6 Bahan Alami untuk Menjaga Kecantikan Kuku

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kuku merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi jaringan pada jari-jari kaki dan jari-jari tangan. Kuku terdiri dari lapisan protein keras yang disebut keratin, yang juga terdapat pada rambut dan kulit. Kesehatan kuku Anda dapat menjadi tolak ukur kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kuku yang sehat biasanya halus dan memiliki warna yang konsisten. Perubahan warna kuku dan perubahan tingkat pertumbuhan dapat menjadi tanda dari masalah pada paru-paru, jantung, ginjal, dan penyakit hati, serta diabetes dan anemia, selain itu perubahan warna pada kuku juga diakibatkan penggunaan berlebihan produk pewarna kuku.

Masalah kuku yang memerlukan pengobatan di antaranya infeksi bakteri dan jamur, kuku yang tumbuh ke dalam, tumor dan kutil. Jaga kuku Anda tetap bersih, kering, dan terpotong dengan baik, sehingga dapat membantu Anda menghindari beberapa masalah yang mungkin menyerang kuku Anda. Selain itu kuku yang sehat juga akan mendukung kecantikan Anda dari luar secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tips alami yang yang dapat coba untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku Anda.

1. Zaitun

Ekstrak daun zaitun dikenal sebagai bahan yang mencegah dan mematikan jamur yang tumbuh pada kuku. Ekstrak daun zaitun juga berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-virus, dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Anda dapat mengkonsumsi ekstrak daun zaitun dengan mudah melalui suplemen yang dapat Anda beli di toko herbal. Namun, perhatikan dosis yang diperlukan bagi tubuh Anda, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengkonsuminya setiap hari.

Jika Anda tidak mendapatkan suplemen ekstrak daun zaitun, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kuku Anda dari luar. Minyak zaitun adalah obat alami rumahan yang terbukti membuat kuku Anda lebih bersinar. Lakukan pijatan pada kuku Anda dengan minyak zaitun hangat untuk mengaplikasikannya. Anda juga dapat merendam kuku Anda dalam extra virgin olive oil selama 10 menit.

2. Minyak Kelapa

Asam kaprilat yang terkandung dalam minyak kelapa adalah salah satu asam lemak rantai menengah yang memiliki kemampuan untuk menembus dinding sel jamur penyebab masalah kuku. Tanpa lapisan pelindung ini, sel-sel jamur akan larut, dan akan menghancurkan infeksi.

Oleskan lapisan tipis minyak kelapa pada kuku Anda dan biarkan lima belas menit. Minyak kelapa sangat bagus untuk kesehatan kulit, sehingga tidak ada batas untuk seberapa sering Anda dapat menggunakan perawatan ini. Pastikan Anda tidak alergi terhadap kelapa sebelum menerapkan produk ini ke jaringan kuku Anda.

3. Minyak Lavender

Sifat anti-jamur dari minyak lavender menjadikannya obat yang efektif untuk kasus-kasus ringan pada kuku seperti jamur kuku. Oleskan beberapa tetes minyak lavender pada kuku setiap malam dan biarkan saat Anda tidur.

Jika Anda mengalami infeksi pada kuku, cara terbaik untuk melanjutkan pengobatan minyak lavender ini adalah dengan menggunakannya selama beberapa minggu setelah infeksi hilang.

4. Lemon

Lemon berfungsi menghilangkan noda kekuningan pada kuku yang terlalu sering diwarnai. Campurkan minyak zaitun hangat dengan beberapa tetes jus lemon segar. Celupkan kapas dalam campuran ini, letakkan kapas pada kuku Anda dan tutup dengan sepotong aluminium foil. Biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan kuku yang mengkilap dan sehat.

5. Minyak Teh (Tea Tree Oil)

Selain sebagai obat antiseptik dan fungisida, minyak teh adalah obat untuk infeksi jamur pada kuku. Sebelum menggunakannya, bersihkan kuku dengan alkohol lalu oleskan minyak teh murni langsung pada kuku dan biarkan sekitar sepuluh menit, kemudian dengan lembut gosok kuku dengan sikat gigi berbulu lembut.

Ulangi setiap hari dan Anda akan mendapatkan kuku yang bersinar sehat, sedangkan untuk kuku yang terinfeksi jamur, lanjutkan pengobatan minyak teh ini selama dua sampai tiga minggu setelah jamur menghilang untuk mencegah pertumbuhan jamur kembali.

6. Susu

Susu mengandung kalsium yang berfungsi baik untuk menjaga pertumbuhan kuku, selain itu susu dapat menguatkan kuku sehingga tidak akan mudah pecah atau patah. Anda dapat merendam kuku Anda dalam semangkuk susu hangat selama sekitar 15 menit.

Anda dapat mencoba mencampur susu dalam kuning telur untuk tambahan protein bagi kuku Anda. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk kuku yang kuat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *