10 Trik Menata Rambut Sederhana yang Perlu Dicoba

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah anda senang mewarnai rambut, mengganti model rambut atau mencoba berbagai aksesoris rambut? Semuanya tentu anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang indah dan mempesona. Selain sibuk menata rambut, anda juga harus menyempatkan diri merawat rambut agar terlihat sehat dan berkilau.

Meskipun semua proses mempercantik rambut telah anda lakukan, anda mungkin saja belum tahu rahasia penataan rambut di bawah ini. Kesepuluh trik menata rambut yang dilansir dari Stylecaster ini perlu anda coba.

1. Memiliki rambut berkilau di musim panas

Jika anda ingin memiliki rambut berkilau di musim panas, anda tidak perlu menghabiskan waktu di salon dan membuang banyak uang. Cukup dengan memeras lemon ke dalam piring lalu celupkan sikat gigi bersih ke dalam perasan lemon.

Sisir rambut dengan sikat gigi lalu duduk di bawah sinar matahari selama 45 menit. Lakukan trik ini setiap dua minggu. Setelah itu anda akan lihat hasilnya, rambut yang berkilau di bawah sinar matahari.

2. Menyingkirkan listrik statis pada rambut

Seperti yang anda ketahui di sekolah dasar, rambut mengandung muatan listrik. Bila anda sedang menyisir rambut, maka listrik statis seringkali menimbulkan suara gemericik. Jika muatan listrik statis berlebihan, rambut menjadi mudah kusut dan kering di udara dingin.

Oleh karena itu, anda perlu menyingkirkan listrik statis pada rambut menggunakan dryer sheets, caranya usapkan lembut dari akar sampai ujung rambut. Selain itu, gosokkan juga pada sisir sebelum digunakan.

3. Membuat ponytail lebih berisi

Anda hanya perlu menyiapkan jepit rambut. Caranya, tarik rambut ke belakang lalu ikat rambut menjadi ponytail. Pisahkan menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Gunakan jepit berukuran kecil dan sedang, kemudian jepit rambut di dasar ponytail dan di bawah bagian atas. Letakan bagian atas rambut menutupi jepit dan semprotkan hair spray untuk hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan sisa produk styling rambut

Ada beberapa produk styling rambut memang berdampak pada penyumbatan kulit kepala dan membuat pertumbuhan rambut terhambat. Lalu anda dapat mengatasinya dengan mencampur baking soda dan air lalu digunakan untuk mencuci rambut. Di lain waktu anda dapat mencoba mencampurkan baking soda dengan cuka sari apel untuk membersihkan rambut.

5. Merapihkan anak rambut

Munculnya anak rambut dapat merusak penampilanmu. Sekarang tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menyemprot hairspray pada sikat gigi, lalu sisir anak rambut sehingga menyatu dengan bagian rambut anda.

6. Mencegah rambut patah saat tidur

Pernah mendapati rambut patah atau rusak setelah tidur? Coba ganti sarung bantal anda dengan tekstur yang lebih lembut, seperti sutra. Hal ini dikarenakan gesekan antara rambut dengan sarung bantal menjadi penyebab kerusakan pada rambut.

7. Perawatan untuk rambut coklat dan merah

Sampo kering yang ada di pasaran memang seringkali menyisakan residu putih. Oleh karena itu anda bisa mencoba membuat sampo kering sendiri dengan cara mencampurkan 2 sendok makan coklat bubuk, 2 sendok makan tepung jagung, dan sejumput kayu manis. Setelah itu terapkan pada akar rambut dan pijat dengan jari untuk menyegarkan kembali rambut.

8. Trik menggunakan catok rambut

Anda mungkin perlu waktu lama untuk meluruskan rambut, karena suhu terlalu rendah, sehingga anda perlu mengulanginya beberapa kali. Hal tersebut ternyata membuat rambut semakin rusak, jadi coba atur suhu sedang sehingga anda hanya perlu mencatok sekali dan mengurangi kerusakan rambut.

9. Melindungi rambut saat di kolam renang

Air di kolam renang mengandung klorin. Oleh karena itu, anda perlu melindungi rambut dengan cara mengaplikasikan conditioner. Jadi yang terserap oleh rambut anda adalah conditioner dan air bebas klorin.

10. Trik mengurangi keriting

Anda perlu mencoba trik satu ini, yaitu mengganti handuk dengan t-shirt katun saat sedang mengeringkan rambut. Handuk dapat menyebabkan gesekan pada rambut dan merusak kutikula, sehingga rambut menjadi keriting (karena rusak bukan keturunan).

Lain halnya dengan t-shirt katun yang menyerap air tanpa menyebabkan gesekan. Pastikan juga anda tidak menggosok rambut, melainkan hanya dengan memeras dan menekan-nekan rambut.

(Gambar : stylehoster.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *