Tips Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki kulit yang sempurna tentu menjadi dambaan setiap wanita. Tetapi sayangnya, tidak semua wanita itu memiliki kulit sesuai keinginannya. Ada yang berjerawat, memiliki flek hitam, garis-garis halus, dan warna kulit yang tidak merata kadang dapat mengurangi rasa percaya diri. Nah, semakin bertambahnya waktu, produk-produk kecantikan sudah mulai banyak mencoba untuk menciptakan produk baru mereka untuk membantu wanita dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh wajahnya. Salah satunya adalah, foundation.

Tapi jangan salah, memilih foundation pun juga harus berhati-hati. Karena mau bagaimanapun juga, foundation adalah salah satu bentuk dari kosmetik yang tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jangan sampai foundation yang kita pilih malah tidak cocok dan merusak kulit wajah.

Maka dari itu, sebelum memilih foundation, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang kita miliki dan memilih foundation yang sesuai.

1. Foundation untuk Kulit Normal

Sheer Foundation

Sheer foundation sangat mudah untuk diaplikasikan ke wajah karena kandungan silikon yang terletak di dalamnya. Jenis foundation ini akan membuat kulit menjadi tampak lebih segar tanpa terlihat berminyak. Saat digunakan, alas bedak ini juga akan terlihat menyatu pada kulit sehingga tidak akan terlihat bahwa kita sedang menggunaan make up.

Stick Foundation

Seperti namanya, stick foundation memang berbentuk seperti tongkat kecil yang mudah untuk dibawa kemana saja. Selain mudah untuk dibawa, jenis juga paling banyak diminati karena dapat menyamarkan jerawat dan flek hitam. Namun karena teksturnya yang berat, sebaiknya jangan sering-sering digunakan karena justru malah bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Jadi sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan ini untuk make up sehari-hari.

2. Foundation untuk Kulit Kering

Oil-based Foundation

Nah, untuk kulit yang kering, jenis foundation ini justru akan membuat kulit kamu menjadi lebih lembab karena kandungan minyak yang ada di dalamnya. Selain dapat melembabkan kulit, ini juga akan membuat hasil riasan kamu menjadi lebih maksimal tetapi tetap terlihat ringan.

Cream Foundation

Alas bedak ini berbentuk seperti krim yang juga sangat cocok digunakan bagi kalian yang memiliki kulit kering. Kandungan pelembab di dalamnya membuat kulit kamu menjadi terlihat lebih sehat dan segar. Selain itu, cream foundation juga dapat digunakan untuk menyamarkan garis-garis halus pada wajah, jerawat, hingga flek hitam.

Tetapi kekurangannya, jenis foundation ini akan membuat riasan kamu menjadi lebih berat sehingga lebih cocok untuk digunakan pada acara-acara formal. Untuk penampilan sehari-hari, oil-based foundation bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Mousse Foundation

Sesuai dengan namanya, jenis foundation ini memiliki tekstur yang halus dan lembut layaknya seperti busa. Pada dasarnya alas bedak ini cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit, tetapi jauh lebih cocok untuk digunakan pada jenis kulit kering. Kandungan air yang tinggi dapat membantu untuk menjaga kelembapan kulit lebih terjaga.

Mousse foundation akan membuat hasil riasan kamu menjadi lebih natural dan lebih muda karena tidak menimbulkan gumpalan disekitar kulit yang sudah mulai berkerut.

3. Foundation untuk Kulit Berminyak

Matte Foundation

Alas bedak ini memang di rancang khusus untuk jenis kulit yang berminyak.Tetapi harus diingat bahwa kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Karena jika digunaan secara berlebihan, maka akan membuat riasan menjadi lebih berat dan tidak natural.Cukup aplikasikan tipis-tipis saja.

Powder Foundation

Powder foundation adalah gabungan dari alas bedak dan bedak tabur yang digabungkan menjadi satu dalam wadah yang sama. Karena teksturnya yang mirip dengan bedak, maka hasilnya akan membuat make up di wajah menjadi lebih natural dan ringan. Penggunaannya pun juga sangat mudah dan cepat sehingga akan cocok digunakan bagi kalian yang aktif dan memiliki banyak kegiatan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *