6 Tips Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ketombe adalah suatu pengelupasan atau penumpukan sel-sel kulit mati yang sering kali terjadi pada kulit kepala. Pengelupasan ini memang terkadang tidak mengganggu jika terjadi dalam jumlah kecil dan masih tergolong normal. Lapisan epidermis terus menggantikan dirinya sendiri, kemudian sel didorong keluar dan pada akhirnya mati yang kemudian terjadilah pengelupasan. Biasanya frekuensi normal terjadi pada satu bulan sekali.

Namun tidak jarang pula ketombe ini membuat kita menjadi jengkel. Walaupun hal ini tergolong biasa, tetapi dengan adanya ketombe dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri dan bahkan dapat mengganggu penampilan pula. Seperti khawatir mengenakan baju berwarna gelap karena takut ketombe akan jatuh dan terlihat di baju.

Selain itu ketombe ternyata juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada kulit kepala dan membuat kita menjadi tidak tenang karena rasa gatal yang kita rasakan pada kulit kepala.

Nah, jika kalian merasa risih dengan adanya ketombe, di bawah ada beberapa tips bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan cara alami tanpa menimbulkan efek samping. Dan tentu saja bahan-bahan yang digunakan dapat kalian temukan dengan mudahnya di dapur dan melakukannya sendiri di rumah. Yuk kita simak tips-tips berikut ini.

1. Jeruk Nipis

Campurkan 100 ml air jeruk nipis, 100 ml air perasan buah nanas, dan 100 ml air santan. Kemudian aduk ketiganya hingga rata. Hasil yang telah dicampurkan tersebut dibasuhkan ke rambut hingga kulit kepala menjadi basah secara merata. Kemudian bilas rambut dengan shampoo. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu.

2. Daun Pandan

Ambil daun sebanyak 5 sampai 7 lembar, dan cucilah hingga bersih. Tumbuk atau gerus daun pandan hingga halus dan campurkan dengan setengah gelas air. Kemudian peraslah. Siramkan air hasil perasan tersebut pada kulit kepala hingga merata. Diamkan selama setengah jam, lalu bilaslah hingga bersih.

3. Jus Apel

Buatlah jus apel dengan menggunakan kurang lebih 3 buah apel. Kemudian campurkan ekstrak apel dengan air hangat secukupnya, lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk keramas dan diamkan selama 15 menit sebelum bilas kembali.

4. Kangkung

Kangkung yang selama ini kita konsumsi ternyata juga dapat berfungsi sebagai penghilang ketombe lho. Caranya dengan rebus 2 ikat kangkung dengan 2 gelas air hangat. Tunggu sampai mendidih dan buang airnya setengahnya saja. Setelah dingin, remaslah rebusan kangkung tersebut hingga keluar sari-sari nya.

Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu gunakan air rebusan kangkung tersebut untuk membasuh rambut. Bersihkan rambut dengan shampoo dan bilaslah dengan air hangat.

5. Minyak Almond

Oleskan minyak almond pada kulit kepala sambil di pijat-pijat dengan lembut. Celupkan rambut kedalam air hangat dan bungkus dengan handuk selama setengah jam. Kemudian bilaslah dengan air hingga bersih.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata dapat berfungsi sebagai bahan yang dapat menjaga tingkat kesamaan kulit kepala dan menghilangkan jamur penyebab munculnya ketombe di kulit kepala.

Caranya yaitu dengan hanya mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala secukupnya dan pijat-pijatlah kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 30 menit dan lakukan keramas seperti biasa. Selain itu jika kalian ingin rambut menjadi lebih halus dan lembut, kalian juga bisa aplikasikan minyak zaitun pada helai rambut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *