9 Makanan Penyebab Penuaan Dini

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Seiring bertambahnya usia, semua orang pasti akan menjadi tua. Namun bagaimana jika penuaan tersebut terjadi di usia dini? Tentu saja, anda tidak menginginkannya kan? Perlu anda ketahui, bahwa munculnya tanda-tanda penuaan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Beberapa makanan tertentu dapat menjadi pemicu terjadinya penuaan dini.

Nah, jika anda memang ingin terlihat awet muda, sebaiknya kenalilah beberapa makanan penyebab penuaan dini. Dengan mengetahui jenis makanan apa sajakah yang menjadi penyebab penuaan dini, maka anda dapat membatasi konsumsi makanan tersebut.

Dilansir dari Womandays, berikut 9 makanan penyebab penuaan dini:

Konsumsi makanan asin berlebihan

Sebuahh studi di American Association’s Daily mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi natrium (senyawa yang terdapat pada garam) sebanyak 1.500 mg perhari, maka dapat memicu kenaikan tekanan darah. Hal ini dapat mempengaruhi kerusakan lapisan kolagen pada kulit.

Selain itu, juga dapat menyebabkan timbulnya kerutan pada kulit. Terutama di bagian kulit yang tipis, seperti di bawah mata. Garam juga memicu munculnya kantung mata.

Konsumsi makanan manis berlebihan

Pengonsumsian makanan manis secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh. Tidak hanya menaikkan kadar gula dalam darah, tetapi juga mempercepat proses penuaan kulit.

Sebuah studi memaparkan jika pengonsumsian makanan manis berlebih menyebabkan terjadinya proses glikasi. Terjadinya proses glikasi di dalam tubuh ini dapat merusak kolagen kulit, dimana kolagen merupakan protein yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Apabila kolagen rusak, maka kulit akan mulai mengendur dan keriput.

Selain itu, terlalu banyak makanan manis juga menimbulkan penumpukan bakteri pada gigi. Sehingga menyebabkan pembusukan dan perubahan warna gigi. Sebagai saran, sebaiknya anda mengonsumsi gula alami yang berasal dari buah-buahan untuk tampil awet muda.

Konsumsi makanan pedas berlebihan

Makanan pedas baik untuk mempercepat proses metabolisme. Namun sayangnya, makanan pedas tidaklah baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan pedas berlebihan dapat memicu kulit kemerahan. Terlebih lagi pada wanita menopause, makanan pedas dapat menyebabkan kulit mengalami kerusakan.

Makanan yang mengandung asam lemak jenuh

Makanan yang mengandung tinggi asam lemak jenuh, seperti jenis makanan cepat saji (burger, pizza, keripik kentang) dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri. Hal ini menyebabkan elastisitas kulit menjadi berkurang, sehingga wajah akan tampak lebbih tua.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun yang kaya akan vitamin E. Sehingga mampu melindungi kulit dari efek radikal bebas.

Daging Merah

Daging merah telah terbukti mengandung banyak nutrisi untuk tubuh, seperti vitamin B12 yang bermanfaat untuk sel-sel darah merah dan kinerja otak. Namun, berdasarkan studi di Cleveland Clinic’s Wellness Institute, mengungkapkan bahwa mengonsumsi daging merah lebih dari 1 kali dalam seminggu menyebabkan munculnya tanda penuaan pada kulit, seperti keriput.

Selain itu, kandungan senyawa creatin yang berlimpah pada protein hewani memicu terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah. Hal ini menimbulkan gangguan pada organ tubuh.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman keras yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh. Mengonsumsi alcohol dapat menyebabkan sel-sel tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, kulit di sekitar mata akan menjadi kendur dan muncul garis-garis halus. Hal inilah yang membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya.

Soda

Mengonsumsi soda berlebihan tidak baik untuk kesehatan gigi dan kulit. Hal ini dikarenakan soda mengandung asam tinggi yang biasanya menempel pada lapisan enamel gigi. Sehingga gigi menjadi rentan mengalami pembusukan.

Di sisi lain, soda juga mengandung tinggi natrium yang mempengaruhi usia kulit wajah. Soda menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, sehingga kulit terlihat lebih kering. Selain itu, kandungan gula di dalam soda lebih banyak dibandingkan kandungan airnya. Hal ini dapat menyebabkan munculnya keriput pada kulit dan garis halus di sekitar mata.

Karbohidrat sederhana

Makanan karbohidrat sederhana, seperti roti putih dan pasta mempunyai indeks glikemik (ukuran makanan untuk diserap menjadi gula) yang tinggi. Makanan ini tidak hanya memicu kenaikan kolesterol, tetapi juga menyebabkan kerusakan lapisan kolagen kulit. Sehingga kulit kekurangan elastisitas.

Sebagai saran, sebaiknya perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, padi-padian, dan lain-lain. Makanan karbohidrat kompleks akan diserap menjadi glukosa dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga tidak akan berefek pada kerusakan kulit.

Kopi

Mengonsumsi kopi berlebihan tidak hanya merusak keindahan gigi, tetapi juga berefek buruk terhadap kulit. Apabila anda terlalu sering memngonsumsi kopi, maka memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh. Sehingga kulit menjadi lebih kering.

Selain itu, kopi juga menimbulkan kerutan-kerutan di sekitar mata, hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Sebagai saran, sebaiknya batasi konsumsi kafein berlebih dan untuk hidup lebih sehat, akan lebih baik jika anda mengganti konsumsi kopi dengan teh hijau yang kaya antioksidan.

***

Demikian 9 makanan penyebab penuaan dini. Anda tidak harus menghindari makanan-makann tersebut, melainkan cukup dengan membatasi konsumsinya. Semoga bermanfaat.

(Photo: detik.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *