12 Makanan yang Membantu Menjaga Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Senyum ceria, kulit, kuku dan rambut bercahaya, dan sosok ramping dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Industri kecantikan menjual berbagai macam produk yang menjanjikan kecantikan abadi, namun tidak ada yang dapat membuat kecantikan Anda semakin terpancar selain pola makan dengan diet sehat.

Pilihan makanan yang sehat dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh akan membantu mempercantik tampilan luar Anda dan membuat Anda lebih sehat secara keseluruhan dari dalam. Simak uraian lengkap tentang ragam makanan yang akan membantu menjaga kecantikan wanita.

Minum teh hijau

Sebuah studi dari pria Jepang dilakukan pada efek teh hijau pada gusi. Minum setidaknya secangkir teh hijau sekali sehari menunjukkan efek untuk menangkal penyakit gusi. Ini karena teh hijau mengandung katekin antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Ingat bahwa teh hijau memiliki kafein, yang dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Minumlah teh hijau di pagi hari jika ternyata menimbulkan masalah sulit tidur bagi Anda.

Semakin banyak teh Anda minum, semakin banyak manfaat bagi peningkatan gusi Anda. Namun, sadari bahwa minum terlalu banyak teh hijau dapat memiliki efek samping, seperti menyebabkan ketidaknyamanan perut atau bahkan denyut jantung tidak teratur. Anda dapat menghindari beberapa masalah ini dengan minum teh dalam versi bebas kafein.

Hindari jus jeruk

Asam dalam jus jeruk dapat mendatangkan kerusakan pada gigi Anda, melunturkan enamel dari waktu ke waktu. Soda juga bisa menjadi masalah bagi enamel gigi Anda. Jika Anda masih ingin minum jus ini, coba gunakan sedotan dan kemudian berkumurlah setelah itu.

Pilih makanan dengan tekstur keras

Makanan yang sulit dipecah, seperti makanan renyah atau kenyal, akan meningkatkan air liur dalam mulut Anda. Air liur sangat penting untuk menjaga mulut Anda tetap sehat, karena mengurangi jumlah asam di mulut Anda yang dibuat oleh bakteri. Selain itu, jenis makanan renyah membantu menghilangkan plak dari gigi.

Cobalah makanan seperti wortel atau kacang. Namun, hindari makanan lengket seperti permen. Sifat lengket pada permen memungkinkan gula untuk bertahan di mulut lebih lama dan mendorong bakteri untuk menciptakan lebih banyak asam.

Anda juga harus mencoba untuk menghindari makanan ringan seperti keripik kentang dan kue, yang dapat menjadi lebih buruk bagi gigi Anda karena mereka dapat bertahan untuk lebih lama lagi.

Makan cheddar sebagai penutup

Makan sedikit keju keras, seperti cheddar setelah makan malam dapat membantu mengurangi asam dalam mulut Anda. Keju juga memiliki protein yang disebut kasein, protein itu bersama dengan kalsium dan fosfat keju juga membantu melindungi gigi Anda terhadap gigi berlubang.

Keju juga meningkatkan aliran air liur, membantu untuk membasuh asam dan gula. Keju keras lainnya termasuk Parmesan, Colby, dan Gouda.

Minum air

Air dapat membantu membersihkan bakteri dan asam yang mengganggu gigi Anda. Cobalah minum air putih setelah setiap makan.

Makan buah dan sayuran berwarna orange dan kuning

Buah-buahan dan sayuran dalam dua warna pada khususnya dapat membantu menjaga kulit Anda yang indah. Coba paprika oranye dan kuning, wortel, aprikot, ubi jalar, dan labu kuning, misalnya yang tinggi antioksidan dan melindungi Anda terhadap efek penuaan.

Tomat dan blueberry, meskipun tidak oranye atau kuning, juga tinggi antioksidan. Beberapa makanan ini, seperti wortel dan ubi jalar, juga mengandung vitamin A, yang juga dapat menjaga kulit Anda sehat dan indah. Sumber lain vitamin A termasuk daging tanpa lemak dan produk susu.

Makan sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, brokoli, bayam, atau sawi hijau, harus menjadi bagian wajib dari diet Anda. Sayuran bagus untuk kulit Anda, mengingat jumlah antioksidan yang dikandungnya.

Sayuran juga mengandung kadar tinggi vitamin A untuk membantu menjaga kulit Anda sehat, serta folat, salah satu vitamin B yang penting untuk menjaga kulit Anda sehat.

Pilih stroberi untuk diet

Stroberi kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, dan juga membantu membangun kolagen, mengurangi keriput pada kulit Anda.

Cobalah makan 1/2 cangkir sehari, yang menyediakan setengah dari kebutuhan harian vitamin yang diperlukan. Buah-buahan lainnya yang tinggi vitamin C termasuk buah jeruk, dan lemon, serta kiwi, mangga, melon, dan semangka.

Tambahkan minyak zaitun dan lemak sehat lainnya

Lemak sehat, seperti lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, dapat membantu menjaga kulit Anda tampak lebih muda dan lebih kenyal. Selain itu, mereka sangat penting untuk membantu tubuh Anda mengambil nutrisi lainnya, seperti vitamin A dan E, yang membantu menjaga kulit Anda sehat.

Beberapa lemak sehat termasuk minyak jagung, minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari. Cobalah memasak dengan minyak ini atau menambahkannya ke salad dressing. Jika Anda lebih memilih untuk makan lemak dalam bentuk padat, cobalah makan ikan berlemak seperti salmon atau kacang-kacangan dan biji-bijian.

Coba edamame sebagai camilan

Edamame adalah camilan sehat kaya protein. Selain itu, isoflavon di dalamnya diperkirakan untuk membantu produksi kolagen, menjaga kulit Anda tampak muda. Anda dapat menemukan edamame di toko grosir di bagian makanan beku.

Lindungi kulit Anda dari sinar UV dengan tomat dan apel

Apel mengandung quercetin, yang dapat membantu mencegah bagian berbahaya dari sinar matahari yang menyebabkan kanker kulit.

Tomat memiliki likopen, yang telah terbukti meningkatkan perlindungan kulit Anda dari sinar matahari, terutama jika Anda memakannya dalam bentuk dimasak terkonsentrasi, seperti pasta tomat. Ingat, masih penting untuk memakai tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Cobalah makan alpukat saat makan siang

Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu Anda mencegah kelaparan. Akibatnya, Anda tidak akan memilih camilan di sore hari.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “12 Makanan yang Membantu Menjaga Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *