Kiat Mencegah Dan Mengatasi Rambut Kusut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut panjang dan indah menjadi dambaan bagi sebagian wanita. Sayangnya, wanita sering dihadapkan pada masalah rambut kusut saat rambut mereka mulai panjang. Hal ini tidak hanya membuat kita kesal, namun banyak dampak buruk rambut kusut terhadap keindahan dan kesehatan rambut itu sendiri.

Rambut kusut bisa membuat rambut menjadi bercabang, rapuh, dan mudah rontok. Apalagi jika dalam keadaan kusut tersebut kamu paksa untuk menyisirnya. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka rambutmu bisa menipis karena sering rontok dan patah.

Inilah yang menjadi alasan kenapa kamu perlu menjaga rambut panjangmu agar tetap lurus tanpa kusut. Agar kamu tidak pusing bagaimana cara mencegah ataupun mengatasi rambut kusut, maka ada baiknya kamu intip beberapa poin berikut ya ladies.

Rutin Menyisir dan Keramas

Hal utama yang perlu kamu lakukan untuk mencegah rambut kusut yaitu dengan rutin menyisir dan juga keramas. Kegiatan yang padat seringkali membuat rambutmu berantakan yang pada akhirnya memicu terjadinya rambut kusut. Karena itu, setidaknya dua kali sehari kamu perlu menyisir rambut dengan rapi agar rambut tetap rapi dan lurus terutama setelah bangun tidur.

Percayalah, sehari saja kamu tidak pernah menyisir rambut, maka rambutmu akan mulai kusut dan berantakan. Selain itu, ada baiknya kamu juga rutin keramas agar rambut tetap lembut. Pasalnya, rambut kering dan kotor juga akan memicu terjadinya rambut kusut.

Memakai Topi Saat Tidur

Masih dalam upaya pencegahan, memakai topi saat tidur juga bisa meminimalisir kekusutan pada rambut. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyisir rambut, menggulungnya, kemudian baru kenakan topi tidur.

Cara ini tergolong efektif karena rambut tidak berantakan kemana-mana saat tidur selayaknya tidak memakai topi. Hanya saja, ada baiknya memilih topi yang lembut dan nyaman agar tidurmu tidak tertanggu ya.

Rutin Melepas Ikat rambut

Ikat rambut memiliki fungsi untuk merapikan rambut dan sekaligus sebagai aksesoris yang membuat penampilanmu lebih menarik. Hanya saja, ada baiknya lepas ikat rambut saat selesai beraktifitas atau sebelum tidur.

Pasalnya, jika rambut dibiarkan terus-menerus dalam keadaan terikat, maka rambut akan menjadi kusut dan sulit dirapikan apalagi jika cara mengikat rambutnya agak ribet. Masih masalah ikat rambut, ada baiknya tidak mengikat rambut saat kondisi rambut masih basah atau lembab ya ladies. Karena hal ini juga memicu rambut kusut.

Gunakan Detangling Spray

Kita masuk dalam tahap mengatasi rambut rontok. Jika rambutmu terlanjur rontok, maka jangan langsung menyisirnya secara paksa. Rambut kusut bila di sisir paksa justru akan menjadi patah dan rontok.

Untuk itu, kamu memerlukan detangling spray yang berguna agar rambut kusut menjadi lebih mudah terurai. Nah, setelah menyemprotkan detangling spray ini, maka kamu sudah bisa menyisirnya dengan pelan-pelan hingga rambut kusut perlahan terurai.

Menggunakan Kondisioner

Selain menggunakan detangling spray, kamu juga bisa memanfaatkan kondisioner. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, rambut yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab rambut kusut. Untuk itu, semprotkan kondisioner spray pada rambut agar rambut kering menjadi lebih lembab. Pada kondisi ini, kamu akan lebih mudah mengatasi rambut kusut.

***

Itu dia beberapa upaya pencegahan serta upaya mengatasi rambut kusut. Nah, jika upaya pencegahan tersebut sudah kamu lakukan, maka kamu bisa bersenang hati tanpa kesal dengan rambut panjangmu. Dan jikapun rambutmu kusut tanpa kamu sadari, maka kamu bisa melakukan dua cara terakhir di atas ya.

Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *