Mengatasi Kebotakan dengan Bahan Alami Tanpa Biaya Mahal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kebotakan disebabkan karena penyumbatan folikel rambut dan juga dapat disebabkan oleh perubahan kondisi hormonal Anda, faktor genetik atau faktor keturunan, stres, faktor usia, luka bakar atau paparan matahari atau polusi, pola makan tidak seimbang, pengobatan kemoterapi untuk kanker, infeksi kulit kepala, penurunan berat badan yang cepat, KB, kehamilan, dan gangguan kesehatan.

Gejala dari kebotakan adalah rambut menipis, stres, rambut patah, penurunan berat badan yang cepat, sirkulasi darah yang tidak benar ke dalam kulit kepala sehingga terjadi sakit kepala, dan sebagainya.

Ada banyak perawatan yang tersedia di pasar yang lebih mahal untuk menyembuhkan kebotakan Anda. Namun, jangan khawatir, dengan perawatan dari bahan bahan alami di sekitar Anda, masalah kebotakan bisa diatasi tanpa mengeluarkan biaya mahal. Berikut adalah bahan alami yang ampuh mengatasi kebotakan:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dianggap sebagai obat serbaguna untuk hampir semua masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe, kebotakan, dan kulit kepala kering. Minyak zaitun akan meningkatkan jumlah rambut yang tumbuh di daerah di mana area kebotakan muncul dan membuat rambut Anda tumbuh merata.

Ambil minyak zaitun secukupnya sebanyak yang Anda perlukan. Hangatkan minyak selama beberapa menit, lalu tambahkan 3 sendok teh madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Campur dengan baik dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Biarkan selama sekitar 15 – 20 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan. Lakukan perawatan selama 2 – 3 kali seminggu.

Anda juga dapat menggunakan campuran minyak zaitun dan jintan untuk perawatan ini. Biarkan campuran minyak zaitun pada kulit kepala Anda selama sekitar 10 – 15 menit kemudian pijat dengan lembut selama 5 – 10 menit

2. Biji Lemon dan Merica

Biji lemon dan merica membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu untuk menumbuhkan rambut secara efektif. Namun Anda mungkin akan merasa sedikit gatal dan iritasi saat Anda menggunakan campuran ini tetapi ini adalah proses peningkatan sirkulasi darah di folikel rambut Anda dan membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Haluskan 7 buah biji lemon dan 10 butir merica sampai berbentuk bubuk. Gunakan pada kulit kepala Anda dan biarkan sekitar 10 – 15 menit Jika Anda merasa sangat kering, gunakan sedikit jus lemon. Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak dapat memperbaiki kondisi rambut Anda dan membantu pertumbuhannya. Minyak jarak mengandung mineral, vitamin E, protein, anti-bakteri, anti-jamur dan anti-inflamasi, yang membantu untuk mengatasi semua masalah yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Bahan ini meningkatkan sirkulasi aliran darah ke folikel rambut dan akan memelihara akar rambut dan membuat helai rambut tumbuh lebih kuat dan lebih lama.

Minyak ini juga membersihkan semua infeksi dan gangguan kulit kepala atau rambut lainnya yang disebabkan oleh patogen dan mikro-organisme (seperti virus, jamur, bakteri dan parasit) yang menyerang kulit dan kulit kepala yang menyebabkan kebotakan dan menghambat pertumbuhan rambut. Omega – 6 dalam minyak ini membantu untuk menjaga kulit kepala selalu lembab.

Hangatkan minyak jarak dalam mangkuk selama beberapa menit. Oleskan minyak hangat ini pada kulit kepala dan rambut. Pijat selama beberapa menit untuk merangsang pertumbuhan rambut. Biarkan selama semalam dengan menutup rambut dengan shower cap. Keesokan harinya cuci rambut Anda secara menyeluruh dengan sampo ringan.

Selain itu minyak jarak yang dicampur dengan minyak almond akan memberikan efek halus dan lebih wangi yang menyebar dari akar ke ujung rambut. Minyak almond memiliki vitamin E, yang merupakan zat penting untuk memperkuat helai rambut dan folikel.

Ambil beberapa tetes minyak jarak dan minyak almond dan aduk secara merata. Oleskan pada kulit kepala hingga akar rambut. Pijat kulit kepala Anda dan kemudian tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama 2 – 3 jam. Cuci rambut Anda dengan sampo dan kemudian gunakan conditioner. Proses ini bila diterapkan pada alis akan membuat alis tebal dan membuat Anda terlihat cantik.

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang membuat rambut tumbuh merata. Ini secara efektif mengatasi masalah rambut yang disebabkan karena kulit kepala kering, rusak dan terinfeksi. Enzim dalam lidah buaya membantu membuka folikel rambut yang tersumbat dan menghentikan kerontokan rambut. Lidah buaya juga bersifat anti-parasit yang membantu untuk membersihkan infeksi dan menyembuhkan kulit kepala secara alami.

Ambil daun lidah buaya dan remas untuk mengekstrak gelnya. Oleskan gel pada kulit kepala dan pijat selama beberapa menit. Biarkan beberapa jam atau semalam dan bilas dengan air hangat Ulangi perawatan ini 3 – 4 kali seminggu untuk menyingkirkan kebotakan.

5. Bawang merah

Bawang merah bermanfaat untuk tumbuh rambut dan dengan demikian mencegah kebotakan. Jus bawang membersihkan folikel kulit kepala dan rambut dan juga menebalkan rambut dengan zat katalase yang terkandung di dalamnya.

Kupas bawang merah, kemudian haluskan dengan parut atau juicer. Ambil saringan untuk menyaring cairan. Oleskan jus bawang murni pada kulit kepala saja. Pijat dengan lembut selama sekitar 8 – 10 menit dan kemudian cuci dengan air dan shampo ringan.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak alami terbaik yang membantu pertumbuhan rambut di kepala. Minyak ini bersifat antijamur, antivirus dan antibakteri yang membantu untuk mengobati semua masalah rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa saat dipijat pada kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan juga membantu pengiriman oksigen ke rambut.

Ambil secukupnya minyak kelapa dan oleskan langsung pada kulit kepala dan rambut. Pijat dengan lembut pada rambut Anda selama beberapa menit. Biarkan selama 5 – 10 menit. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 4 – 5 jam atau lebih. Setelah itu bilas rambut Anda dua kali dengan sampo ringan sehingga dapat menghilangkan minyak berlebih pada rambut.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *