11 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Komedo dapat muncul pada setiap bagian dari tubuh Anda dan membuat Anda menjadi sangat frustasi untuk menanganinya. Jika Anda mencari cara untuk menghilangkan komedo, cobalah beberapa perawatan alami yang diulas berikut ini untuk membersihkan kulit Anda dan menghentikan pembentukan bintik-bintik gelap tersebut. Dengan beberapa penyesuaian yang sangat mudah untuk perawatan kulit Anda, Anda dapat memiliki kulit bersih yang selalu Anda inginkan.

Gunakan madu dan kayu manis

Madu adalah antibiotik alami dan bekerja untuk menarik keluar kotoran dari pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok makan madu dengan ½ sendok teh kayu manis dan gunakan jari untuk mengoleskannya ke kulit. Gosok dengan gerakan melingkar selama tiga menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Cobalah masker putih telur

Putih telur membantu untuk mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat, serta membuat kulit lebih halus dan lebih cerah. Pisahkan kuning dari dua butir telur dan oleskan tipis di wajah Anda. Biarkan selama dua menit agar olesan tersebut kering, dan kemudian tambahkan putih telur yang tersisa di lapisan kedua.

Biarkan selama 10-15 menit agar masker jadi kering, atau sampai putih telur terasa halus saat disentuh dan kulit Anda terasa kencang. Gunakan air hangat untuk membilas lapisan putih telur dari wajah Anda.

Membuat masker tanah liat

Ada banyak jenis tanah liat khusus kosmetik yang tersedia untuk Anda beli dalam bentuk bubuk, masing-masing dengan kemampuan khusus misalnya untuk membersihkan pori-pori yang berminyak dan menghilangkan residu yang tidak diinginkan.

Campurkan satu sendok makan bubuk tanah liat dengan cuka sari apel yang cukup untuk membuat pasta, dan oleskan di wajah Anda. Diamkan selama 10-15 menit sampai kering saat disentuh, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Bersihkan dengan oatmeal dan yogurt

Asam laktat dalam yogurt dan kemampuan menenangkan dari campuran oatmeal dapat Anda gunakan untuk membuat formula untuk melawan komedo. Buatlah pasta dari tiga sendok makan yoghurt, dua sendok makan oatmeal, dan beberapa tetes jus lemon dan minyak zaitun. Campur hingga rata degan menggunakan jari dan oleskan pada kulit Anda. Biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Gunakan pasta dari fenugreek

Fenugreek atau klabet merupakan tanaman herbal yang terkenal untuk bumbu masakan Asia Selatan. Anda dapat menggunakannya dengan mencampurnya dengan air untuk membentuk pasta. Selain memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, fenugreek juga dapat dimanfaatkan untuk menghapus komedo. Oleskan pasta ini di wajah Anda dan biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas.

Coba kunyit dan jus mint

Kedua bumbu tersebut mungkin telah Anda miliki di lemari dapur, kunyit dan mint membantu untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan kotor. Buat minuman jus mint dan biarkan dingin. Kemudian, campurkan dua sendok makan jus mint dengan satu sendok makan bubuk kunyit dan terapkan ke wajah Anda. Biarkan selama sepuluh menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Solusi pembersihan dengan garam epsom

Garam Epsom yang dicampur dengan yodium dapat membentuk anti bakteri yang sempurna untuk menghilangkan komedo. Campurkan satu sendok makan garam epsom dengan air panas dan beberapa tetes yodium. Biarkan campuran ini, aduk sesekali untuk melarutkan garam sepenuhnya ke dalam air panas. Kemudian, gunakan sedikit kapas untuk menyeka campuran ini ke kulit Anda. Lalu dengan lembut bilas campuran dengan air hangat bersih.

Coba lemon dan garam exfoliant

Kualitas memurnikan dari lemon dicampur dengan efek scrubbing garam ampuh digunakan untuk menghapus semua kotoran yang terpendam dalam pori-pori Anda. Campur jus lemon dengan satu sendok makan yogurt, satu sendok makan garam, dan sedikit madu. Gunakan ini untuk menggosok daerah komedo Anda selama 2-3 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Membuat scrub teh hijau

Teh hijau yang bagus untuk diminum, juga bagus untuk menyegarkan kulit Anda. Teh hijau bekerja sebagai scrub untuk menghilangkan kotoran dan berfungsi sebagai antioksidan yang sehat. Campur teh hijau dengan sedikit air dan gosok wajah Anda. Biarkan selama 2-3 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Campur tepung jagung dengan sabun wajah

Jagung digunakan sebagai exfoliant abrasif bila dikombinasikan dengan sabun wajah cair biasa. Campur satu sendok teh tepung jagung dengan sabun wajah favorit Anda dan gosok wajah dengan lembut dalam pola melingkar. Hati-hati untuk tidak menggosok terlalu kasar, karena hal ini secara tidak sengaja dapat merusak kulit Anda. Bilas sabun dan tepung jagung dengan air hangat.

Gunakan larutan susu dan pala

Asam laktat susu dikombinasikan dengan butiran pala dapat menghilangkan komedo dengan cepat dan dengan cara yang bebas rasa sakit. Campurkan satu sendok makan susu (terutama buttermilk) dengan pala secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan gosok dengan lembut untuk mengangkat kulit mati dan kotoran. Kemudian gunakan air hangat biasa untuk membilas kulit Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *