7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut yang berkilau dan kulit yang sehat merupakan langkah awal untuk memperoleh kecantikan, pun demikian adanya dengan kulit sehat yang bersinar. Dengan mempunyai rambut dan kulit yang sehat, maka anda dapat tampil lebih percaya diri.

Nah, untuk mendapatkan kesehatan rambut dan kulit, yang anda butuhkan adalah meningkatkan asupan vitamin setiap hari. Dimana vitamin ini tidak harus didapatkan dengan cara mengonsumsi suplemen. Anda juga dapat memperoleh asupan vitamin alami dari buah-buahan dan sayuran.

Lalu apa sajakah nutrisi vitamin yang dapat berperan menyehatkan rambut dan kulit? Dikutip dari womenhealthmag , berikut 7 nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kulit:

Vitamin C

Vitamin C berperan dalam melindungi kulit dan rambut dari kerusakan sinar UV. Selain itu, vitamin C juga dapat mencerahkan kulit wajah serta meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat mengencangkan kulit. Mengonsumsi Vitamin C dapat membantu melancarkan aliran darah pada kulit kepala dan menjaga rambut tetap sehat. Asupan vitamin C dapat ditemukan pada buah jeruk, paprika kuning, pepaya, kangkung, dan stroberi.

Vitamin E

Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dan rambut dari kerusakan efek radikal bebas, seperti polusi udara dan paparan sinar UV. Dimana radikal bebas ini dapat menyebabkan rusaknya lapisan kolagen (protein yang menjaga elastisitas / kekencangan kulit) dan membuat rambut menjadi kering. Vitamin E dapat ditemukan pada minyak bunga matahari, minyak zaitun, kacang-kacangan, bayam, dan biji-bijian.

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang telah kusam, lalu melakukan regenerasi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tampak muda. Sementara topikal vitamin A (vitamin A yang terdapat pada krim kulit) berguna berperan aktif dalam mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Vitamin A ditemukan pada wortel, ubi jalar, labu, dan kangkung.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega 3 berguna untuk membantu memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Selain itu, asam lemak omega3 juga membuat pertumbuhan rambut lebih sehat, berkilau, dan kuat. Asam lemak omega 3 banyak ditemukan pada kenari, ikan salmon, serta daging sapi yang diberi makan rumput.

Zat Besi

Zat besi berguna untuk menguatkan tiap helai rambut, sehingga rambut tidak mudah patah. Apabila kita jarang mengonsumsi zat besi, maka folikel-folikel kulit kepala dan rambut akan kekurangan oksigen, sehingga menyebabkan rambut menjadi rapuh. Asupan zat besi dapat ditemukan pada bayam, kacang merah, tiram, dan biji wijen.

Zink atau Seng

Zink atau seng merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit kepala. Zink (seng) dapat membantu produksi sebum atau minyak alami pada kulit kepala sehingga kelembaban rambut dapat terjaga. Kekurangan zink (seng) dapat menyebabkan rambut menjadi kering, mengelupas, dan berketombe. Zink (seng) dapat ditemukan pada tiram, kacang-kacangan, dan ayam.

Biotin

Asupan biotin berguna untuk menjaga kekuatan rambut, mencegah kerusakan pada rambut, membuat rambut tumbuh lebih cepat, dan melindungi rambut agar tetap sehat. Kekurangan asupan biotin meyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok. Biontin dapat ditemukan pada kacang-kacangan, kembang kol, alpukat, telur, ikan salmon, dan rasberry.

***

Demikianlah 7 nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan rambut. Semoga dapat bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *