10 Tips Mengurangi Tampilan Stretch Mark

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Stretch mark adalah efek umum pasca kehamilan, kenaikan berat badan yang cepat dan kehilangan berat dengan cepat pula, dan bahkan karena pertumbuhan dan latihan yang salah. Stretch mark adalah hasil dari kulit yang berkembang pesat untuk membuat ruang untuk berat badan ekstra. Stretch mark tidak dapat dicegah, dan tidak ada cara yang pasti untuk mengatasinya.

Cara terbaik untuk mengurangi munculnya stretch mark adalah dengan menggunakan metode yang berbeda untuk membantunya memudar dan menjadi kurang terlihat. Perawatan khusus, perubahan gaya hidup dan makeup dapat mengurangi munculnya stretch mark.

Coba pelembab alami

Ada banyak krim alami yang digunakan orang untuk mengurangi munculnya stretch mark. Ini dapat digunakan selama dan setelah kehamilan untuk menjaga kulit lentur dan memudarkan stretch mark. Tidak ada penelitian yang menunjukkan konklusif bahwa setiap satu bahan dapat memudarkan stretch mark.

Namun, produk alami berikut ini dikatakan membantu:
– Aloe vera, mengurangi jaringan parut dan stretch mark.
– Minyak kelapa atau mentega, yang membuat kulit kenyal bila diterapkan setiap hari.
– Shea butter, digunakan di seluruh dunia untuk membantu memudarkan stretch mark.
– Minyak telur (Oleova) membantu mencegah stretch mark bila diterapkan dua kali sehari di seluruh perut dari trimester pertama kehamilan sampai enam bulan setelah melahirkan.

Gunakan gel yang mengandung asam hyaluronic

Hyaluronic adalah zat alami yang ditemukan dalam tubuh. Ketika dioleskan, ia memiliki efek mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan. Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa asam hyaluronic mengubah drastis penampilan stretch mark.

Namun, beberapa telah menemukan bahwa mengobati stretch mark dengan krim yang mengandung asam hialuronat dapat membantu untuk memudarkannya. Gel yang mengandung asam hialuronat dapat dipesan secara online atau dibeli di toko-toko kecantikan khusus.

Cobalah krim retinoid

Retinoid adalah zat yang dikenal untuk merangsang pertumbuhan kolagen di kulit. Bila diterapkan pada stretch mark, akan membantu memperbaharui kulit dan menyebabkan stretch mark memudar. Krim retinoid tersedia dengan resep dokter. Bicarakan dengan dokter kulit Anda apakah itu adalah pilihan yang baik untuk kulit Anda.

Retinoid dapat mengambil waktu seminggu atau sebulan untuk menunjukkan pengaruh yang signifikan pada kulit. Retinoid sebaiknya tidak digunakan saat Anda sedang hamil atau menyusui.

Pertimbangkan dermabrasi

Microdermabrasion adalah proses menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit menggunakan alat pengelupasan kecil. Sejak stretch mark mempengaruhi lebih dari sekedar lapisan atas sel-sel, banyak yang tidak menemukan bahwa pengobatan membuat perbedaan yang signifikan.

Namun, sebagian orang percaya bahwa microdermabrasion dapat membantu memudar penampilan merah stretch mark. Bicarakan dengan dokter kulit Anda sebelum memilih dermabrasi.

Pertimbangkan terapi laser

Tidak ada penelitian konklusif yang menunjukkan bahwa terapi laser bekerja untuk menghilangkan stretch mark, tapi banyak wanita mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebuah laser ultraviolet berenergi tinggi digunakan untuk menghilangkan lapisan tipis kulit di sekitar stretch mark. Setelah perawatan, kulit diperbarui dan stretch mark memudar. Proses penyembuhan setelah terapi laser biasanya berlangsung sekitar satu minggu.

Melindungi stretch mark dari matahari

Stretch mark biasanya memudar dari merah tua ke warna perak pucat dari waktu ke waktu. Anda dapat membantunya memudar lebih cepat dengan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar matahari dapat melemahkan kulit dan menyebabkan stretch mark tampak lebih buruk. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap kali Anda terkena matahari.

Jaga kulit tetap lembab

Menjaga kulit Anda lembap tidak akan langsung memudarkan stretch mark, tetapi dapat membantu kulit Anda tetap sehat dan lentur. Kulit yang kering cenderung kehilangan elastisitas, yang dapat membuat stretch mark dan noda lainnya menonjol.

Tetap terhidrasi

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, kulit Anda cenderung untuk menunjukkan keriput dengan lebih mudah. Hal yang sama berlaku untuk stretch mark. Minum air ketika Anda merasa haus. Ganti minuman beralkohol dan berkafein dengan air.

Berhenti merokok

Asap rokok memburuk kulit. Untuk menjaga kulit Anda tampak muda dan sehat, ambil langkah-langkah untuk berhenti merokok sesegera mungkin.

Gunakan makeup

Jika Anda ingin menyembunyikan sementara stretch mark, Anda dapat menggunakan make up yang sama yang Anda gunakan untuk menyembunyikan noda pada wajah Anda. Ini bisa diterapkan untuk stretch mark yang ada di bagian tubuh Anda yang tidak akan terkena gesekan pakaian. Pilih foundation dalam warna yang sama dengan warna kulit Anda. Oleskan lapisan foundation di atas stretch mark dan kulit di sekitarnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *