Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B2

Loading...

Vitamin B2 atau Riboflavin adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air dan tidak dapat disimpan oleh tubuh, karena itu setiap orang wajib untuk mendapatkan asupan vitamin B2 setiap harinya.

Roboflavin memilik peran penting dalam memproduksi energi serta sebagai tambahan nutrisi penting dalam makanan anda.

Peran Riboflavin atau vitamin B2 dalam memproduksi energi adalah membantu mengubah karbohidrat menjadi gula yang nantinya akan digunakan sebagai energi untuk fungsi kerja tubuh.

Riboflavin ini memiliki peran aktif sebagai media perantara elektron yang memproduksi energi bagi sel tubuh.

Vitamin ini juga membantu dalam pemrosesan asam amino dan lemak. Vitamin B2 dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk memperlambat proses penuaan.

Kekurangan Vitamin B2

Kekurangan vitamin B2 atau Riboflavin dapat menghambat kerja metabolisme karbohidrat, lemak dan protein karena mineral-mineral tersebut membutuhkan bantuan Vitamin B2 agar dapat digunakan oleh tubuh.

Beberapa gejala yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin B2 adalah mata merah, sangat sensitif terhadap cahaya, rasa panas pada mata, bibir kering, radang pada mulut dan tenggorokan. Gejala lain yang mungkin timbul adalah rambut berminyak, kuku pecah dan keriput yang muncul secara prematur.

Kekurangan Riboflavin juga dapat menyebabkan gangguan fungsi pada kelenjar adrenal yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti anemia, sindrom kelelalahan yang kronis serta katarak.

Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B2 sering kali dipandankan sebagai kulit yang terluka, terutama pada daerah lidah dan sekitar mulut. Jika tidak ditindaklanjuti, luka ini akan menyebabkan pembengkakan pada lidah, seborrheic dermatitis bahkan gangguan pada sistem kerja syaraf.

Ketombe, tekanan darah rendah, sariawan pada bibir dan ujung mulut, pusing, rambut rontok, susah tidur, gangguan pencernaan serta respon yang lambat adalah beberapa gejala lanjutan yang disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin B2.

Sumber Vitamin B2

Asupan vitamin B2 bisa didapatkan melalui berbagai macam bahan makanan disekitar kita walaupun dengan tingkat konsentrasi yang sangat kecil. Beberapa sumber riboflavin yang penting adalah berbagai produk olahan susu, ragi dan hati.

Beberapa sumber lain adalah tiram, daging tanpa lemak, jamur, brokoli, alpukat, salmon dan juga beberapa ikan yang berminyak seperti mackerel, belut dan hering memiliki kandungan riboflavin yang cukup besar.

Selain dari bahan yang disebutkan tersebut, telur, kerang, biji bunga matahari dan kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B2 yang baik pula.

Riboflavin atau vitamin B2 tidak akan hancur bila bahan makan tersebut dimasak terlalu matang seperti pada jenis vitamin yang lain, tetapi kandungan vitamin ini akan berkurang bila dipaparkan di bawah sinar yang sangat kuat dalam waktu lama atau terkena baking soda yang cukup banyak.

Manfaat Vitamin B2

Berikut adalah beberapa manfaat dari vitamin B2:

  1. Membantu produksi energi dalam tubuh manusia
    Vitamin ini memiliki peran penting dalam memberikan bantuan dalam  metabolisme atau pemrosesan lemak, karbohidrat dan protein di dalam tubuh.
  2. Mengatur pertumbuhan dan reproduksi
    Vitamin B2 juga memiliki manfaat untuk memastikan pertumbuhan serta perkembangan organ reproduksi dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, mata, membran mucous, sistem syaraf dan sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, vitamin B2 juga menjamin kesehatan kulit, kuku dan pertumbuhan rambut.
  3. Mengatur aktivitas kelenjar tiroid
  4. Mencegah jerawat
    Riboflavin dapat meningkatkan keluarnya lendir atau minyak pada kulit yang berimbas pada berkurangnya jumlah jerawat di wajah
  5. Meningkatkan kekebalan
    Riboflavin juga dapat bertindak untuk memperkuat antibodi dalam tubuh dengan memperkuat jaringan pertahanan kita terhadap bakteri penyakit yang berbahaya.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *