Khasiat Mulberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mulberry atau yang di Indonesia sering disebut sebagai Murbei/Arbei merupakan salah satu tanaman yang memiliki buah seperti anggur namun dengan ukuran kecil. Tanaman yang di Cina dikenal dengan nama Sangye ini memiliki rasa yang sangat asam saat muda dan manis saat ia berubah warna menjadi hitam keunguan.

Tanaman ini sangat identik dengan ulat sutra, terlebih di Negara Cina. Hal ini disebabkan karena ulat sutra perlu memakan daun Mulberry agar menghasilkan sutra yang baik. Sehingga tidak heran jika banyak petani sengaja membudidayakan tanaman ini untuk membudidayakan ulat sutra.

Di perkampungan, tanaman ini banyak ditemui di pekarangan rumah dan kebanyakan masyarakat hanya tau kalau buah ini hanya untuk dimakan. Padahal buah dan daun Mulberry juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan lho ladies.

Nah, daripada penasaran, ada baiknya kamu intip khasiat Mulberry untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini:

Untuk Kesehatan

Untuk kesehatan, bagian dari tanaman Mulberry yang sering digunakan yaitu bagian daunnya. Daun Mulberry ini mengandung beberapa zat untuk tubuh seperti Cholin, Ecdysterone, Inokosterone, Lupeol, Betasitosterol, Scopolin, Alfa, Eugenol, Adenine, Zinc, Asam Amino, Folat, beberapa jenis vitamin, dan berbagai kandungan lainnya.

Inilah yang membuat daun Mulberry baik untuk dijadikan sebagai obat alami. Beberapa penyakit yang bisa dikurangi dengan mengkonsumsi air rebusan daun Mulberry yaitu diabetes, darah tinggi, meningkatkan produksi ASI, meredakan batuk, mengurangi rasa sakit saat haid.

Tidak hanya sebatas daun, mengkonsumsi buah Mulberry juga dipercaya baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karna buah Mulberry kaya akan Antioksidan, Vitamin, C dan K, tinggi serat, Protein, Resveratol, Riboflavin, Kolin, Kalium, Flavanoid dan besi. Mengkonsumsi buah Mulberry secara teratur dan seimbang akan mempertajam penglihatan, mengatasi insomnia, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membangun otot, dan mengurangi tingkat koresterol.

Untuk Kecantikan

Dalam hal kecantikan, buah Mulberry dikenal berkhasiat untuk mempercantik kulit. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, buah ini mengandung vitamin C dan kaya antioksidan. Nah, dua zat inilah yang sangat baik bagi kecantikan kulit.

Antioksidan yang terdapat dalam buah Mulberry dapat menyamarkan bintik-bintik noda gelap di wajah. Mulberry juga ikut membuat kulitmu tanpak lebih cerah bersinar, kencang, dan lembab. Mulberry dapat mengurangi produksi melanin, sehingga ia bisa mengurangi bekas jerawat.

Bagi kamu yang takut gemuk tidak perlu khawatir pasalnya buah ini kaya akan serat dan rendah kalori yang justru akan membantu program dietmu, bukannya membuatmu semakin gemuk.

***

Sungguh menarik bukan?

Untuk itu, ada baiknya kamu tidak membiarkan Mulberry begitu saja membusuk dalam lemari es ya. Mendapatkan khasiat Mulberry bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buahnya langsung, menjadikannya jus, ataupun menjadikan daun Mulberry sebagai teh. Beberapa produk kecantikan kulit juga sudah banyak yang mengandung ekstrak buah Mulberry ini.

Nah, kamu tinggal mengoleskan krim atau lotion tersebut pada kulit. Biasanya buah Mulberry ini aman bagi jenis kulit kering ataupun sensitive sepanjang digunakan dalam pemakaian yang wajar. Selain itu, pilihlah produk kecantikan yang aman dan nyaman digunakan ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *