Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B12

Loading...

Vitamin B12 adalah salah satu anggota penting dalam struktur vitamin B kompleks. Vitamin B12 (Cyanocobalamin) memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh seperti perawatan pada sejumalh sel, formasi DNA, kelelahan, kolesterol, gangguan sel berbentuk sabit, penyakit Alzheimer, pernicious anemia, megaloblastic anemia serta kanker payudara.

Vitamin B12 ini akan diproses dari protein dalam tubuh manusia saat proses pencernaan. Proses ini akan dibantu dengan zat yang disebut dengan hydrochloric acid.

Vitamin B12 memiliki kedekatan hubungan dengan substansi bernama intrinsic factor untuk melakukan berbagai macam tugas mempertahankan kesehatan tubuh manusia. Cyanocobalamin adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan sel darah merah, jaringan sel syaraf dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan asupan vitamin B12 akan berakibat ada rasa mati di bagian tangan dan kaki serta hilang ingatan, koordinasi tangan dan kaki yang buruk ketika berjalan, sulit tidur, rasa kantuk yang tinggi, sembelit dan sakit pada bagian kepala.

Di luar semua gejala tersebut, kekurangan vitamin B12 juga bisa ditandai dengan rasa depresi, gangguan pada penglihatan, pembengkakan pada daerah lidah dan seringkali mendengar suara-suara yang aneh beserta gangguan neurological dan radang pada bagian mulut. Pada beberapa orang juga ditandai dengan berat badan yang berkurang, nausea dan kelelahan.

Sumber Makanan Mengandung Vitamin B12

Agar tidak kekurangan asupan vitamin B12, seseorang perlu secara terus menerus mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan Cyanocobalamin.

Bahan makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan yang berasal dari binatang seperti hati sapi, salmon, tiram, ikan tuna, susu, ayam, keju, telur, ikan, dan berbagai macam produk makanan yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi di dalamnya.

Karena hal tersebut, bahan makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung jumlah vitamin B12 yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita.

Manfaat Vitamin B12

Cyanocobalamin atau vitamin B12 memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh kita yang antara lain adalah;

  1. Pemeliharaan struktur sel
    Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam membantu pemeliharaan berbagai macam sel dalam tubuh manusia. Sebagai contoh, pembentukan, perbaikan dan pemeliharaan sel darah merah atau sering disebut eritrosit sangat bergantung pada keberadaan vitamin B12. Setiap sel syaraf juga membutuhkan vitamin ini agar mereka dapat berfungsi dengan baik dan kuat.
  2. Pembentukan DNA
    Cyanocobalamin sangat penting dalam pembentukan DNA dalam tubuh manusia. Praktek pembentukan tersebut biasanya terjadi saat pembelahan sel dan vitamin ini adalah bagian terpenting pada proses tersebut. Jika manusia kekurangan vitamin B12, maka pembentukan sel yang tidak sempurna yang dikenal sebagai megaloblast akan terjadi. Megaloblast tersebut akan menyebabkan tubuh kita menderita anemia atau kekurangan sel darah merah.
  3. Mengatasi Kelelahan
    Cyanocobalamin adalah sumber penting bagi tubuh kita untuk menghilangkan kelelahan dan rasa lemas. Karena hal tersebut, vitamin B12 sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina terutama di saat kita sedang bekerja yang berat.
  4. Kolesterol
    Sering memakan bahan makanan yang banyak mengandung protein atau vitamin B12 akan berdampak secara langsung terhadap pengurangan jumlah kolesterol dalam darah. Vitamin ini juga sangat berfungsi untuk mengontrol kadar triglycerides yang menjaga agar jantung manusia bekerja secara normal.
  5. Penyakit Alzheimer
    Cyanocobalamin atau Vitamin B12 sangat efektif dalam merawat serta mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit ini seringkali ditemani dengan gejala seperti kebingungan dan kekacauan. Beberapa riset tentang Alzheimer menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit Alzheimer seringkali memiliki kadar vitamin B21 yang rendah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *