6 Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Mewarnai Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mewarnai rambut merupakan salah satu alternatif seseorang dalam merubah penampilannya. Selain dapat merubah penampilan, mewarnai rambut juga dapat memberikan daya tarik tersendiri, khususnya bagi kalian yang ingin tampil beda dan mencolok dari yang lainnya. Contohnya seperti yang sering kita lihat di layar kaca, para selebriti yang sering kali merubah warna rambutnya menjadi warna-warna yang cerah dan mencolok.

Namun harus kalian ketahui bahwa mewarnai rambut itu tidak boleh asal-asalan karena sebenarnya ada teknik khusus dalam mewarnai rambut. Jika kalian melakukannya dengan sembarangan, maka hasilnya bisa menjadi tidak maksimal dan tidak memuaskan pula. Dan bisa juga membuat rambut menjadi rusak dan tidak indah.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, kalian perlu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil rambut menjadi memuaskan dan membuat kita menjadi percaya diri. Jadi, apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan dan diketahui sebelum mewarnai rambut?

1. Cari tahu terlebih dahulu warna yang cocok

Sebelum mewarnai rambut, kalian perlu mencari referensi dari internet atau pendapat dari orang-orang terdekat mengenai warna apa yang cocok untuk kulit kalian. Jangan sampai warna yang kalian pilih tidak selaras dengan warna kulit dan akan malah membuat penampilan menjadi aneh.

2. Rawatlah rambut secara rutin dan teratur

Pewarna rambut itu mengandung zat kimia yang ada kemungkinan dapat merusak keindahan rambut jika tidak dirawat dengan baik. Nah, jika kalian sudah memutuskan untuk mewarnai rambut, tentu kalian harus siap pula dengan konsekuensinya, yaitu harus merawat rambut dengan tertatur agar rambut tidak menjadi rusak. Minimal perawatan rambut dapat dilakukan paling tidak sebulan atau seminggu sebelum rambut di warnai.

Selain itu gunakan pula conditioner dan masker rambut setelah rambut diwarnai. Sebaiknya jangan berkeramas atau melakukan perawatan sehari sebelum rambut diwarnai agar warna dapat dengan mudah menempel di rambut.

3. Lebihkan cat rambut

Sebelum mewarnai rambut, pastikan terlebih dahulu bahwa cat yang kamu pilih itu tidak kekurangan. Terlebih lagi jika memiliki rambut panjang. Rambut panjang membutuhkan lebih banyak cat. Untuk menghindari terjadinya kekurangan cat, kalian dapat meminta bantuan salon langganan untuk melakukan pengecatan tersebut agar bisa diketahui lebih jelas.

4. Tes Alergi

Ini adalah hal terpenting yang perlu diketahui sebelum mengecat rambut, yakni  mengetahui bahwa kulit kepala tidak rentan oleh alergi. Kamu bisa melakukan tes dengan mencoba mengecat rambut selama kurang lebih 10 hingga 20 menit untuk mengetahui apakah kulit kepalamu terkena alergi apa tidak. Apabila tidak ada tanda-tanda munculnya iritasi, maka kamu bisa melanjutkan proses pewarnaan tersebut.

5. Membeli shampoo khusus rambut berwarna

Setelah mengecat rambut, sebaiknya kamu juga sudah siap dengan shampoo, conditioner, serta masker rambut yang cocok untuk rambut dan agar warna tidak mudah pudar dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

6. Pilih formula yang tepat

Perempuan dengan rambut tebal atau ikal sebaiknya menggunakan cat rambut berbentuk gel atau cair yang biasanya lebih mudah untuk didistribusikan ke seluruh permukaan rambut. Dan jika kamu memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya gunakanlah pewarna dengan berbentuk foam yang tidak akan menetes ke wajah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *