8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat adalah masalah yang terjadi pada sebagian besar orang terutama wanita, menghilangkan jerawat biasanya tidak sekaligus menghilangkan bekasnya yang tentu saja akan mengganggu penampilan Anda. Ada banyak perawatan dan produk yang ditujukan untuk menghilangkan bekas jerawat, mulai dari produk umum yang tersedia di pasaran hingga perawatan kulit dengan biaya yang mahal.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa mencoba menghilangkan bekas jerawat yang membandel dengan bahan alami di sekitar Anda yang tentunya tidak akan menimbulkan efek samping di kemudian hari. Simak uraiannya berikut ini.

1. Madu

Madu dapat digunakan untuk mengobati tidak hanya bekas jerawat tetapi juga jerawat itu sendiri. Madu bersifat lembut pada kulit Anda dan mengurangi tanda kemerahan dan iritasi karena jerawat.

Madu mengandung sifat antibakteri yang membantu untuk memudarkan luka bekas jerawat dan tanda gelap setelahnya. Madu juga akan melembabkan dan membuat kulit Anda lembut. Oleskan sedikit madu langsung pada bekas jerawat Anda di malam hari, dan bersihkan di pagi hari.

2. Minyak Mawar

Minyak mawar kaya akan vitamin dan antioksidan yang membantu menjaga kulit tampak halus dan sehat. Penggunaan minyak mawar telah terbukti efektif dalam memperbaiki bekas jerawat serta bentuk lain dari bekas luka dan noda pada kulit.

Melalui penggunaan biasa, tanda dan bekas luka akan memudar dan menjadi kurang menonjol dari waktu ke waktu. Cukup pijat minyak dengan lembut ke daerah yang terdapat bekas jerawat sekali atau dua kali sehari.

3. Minyak Kelapa

Kandungan laurat, kaprilat dan asam kaprat yang ditemukan dalam minyak kelapa, membuatnya sangat baik untuk membantu mengurangi bekas jerawat. Minyak kelapa juga membantu untuk mencegah pembentukan kembali jerawat baru. Untuk memudarkan bekas jerawat, pijat minyak kelapa ke daerah yang memiliki bekas jerawat setidaknya sekali sehari.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal di bidang kosmetik karena sifat penyembuhannya, memiliki efek yang lembut pada kulit, serta efektif menyembuhkan bekas jerawat dari waktu ke waktu. Meskipun Anda dapat membeli gel berbahan lidah buaya yang dijual di pasaran, akan lebih baik jika Anda menggunakan tanaman lidah buaya.

Untuk menggunakan tanaman lidah buaya, pecahkan daun dan gosok isi di dalamnya yang berupa gel langsung ke kulit. Biarkan kering, kemudian biarkan selama 30 menit. Cuci bersih dan lakukan perawatan ini secara teratur.

5. Es Batu

Perawatan ini sangat baik untuk bekas luka yang masih baru atau meradang, karena es akan mengurangi pembengkakan dan menyusutkan pembuluh darah.

Seiring waktu, es juga akan membantu untuk mengurangi munculnya bekas luka ringan dan perubahan warna gelap yang biasanya muncul setelah jerawat mengering. Bungkus es batu dalam kain dan tempelkan di atas area yang meradang selama 10-15 menit sehari.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan pembersih alternatif yang mampu menghilangkan kotoran dan sebum dari wajah, karena mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B, dan antioksidan. Pijat dengan lembut minyak zaitun pada kulit dan lap bekas minyak dengan kain lembut.

7. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E memiliki sifat pelembab yang luar biasa dan merupakan pengobatan yang efektif untuk bekas jerawat. Oleskan minyak vitamin E murni pada kulit Anda 2-3 kali sehari, dan Anda akan melihat hasilnya dalam waktu sekitar 2 minggu.

8. Mentimun

Mentimun adalah bahan yang populer untuk perawatan kulit. Selain kaya dengan air, mentimun juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat baik bagi kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, tempelkan potongan mentimun pada bekas jerawat Anda selama 30 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini secara teratur.

**

Konsultasikan dengan dokter kulit mengenai kondisi kulit Anda serta bahan alami yang sesuai dengan kulit Anda. Jangan lupa, Anda harus tetap terhidrasi. Air minum tidak akan menyingkirkan bekas jerawat secara langsung, tapi dengan tetap terhidrasi akan sangat penting untuk kulit sehat dan akan membantu untuk mempercepat proses peremajaan alami kulit. Cobalah untuk minum 1-2 liter air sehari dan makan banyak buah segar dan sayuran.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *