5 Herbal Untuk Atasi Panu Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Panu sebenarnya cuma penyakit kulit ringan. Tidak ada kita mendengar ada orang kurusan karena panuan. Panuan juga tidak terdapat dalam daftar salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Tapi faktanya panuan ternyata adalah penyakit yang dianggap orang-orang sangat memalukan.

Punya panu di tubuh seolah menjadi aib yag sangat besar bagi penderitanya. Ada yang tiba-tiba insaf gara-gara panuan. Dari yang awalnya bajunya seksi jadi berhijab. Ada juga cowok yang tiba-tiba panjangin rambut sebahu karena katanya terinspirasi sama Arman Maulana. Padahal nutupin panu di leher.

Tapi tenang, dunia belum berakhir hanya karena kamu panuan. Buat kamu yang panuan dan selama ini malu untuk beli obat panu, bahan-bahan alami di bawah ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi penyakit kulit dengan bercak putih tersebut. Bahan-bahan herbal alami untuk mengatasi panu ini sangat mudah didapat dan mudah diterapkan.

Lengkuas

Lengkuas yang selama ini kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur serba guna, ternyata bermanfaat juga untuk mengatasi penyakit kulit, terutama panu. Zat Kuertesin, Amilun dan Flavonoid yang terkandung dalam lengkuas mampu menghentikan perkembangan bakteri jamur yang menyebabkan panu.

Caranya sederhana saja. Cukup iris lalu gosokkan ke area panu. Jika ingin hasil yang lebih cepat lengkuas juga bisa dicampur sedikit garam lalu digosokkan. Meskipun agak sedikit perih tapi kombinasi garam dan lengkuas dipercaya lebih mempercepat proses penghilangan panu.

Bawang putih

Bawang putih ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi panu. Bawang putih mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh jamur. Sama dengan lengkuas, caranya dengan mengiris satu siung bawang putih menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan ke daerah panu.

Belimbing Wuluh

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan masakan, buah belimbing berasa asam ini juag merupaka salah satu tanaman yang dapat mengatasi panuan. Hal ini dikarena kan belimbing wuluh megandung banyak vitamin C. Seperti yang kita ketahui vitamin C sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Itulah kenapa belimbing wuluh termasuk kedalam salah satu tanaman untuk mengatasi panu. Vitamin C yang terdapat pada panu akan meregenasikan kulit. Belimbing wuluh cukup dicampur kapur sirih, haluskan lalu oleskan pada bagian yang terkena panu.

Jeruk nipis

Buah serba guna yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya dalam kesehatan dan pengobatan penyakit. Dikombinasikan dengan belerang yang mengandung mineral tinggi, jeruk nipis bisa menjadi musuh bagi jamur-jamur yang menyebabkan panu. Campuran belerang dan perasan jeruk nipis tersebut kemudian di oleakan ke daerah yang terkena panu.

Buah Pala

Buah pala yang berfungsi sebagai penambah cita rasa dan aroma masakan Indonesia juga dapat mengatasi penyakit panu. Buah pala tersebut ditumbuk lalu campur dengan minyak kelapa. Campuran tersebut dipanaskan beberaa menit kemudian oleskan ke kulit yang terkena panu setelah cukup dingin.

Itulah bahan-bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi panu. Setelah menerapkan hal-hal di atas, ada hal yang harus diperhatikan agar hasilnya efektif dan berhasil, yaitu menghindari produk kosmetik untuk kulit yang mengandung minyak, kurangi kontak langsung dengan matahari dan gunakan akaina yang agak longgar.

**

Nah, itulah tips-tips untuk mengatasi jamur. Namun tetap yang terpenting adalah jaga kebersihan. Hindari penggunaan pakaian dan handuk yang lembab karena jamur suka berkembang di tempat yang lembab.

Jaga kebersihan kuku karena kuku bisa menularkan kuman. Tentunya rajinlah mandi setidaknya sehari dua kali apalagi kalau kamu adalah orang yang keringatan.  Intinya jagalah kebersihan. Karena sesungguhnya panu lebih suka orang yang jorok. Itu juga kan kenapa kita sangat malu jika punya panu. Jadi ketahuan jorok.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *