttermilk dengan sedikit air jeruk sebelum menerapkannya, karena hal ini akan mencegah kulit Anda menjadi berminyak.

Untuk manfaat tambahan, campurkan jus tomat kecil dengan buttermilk, tomat juga mengandung sifat pemutihan yang dapat membantu untuk mengurangi bintik-bintik penuaan.

Gunakan madu dan yoghurt

Kombinasi madu dan yoghurt diyakini bermanfaat ketika Anda harus mengurangi bintik-bintik penuaan. Cukup campurkan bagian yang sama dari madu dan yogurt tawar, aduk rata dan terapkan langsung ke bintik-bintik penuaan Anda.

Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah unsur penting dalam banyak pengobatan alami, termasuk untuk bintik-bintik penuaan. Oleskan cuka sari apel sedikit langsung ke bintik-bintik usia dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya. Hanya gunakan perawatan ini sekali sehari, karena cuka sari apel dapat mengeringkan pada kulit. Anda akan mulai melihat perbaikan dalam penampilan bintik-bintik usia setelah sekitar enam minggu.

Untuk manfaat tambahan, campurkan cuka sari apel satu bagian dengan satu jus bagian bawang halus dan oleksan pada bintik-bintik penuaan.

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit kulit, termasuk bintik-bintik penuaan. Cukup menggosok sedikit gel lidah buaya ke daerah tertentu mengandung bintik-bintik penuaan. Jika Anda tidak memiliki gel dari tanaman lidah buaya, Anda dapat membeli jus aloe vera segar di toko makanan, pasar atau toko kesehatan.

Gunakan minyak jarak

Minyak jarak dikenal bagi kulit karena sifat penyembuhannya dan telah terbukti efektif dalam pengobatan bintik-bintik usia. Oleskan minyak jarak sedikit langsung ke bintik-bintik usia dan pijat ke kulit selama satu atau dua menit sampai diserap.

Lakukan ini sekali di pagi hari dan sekali di malam hari, dan Anda akan mulai melihat peningkatan sekitar satu bulan. Jika Anda menderita kulit kering, Anda dapat mencampur sedikit minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak almond dengan minyak jarak untuk menambahkan pelembab.

Gunakan cendana

Cendana diyakini mengandung sifat anti-penuaan yang efektif, dan sering digunakan untuk mengurangi munculnya bintik-bintik usia.

Campur sejumput bubuk cendana dengan beberapa tetes air mawar, gliserin dan jus lemon. Oleskan pasta ini ke bintik-bintik usia dan biarkan kering selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Atau, Anda bisa memijat setetes minyak esensial cendana murni langsung ke bintik-bintik usia.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *