Tips Menghilangkan Kantung Mata dengan Minyak Zaitun

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kantung mata atau dikenal dengan istilah “mata panda” merupakan kondisi munculnya lingkar hitam pada area kulit di bawah mata. Pada umumnya, kantung mata diderita oleh seseorang yang berusia paruh baya. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, tak jarang pula para remaja yang mengalami tanda-tanda munculnya kantung mata. Tentu saja hal ini diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi kebanyakan orang -khususnya kaum wanita-, munculnya kantung mata akan sangat menganggu penampilan. Pasalnya, kantung mata ini dapat mempengaruhi wajah seseorang menjadi terlihat lebih tua, lelah, dan kusam. Berbagai macam produk untuk mengatasi kantung mata pun telah banyak beredar di pasaran. Namun sayangnya, tak banyak yang memberikan perubahan signifikan.

Oleh karena itu, dewasa ini banyak orang yang memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi munculnya kantung mata. Beberapa bahan alami yang sering digunakan, seperti mentimun, kentang, dan kantong teh celup. Selain bahan-bahan tersebut, minyak zaitun juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan kantung mata.

Nah, sebelum kita membahas lebih detail mengenai cara mengatasi kantung mata, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya kantung mata.

Bagaimana kantung mata dapat muncul?

Area kulit di bawah mata atau kelopak mata merupakan bagian kulit yang tipis dan sangat sensitif. Selain itu, kulit bawah mata juga mengandung banyak pembuluh darah. Oleh karena itu, sangat mudah terjadi penumpukan cairan dan penipisan lapisan kolagen di bagian bawah mata yang pada akhinya menyebabkan munculnya kantung mata.

Beberapa hal yang memicu timbulnya kantung mata antara lain adalah terlalu sering mengonsumsi makanan asin, sering begadang, penggunaan kosmetik, paparan sinar matahari, kekurangan zat besi, dehidrasi, faktor usia, serta faktor keturunan.

Tips Mengatasi Kantung Mata Secara Alami dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang telah lama dikenal (sejak zaman mesir kuno) mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, kesehatan rambut, serta kecantikan kulit. Beberapa kandungan di dalam minyak zaitun adalah zat besi, omega 3, kalsium, polifenol, squalene, kalium, serta vitamin (A, B, C, D, E dan K).

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat memperkencang kulit, mencegah keriput di area bawah mata, serta mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin K mampu memproduksi kolagen sehingga dapat mencegah penipisan kulit di area bawah mata, serta mengurangi lingkar hitam di bawah mata.

Penggunaan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kantung Mata

Penggunaan minyak zaitun untuk menghilangkan kantung mata harus dilakukan secara rutin, setiap hari sebelum tidur malam. Caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah dengan sabun untuk menghindari adanya kotoran yang menyumbat pori-pori
  • Cuci tangan anda hingga bersih
  • Oleskan secara perlahan minyak zaitun di area kulit bawah mata
  • Diamkan semalaman hingga pagi agar khasiat minyak zaitun dapat meresap ke dalam kulit
  • Keesokan paginya, bilas dengan air dengan bersih
  • Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kantung mata akan memudar secara perlahan.

Selain melakukan perawatan dengan minyak zaitun, anda juga harus melakukan pola hidup yang sehat seperti sering mengonsumsi air putih (minimal 2 Liter sehari), berhenti merokok, menghindari tidur larut malam, dan jangan menggosok-gosok area kulit bawah mata terlalu sering.

Demikian tips menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun. Semoga bermanfaat.

(photo: kertasvanilla.com)

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Tips Menghilangkan Kantung Mata dengan Minyak Zaitun

  1. minyak kelapa dapat digunakan untuk mengatasi lingkar hitam di bawah mata, karena minyak kelapa mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati.
    Sedangkan minyak zaitun mempunyai kandungan vitamin yang lebih lengkap, seperti vitamin C dan K yang mampu mencerahkan dan memproduksi kolagen.

    apabila mengoleskan pada kantung mata, pijat dengan perlahan. Karena kulit di area mata sangat tipis dan apabila ada pembuluh darah yang pecah, maka kulit akan semakin hitam.
    kolagen berguna menjaga kelembaban kulit, mengatasi keriput dan kulit kendur di area mata.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *