6 Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu yang merusak kecantikan kulit kepala adalah kutu. Binatang parasit yang dikenal dengan nama pulex irritans dan human flea ini sangat menjengkelkan. Betapa tidak, binatang ini hidup dengan menghisap darah. Awalnya kecil kemudian semakin banyak darah yang dihisapnya, kutu semakin besar. Itulah sebabnya ketika kutu di tekan akan mengeluarkan darah.

Kutu rambut bagi orang kota mungkin masih asing tapi sebagian besar orang di desa kenal dengan kutu ini.  Rambut adalah asset manusia. Rambut yang tidak bersih menyebabkan turunnya kepercayaan diri terlebih kalau terlihat kotor karena melekatnya telur kutu rambut di setiap helainya.

Sudah jelas sekali, kutu rambut adalah musuh utama rambut selain ketombe dan rambut bercabang. Kutu ini termasuk sulit untuk membersihkannya karena berkembang begitu cepat. Untuk mengantisipasi agar rambut dan kepala tidak dikuasai kutu, sebaiknya ketahui penyebab munculnya kutu rambut berikut ini :

Pindahan dari kepala orang lain

Mungkin sebelumnya rambut kamu bebas tanpa kutu, kemudian secara tiba-tiba kamu berkutu. Sementara, selama ini kamu tidak pernah berkutu dengan semua aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Mungkin kepala kamu kedatangan kutu pindahan dari kepala orang lain.

Jika kamu duduk berdekatan atau tidur dengan orang yang berkutu, kutu tersebut sangat mudah berpindah. Oleh karena itu, sebaiknya memiliki barang sendiri dan tidak memakai alat-alat secara bersama. Perhatikan juga mungkin ada diantara teman dan keluarga yang terserang kutu. Beritahu mereka secepatnya akan kutu tersebut bisa diatasi.

Keramas yang tidak teratur

Rambut yang jarang dicuci juga akan menyebabkan bertumpuknya debu dan benda-benda kecil lainnya di kulit rambut. Keadaan rambut yang kotor dan penuh dengan debu inilah yang bisa mendorong munculnya kutu rambut. Biasanya anak-anak yang tidak suka keramas, rentan diserang kutu rambut.

Air yang tidak bersih

Selain keramas yang tidak teratur, kutu rambut juga bisa muncul disebabkan oleh tidak bersihnya air yang digunakan. Air yang tidak bersih seperti berlumpur, emmbawa sampah dan sebagainya bisa mengundang munculnya makhluk hidup di atas kulit kepala termasuk kutu dan bakteri. Rambut menjadi tempat bersarang dari makhluk tersebut.

Shampo yang tidak cocok

Shampo yang tidak sesuai sering memicu munculnya ketombe. Kulit kepala mengelupas dan menyebabkan gatal-gatal. Kadang ketombe juga sulit untuk di atasi. Untuk membersihkan ketombe dari atas kepala tidak bisa dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, bisa saja terjadi penumpukan ketombe di atas kepala sehingga membuka peluang tumbuhnya kutu.

Lingkungan yang kurang bersih

Sebagian orang tidak terlalu memperhatikan lingkungan di tempat mereka bekerja dan tidur. Bantal, kasur beserta alasnya serta selimut bisa saja menjadi tempat bersarangnya kutu. Hal ini karena mungkin sering lupa membersihkannya atau debu yang terbawa oleh angin.

Alat-alat yang tidak bersih

Setelah menggunakan alat-alat berhias, perhatikanlah kebersihannya. Sisir kadang jarang dibersihkan sehingga banyak terdapat debu di bagian dalamnya. Begitu juga dengan jepitan dan ikat rambut. Selain itu, juga harus diperhatikan kebersihan topi, bandana dan jilbab.

***

Tak hanya memberburuk keadaan rambut dan membuat siapa yang melihatnya merasa jijik, kutu rambut juga menimbulkan ketidaknyamanan. Tidak lain karena rasa gatal dan perih yang ditimbulkannya. Kutu rambut menempel dan berjalan di atas kulit kepala bahkan ada yang menggigit.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *