12 Cara Tampil Cantik Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM  – Sejatinya, kecantikan tidak harus didapatkan dengan cara memoleskan berbagai macam kosmetik pada kulit wajah. Tampil cantik alami dapat diperoleh dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain itu, kepribadian yang ramah dan gemar tersenyum juga dapat menambah pesona kecantikan.

Nah, agar anda dapat cantik menawan tanpa harus bergantung pada make-up, langsung saja simak 12 cara tampil cantik alami, berikut ini:

Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan ikan dapat membantu kulit menjadi lebih sehat dan mencegah kulit kering. Batasi konsumsi makanan cepat saji seperti keripik kentang, pizza, hamburger, soft drink, kue-kue manis, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut cenderung mengandung kadar gula dan kolesterol yang tinggi, sehingga memicu terjadinya obesitas dan penyakit degeneratif.

Perbanyak konsumsi air putih

Air putih dapat memberikan perubahan yang signifikan pada kulit anda. Mengonsumsi air putih minimal 2 Liter sehari dapat mencegah munculnya keriput, kulit kering, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Air putih dapat membantu proses detoksifikasi (pembuangan racun) dari dalam tubuh, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.

Lakukan olahraga teratur

Melakukan olahraga secara rutin dapat membatu proses peremajaan kulit dan mengurangi garis-garis kerutan pada kulit. Anda dapat melakukan jenis olaharga push up, sit up, lari-lari kecil, bersepeda, atau yang lainnya. Lakukan olahraga setidaknya 30 hingga 60 menit sehari. Olahraga juga dapat membakar kalori serta mempertahankan berat badan ideal.

Tidur malam selama 8 jam

Pada saat tidur malam, kulit akan mengalami regenerasi (pergantian sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru). Oleh karena itu, tidur yang cukup dapat membuat seseorang terlihat lebih fresh dan sehat. Sedangkan seseorang yang sering begadang, maka cenderung lebih tampak tua dan kurus.

Lakukan perawatan eksfoliasi kulit secara alami

Eksfoliasi merupakan metode untuk pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah. Pada umumnya, sebagian besar orang melakukan proses eksfoliasi ini di salon kecantikan dengan menggunakan krim-krim khusus. Namun, terlalu sering melakukan eksfoliasi juga dapat menyebabkan kulit kering dan memicu munculnya jerawat.

Sebenarnya, eksfoliasi dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Caranya:

  • Cuci muka hingga bersih
  • Siapkan 2 sendok makan gula pasir dengan 2 sendok makan madu
  • Campur kedua bahan tersebut dalam mangkuk
  • Aduk-aduk hingga merata
  • Oleskan pada wajah hingga merata dengan dipijat-pijat
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hingga bersih

Menjaga kelembaban kulit

Menjaga kelembaban kulit sangatlah penting untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering dan bersisik. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Minyak zaitun juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin K. Khasiat lain dari minyak zaitun adalah mengurangi kerutan di area bawah mata, serta sebagai agen produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas atau kekencangan kulit wajah. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada wajah setiap menjelang tidur malam, lalu biarkan semalaman dan bersihkan dengan air keesokan paginya.

Minimalis dalam menggunakan make-up

Terlalu banyak make up dapat menutupi kecantikan alami. Apabila anda hendak berpergian, sebaiknya gunakan make up minimalis. Hindari penggunaan make up secara berlebihan, seperti menggunakan foundation dengan krim BB bersamaan.

Pada saat hari libur, cobalah untuk tidak menggunakan make-up seharian agar kulit dapat bernafas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan make-up sebelum tidur malam.

Gunakan tabir surya saat di luar ruangan

Paparan dari radiasi sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan lapisan dermis kulit, sehingga kulit akan mengalami hiperpigmentasi, kendur dan kusam. Oleh karena itu saat anda berada di luar ruangan, usahakan untuk selalu menggunakan tabir surya agar kulit anda terlindungi dari paparan sinar UV. Pililah tabir surya yang bebas minyak supaya tidak menutup pori-pori kulit.

Lakukan perawatan rambut

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Oleh karena itu, menjaga keindahan rambut sangat penting. Lakukan perawatan rambut dengan rutin keramas menggunakan sampo dan kondisioner yang berkualitas (lakukan keramas 3 kali seminggu). Selain itu, mencuci rambut dengan air hangat juga baik untuk mengatasi rambut yang berminyak.

Rutin menggosok gigi

Gigi yang putih dan sehat akan memperindah sebuah senyuman. Lakukanlah perawatan gigi dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Agar perawatan lebih optimal, anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga berakhasiat untuk mengilangkan asam dari sisa makanan yang dapat menjadi penyebab bau mulut. Anda dapat berkumur dengan air garam yang dilarutkan dalam air hangat selama 30 detik.

Gunakan pakaian yang sesuai dengan kepribadian anda

Ada pepatah mengatakan “ you are what you wear”, yang berarti apa yang kau kenakan akan menggambarkan kepribadianmu. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang membuat anda nyaman dan jangan selalu mengikuti gaya orang lain. Selain itu agar tampil lebih cantik, anda dapat menggunakan sedikit aksesoris agar terlihat lebih menarik dan modern.

Percaya diri

Terakhir, cobalah untuk bersikap percaya diri dengan menjadi apa adanya. Jangan pernah mengatakan bahwa diri anda jelek ataupun minder. Karena pada dasarnya, kecantikan itu bersifat relatif untuk tiap-tiap orang. Apabila anda percaya diri, maka inner beauty pun akan terpancar dan anda akan tampak cantik.

***

Demikian 12 cara tampil cantik alami. Semoga dapat bermanfaat.

(photo: wengre.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *